Ternyata ada hal-hal yang terjadi tanpa disadari saat kamu rajin mencatat keuangan. Apa saja itu? Baik atau buruk? Simak pembahasannya berikut ini.

 

Kebiasaan Baru Mencatat Keuangan

Untuk mendapatkan kondisi finansial yang stabil, on budget dan tentunya dapat mencapai tujuan keuangan, kebiasaan mencatat keuangan setiap hari memang sangat dianjurkan.

Memang tidak mudah, tetapi itu bukan hal yang mustahil.

Dalam sebuah penelitian terbaru tahun 2009 terhadap 96 orang, ditemukan bahwa setiap orang ternyata memiliki waktu yang berbeda untuk beradaptasi dengan kebiasaan yang baru, antara 18-254 hari, dengan kebanyakan orang membutuhkan waktu 66 hari.

Karakter, motivasi, lingkungan, hingga jenis kebiasaan yang ingin diubah mempengaruhi kecepatan seseorang untuk mengubah sebuah kebiasaan.

Mengetahui manfaat dari kebiasaan baru yang ingin diterapkan ternyata mampu memberikan dorongan yang kuat untuk mempercepat proses adaptasi kebiasaan yang baru. 

Seperti menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga demi mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, demikian juga mencatat keuangan akan membuat kondisi finansial dalam keadaan yang fit. 

Apa saja kebiasaan yang membuat keuangan sehat selain mencatat keuangan?

Kamu bisa dengarkan audiobook Money Habit dari Finansialku untuk kebiasaan-kebiasaan keuangan yang mungkin bisa kamu ubah atau pertahankan agar keuanganmu membaik.

 

Tanpa Disadari, Ini Manfaat Mencatat Keuangan 

Miliki komitmen yang semakin kuat untuk mencatat keuangan dengan mengetahui berbagai manfaat mencatat keuangan setiap hari berikut ini: 

 

Bijak Dalam Menggunakan Uang

Kamu akan membuang kebiasaan lama seperti menghamburkan uang untuk berbagai hal yang kurang bermanfaat, terutama untuk hal-hal yang bersifat konsumtif saat kamu menerapkan pola kebiasaan mencatat keuangan harian. 

Kebiasaan mencatat keuangan juga akan membuatmu semakin bijak dalam membelanjakan uang bulanan dan mulai menemukan berbagai peluang untuk dapat memangkas pengeluaran yang tidak perlu.

Jika kamu memiliki kebiasaan keuangan yang boros, ini saatnya untuk bisa memanfaatkan waktumu sehingga dapat mencapai tujuan keuangan dengan cara mencatat keuangan harian. 

 

Memudahkan Evaluasi Dalam Merencanakan Keuangan

Mencatat keuangan harian dengan lebih detail dan konsisten akan memberikanmu kemudahan dalam menentukan anggaran di bulan berikutnya.

Kamu akan semakin menyadari pentingnya membuat anggaran dan membuat strategi keuangan di bulan berikutnya.

Dalam perjalanannya, kamu akan mampu membuat keputusan yang bijak dalam kondisi mendesak yang memaksamu mengambil keputusan penting dengan cepat terkait finansialmu, seperti terkena musibah, dsb.

 

Disiplin

Sadar atau tidak, kamu yang dengan rajin mencatat pengeluaran akan mendapati diri menjadi pribadi yang disiplin alias on budget terhadap anggaran bulanan dan tidak sembarangan dalam menggunakan uang. 

Bahkan uang yang didapat dari pos pengeluaran yang kamu pangkas, tidak akan disia-siakan untuk sesuatu yang bersifat konsumtif. 

Melatih diri disiplin dalam satu bidang akan memicu kamu lebih disiplin dalam bidang lainnya, seperti waktu, diet dan lainnya.

 

Mampu Menabung Lebih

Uang lebih dari budget yang kamu pangkas dapat kamu gunakan untuk meningkatkan nilai tabungan. 

Pos tabungan atau investasi akan bertambah, dengan demikian pada akhirnya akan dapat mempercepat realisasi dari tujuan finansial dan mewujudkan impian.

 

Mampu Menghargai Hasil Kerja Keras

Mencatat keuangan adalah salah satu bentuk dari penghargaan atas kerja keras yang kamu lakukan.

Kamu menghargai setiap tetesan keringat yang kamu hasilkan melalui pekerjaan yang kamu lakoni. Alhasil, kamu akan menggunakan uangmu untuk sesuatu yang bermanfaat

Learning by doing, begitulah praktiknya dalam membiasakan diri dengan kebiasaan mencatat keuangan jika ini adalah sebuah awal yang baru buatmu.

 

Rajin Mencatat Keuangan

Yuk buka lembaran baru dari kebiasaan positif mencatat keuangan harian dengan beberapa hal-hal sederhana dan pastinya bisa kamu terapkan! 

 

Selalu Catat – Jangan Lupa!

Gunakan media yang nyaman menurutmu untuk mencatat keuangan. Ingat, langsung catat arus kas, baik itu pemasukan atau pun pengeluaran!

Kamu bisa gunakan microsoft excel untuk membuat pembukuan dan notes atau catatan yang bisa kamu bawa kemana-mana agar pencatatan transaksi bisa segera dilakukan sebelum terlupakan.

Ribet? 

Di zaman ini teknologi sudah canggih dan jika kamu buka google play store maupun apple apps store, ada banyak aplikasi pencatatan keuangan yang ada seperti aplikasi Finansialku.

Namun berbeda dengan aplikasi pencatatan keuangan lainnya, aplikasi Finansialku tidak hanya menyediakan fitur catatan keuangan saja, namun seluruh fitur yang menunjang kamu untuk bisa mengelola keuangan pribadi layaknya menggunakan jasa financial planner.

Di aplikasi ini kamu juga bisa melihat review laporan keuangan kamu, membuat anggaran, cek kesehatan keuangan, belajar keuangan dari berbagai media, hingga konsultasi keuangan dengan financial planner profesional secara langsung.

Kamu bisa coba fitur lengkapnya selama 30 hari GRATIS.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Simpan Struk Belanja

Mungkin ada kalanya kamu lupa untuk mencatat pengeluaranmu. It’s ok, guys!

Cara lain supaya tidak lupa dengan pengeluaran apa saja yang belum kamu catat, kamu bisa menyimpan struk belanja.

Malas bawa-bawa kertas struk belanjaan? Kamu bisa gunakan gadget-mu dan simpan gambar struk belanjamu di galeri hape. Saat kamu sedang luang, kamu bisa catat di platform pencatatan keuanganmu! Sederhana ‘kan? 

 

Targetkan Diri untuk Mencatat

Tips sederhana berikutnya adalah dengan memberi target waktu maksimal untuk mencatat keuangan, misalnya setiap hari di waktu malam sebelum tidur, kamu sudah harus sudah mencatat semua transaksi pada hari itu, baik pengeluaran maupun pemasukan.

Jadi, ga ada alasan untuk tidak mencatat keuangan dan mengalami kebocoran finansial. 

Semua transaksimu tercatat rapi, detail dan bisa digunakan untuk mengevaluasi anggaran bulan berjalan dan membuat anggarab di bulan selanjutnya. 

Sederhana dan mudah untuk dilakukan! Kamu pasti bisa karena sukses finansial itu berawal dari yang sederhana mencatat keuangan harian! 

 

Semoga informasi yang dibagikan kali ini bisa memberikan manfaat. Jika ada yang ingin kamu diskusikan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Semoga dengan informasi ini Sobat Finansialku semakin rajin mencatat keuangan dan tentunya bisa mencapai tujuan keuangan. Ya.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat lainnya. Terima kasih.

 

 

Editor: Eunice Caroline

Sumber Referensi: 

  • Shierine Wangsa Wibawa. 12 Juni 2018. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengubah Kebiasaan? Kompas.com – https://bit.ly/3y7li2Z
  • Indah Shaliha. Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Manfaat Mencatat Pengeluaran dengan Rutin! Idntimes.com – https://bit.ly/3yXzWeh
  • Gilang Rizky Pradana. 2 Februari 2021. 3 Tips Canggih Agar Kamu Semangat Mencatat Keuangan. Kapitalboost.co.id – https://bit.ly/2XCYtYg