Bukan gimmick! Begini cara cari uang gratis tanpa modal yang bisa kamu aplikasikan sekarang juga!

Selengkapnya, ketahui di artikel Finansialku satu ini, ya.

 

Summary:

  • Ada delapan cara cari uang gratis tanpa modal yang bisa kita lakukan sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang kita miliki.
  • Setelah mendapatkan uang, penting untuk mengatur keuangannya dengan baik agar cash flow tetap aman dan tujuan keuangan tercapai.

 

Cari Uang Gratis, Memang Bisa?

Sobat Finansialku, di dunia ini kamu pasti tahu kalau tidak ada yang gratis dan cuma-cuma, bahkan untuk buang air pun kita harus mengeluarkan selembar dua ribuan.

Tapi, kata ‘gratis’ sendiri sebenarnya punya banyak interpretasi dan definisi yang berbeda-beda untuk setiap orang.

Bagi Finansialku sendiri, ‘gratis’ adalah sesuatu yang orang lain berikan secara cuma-cuma.

Nah, untuk mendapatkan uang secara gratis tanpa modal, memang ada beberapa jalan yang bisa kita lakukan, di antaranya:

 

#1 Meminta pada Orang Lain

Cari uang gratis tanpa modal yang paling mudah kita lakukan adalah dengan memintanya pada orang lain.

Baik yang kita kenal, seperti pada saudara atau teman.Juga pada orang yang tak kita kenal, sebagai salah satu pekerjaan yang bisa kita lakukan saat ini.

 

#2 Minta pada Orang Tua

Cara mendapatkan uang gratis yang kedua adalah dengan meminta pada orang tua. Sebab, tidak ada satu orang tua pun yang menolak untuk membantu anaknya. Apalagi sampai tega membiarkan anaknya kesusahan dan kelaparan.

Cara ini bisa kamu jadikan opsi, terlebih jika sedang dalam keadaan yang mendesak dan tidak punya dana darurat.

Saat kamu mendatanginya sekarang, mereka tentu akan berbaik hati untuk memberikan berapa pun jumlahnya tanpa banyak bertanya.

Tidak seperti bank dan platform pinjaman lainnya yang punya segudang pertanyaan sebelum meminjamimu sejumlah uang.

Tapi pertanyaannya, apakah kamu mau membuang harga diri dan membiarkan orang tuamu ikut terseret masalahmu?

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Peluang Kerja Online yang Benar?]

 

Begini Cara Cari Uang Gratis Tanpa Modal

Sobat Finansialku, semesta punya cara kerjanya sendiri. Meski ada banyak cara kerja misterius dan penuh teka-teki yang kadang sulit dipecahkan, ada satu hukum mutlak yang harus kita ingat.

Adalah prinsip sebab-akibat. Bahwa di dunia ini tidak ada manusia yang mau memberikan uang tanpa alasan.

Sekalipun untuk orang yang memberikan uang pada pengemis atau pengamen di pinggir jalan.

Pasti ada sebab jelas yang mendorong mereka untuk memberikan uang. Misalnya, karena belas kasihan atau si pengamen punya kreativitas dalam membawakan sebuah lagu. Sehingga ada usaha yang dia keluarkan terlebih dahulu.

Begitu pun dengan kita. Meski bukan berbentuk materi, ada modal yang harus kita keluarkan, entah dalam bentuk tenaga, pikiran, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa cara cari uang gratis tanpa modal materil, yang bisa kamu pertimbangkan untuk lakukan:

 

#1 Dropship

Dropship adalah sistem jualan di mana barang sudah produsen sediakan dan kamu hanya menangani permintaan pembeli dengan harga yang kamu tentukan.

Kamu tidak perlu beli dan menyetok barangnya terlebih dahulu, karena barang akan langsung produsen kirim ke alamat pembeli dengan atas nama kamu.

 

#2 Main Game

Kalau kamu tipe orang yang aktif bermain game, manfaatkan hal itu untuk mendapatkan uang gratis. Sekarang, ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk memonetasi game yang kamu mainkan.

Bukan cuma itu, kalau sudah berada di level tinggi, kamu bisa membuka jasa menaikkan level kepada orang lain dengan membanderol harga yang berbeda untuk tiap levelnya.

 

#3 Mengisi Survei Online

Cara cari uang tanpa modal selanjutnya adalah dengan mengisi survei daring yang banyak perusahaan-perusahaan besar buka saat sedang membangun produk baru.

Kamu bisa kumpulkan poinnya untuk kemudian kamu tukar menjadi uang tunai yang mereka transfer ke rekeningmu.

 

#4 Jastip (Jasa Titip)

Kamu bisa memanfaatkan jastip ini untuk menyediakan makanan-makanan khas kota-kota di Indonesia kepada orang-orang yang merindukan makanan khas kampung halamannya.

 

#5 Jual Jasa

Buat kamu yang punya keahlian berupa jasa, kamu bisa gunakan kemampuan tersebut untuk menambah penghasilan.

Caranya, tawarkan jasamu di berbagai platform freelance. Contoh keahlian yang bisa kamu tawarkan seperti desain, voice over, content writer, penerjemah, dan sebagainya.

Tips buat kamu yang baru menawarkan diri di platform freelance, sebagus apapun karyamu, mulailah dari harga terendah.

Sebab, kebanyakan orang tidak melirik jasa yang terlalu mahal namun belum memiliki rating.

[Baca Juga: Mudah dan Cepat! 10 Cara Mencari Uang Tambahan Tanpa Keluar Rumah]

 

#6 Jual Produk yang Tidak Terpakai

Akhir-akhir ini marak bermunculan thrift shop. Apa itu thrift shop?

Thrift shop ini adalah toko yang menjual baju atau barang layak pakai namun kondisinya bekas.

Kalau kamu punya baju yang masih bagus, seperti awal mula kamu pakai, apalagi yang bermerek, kamu bisa coba jual baju-baju tersebut.

Media penyebaran paling murah adalah marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lain-lain, atau media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok.

Selain menjual baju, kalau kamu hobi foto, bisa jual hasil karyamu ke platformplatform penyedia foto berbayar seperti freepik, envato, shutterstock, dan sebagainya.

Hal ini juga berlaku buat kamu yang suka membuat lantunan melodi, kamu bisa jual musik kamu ke platform penyedia layanan suara.

 

#7 Menjadi Reviewer

Kalau teman-teman dekatmu selalu menyebutmu sebagai sosok yang bawel dan banyak berkomentar, mungkin ini tanda positif untuk kamu mulai menggeluti bidang reviewer.

Sebab, nggak semua orang punya indera dan pemikiran yang sensitif untuk menyadari sesuatu yang tidak orang lain sadari.

Kamu bisa mulai dengan review film yang tidak perlu mengeluarkan modal. Lalu merambah ke hal-hal yang lebih besar dan mengharuskanmu untuk mengeluarkan sejumlah modal.

Jangan lupa untuk lakukan ini secara konsisten, ya!

 

#8 Social Media Marketer

Cara terakhir cari uang tanpa modal adalah dengan menjadi social media marketer.

Kalau kamu punya kemampuan untuk mengumpulkan banyak followers, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjajakan beberapa produk yang sesuai dengan demografi followers-mu.

 

Ingat Ini!

Itu dia delapan rekomendasi cara cari uang tanpa modal yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu lakukan.

Tapi, ada satu hal penting yang perlu kamu ingat. Ketika berhasil mendapatkan uang dari salah satu cara ini, maka akan percuma jika tidak mengatur keuangannya dengan benar.

Usahamu akan sia-sia, dan kamu bisa saja kembali pada titik di mana kamu harus memutar otak agar bisa dapat uang tanpa modal lagi.

Kamu tentu tidak mau mengalami fase itu kembali, ‘kan?

Oleh karena itu, mulailah untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran menggunakan fitur ‘Pencatatan Keuangan’ di Aplikasi Finansialku

Jika kamu menemukan kendala dalam mengatur keuangan, jangan ragu untuk konsultasi dengan perencana keuangan Finansialku melalui aplikasi tersebut.

Menu Transaksi

 

Dari delapan cara cari uang tanpa modal yang sudah dipaparkan di atas, kira-kira mana yang lebih cocok denganmu? Yuk, sampaikan di kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman-teman lewat pilihan platform yang tersedia di samping agar mereka tahu konsep cari uang gratis tanpa modal. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Editor: Ismyuli Tri Retno