Pendaftaran seleksi CPNS 2024 bakal segera dibuka, simak formasi dan jadwalnya dalam artikel Finansialku berikut ini. Cek, yuk!

 

Pemerintah Akan Membuka Rekrutmen CPNS 2024

Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CPNS 2024 untuk 2,3 juta posisi atau formasi yang dibutuhkan.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan dialokasikan untuk formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” kata Jokowi dalam konferensi pers, Jumat (5/1/2024).

Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 untuk CPNS dan PPPK ini merupakan respons pemerintah dalam menghadapi disrupsi teknologi yang cepat.

Pemerintah membutuhkan pembelajar muda berkompeten dari berbagai bidang ilmu untuk mendukung layanan publik digital, meningkatkan efisiensi birokrasi, dan memperkuat kinerja serta akuntabilitas pemerintah.

 

Fresh Graduate Memperoleh Jatah yang Cukup Besar

Dari 2,3 juta formasi CPNS tersebut, lulusan baru atau fresh graduate memperoleh jatah yang cukup besar, yakni sebanyak 690.000 formasi.

Selain itu, penataan tenaga non-ASN juga dilakukan dengan merekrut 1,6 juta formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, di mana tahun ini akan ada rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” ucapnya.

Meski demikian, sampai saat ini masih belum ada pengumuman kapan tanggal pasti dan jadwal pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2024.

[Baca Juga: Siap-siap Cair! Gaji ASN Naik di 2024, Berapa Besarannya?]

 

Formasi CPNS 2024 yang Akan Dibuka

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) telah mengumumkan daftar dan jumlah formasi CPNS dan PPPK tahun 2024/2025.

Melansir dari situs resmi Kementerian PAN-RB, formasi CPNS dan PPPK 2024 adalah sebanyak 2,3 juta posisi.

Formasi ini akan terbagi untuk instansi pusat, instansi daerah, alokasi khusus PPPK, dan alokasi khusus fresh graduate.

Berikut daftarnya:

Seleksi CPNS 2024

Proses Seleksi CPNS. Sumber: GettyImages/AFP

 

  1. Formasi untuk Instansi Pusat
  • Jumlah Formasi CPNS: 207.247
  • Jumlah Formasi PPPK: 221.936
  • Total Formasi CPNS dan PPPK: 429.183

 

  1. Formasi untuk Instansi Daerah
  • Jumlah Formasi CPNS: 483.575
  • Jumlah Formasi PPPK: 1.383.758
  • Total Formasi CPNS dan PPPK: 1.867.333
  • Jumlah Formasi Sekolah Kedinasan: 6.027

 

  1. Formasi Alokasi Khusus PPPK
  • Jumlah Formasi PPPK Guru: 419.146
  • Jumlah Formasi PPPK Tenaga Kesehatan: 417.196
  • Jumlah Formasi PPPK Tenaga Teknis: 547.416

 

  1. Formasi Alokasi Fresh Graduate

Total alokasi untuk fresh graduate yakni sebanyak 690..822 formasi. Fresh graduate mendapat kesempatan untuk menjadi dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis seperti talenta digital, dan banyak sektor lainnya.

 

Cara Pendaftaran CPNS 2024

Proses pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 terdiri dari beberapa tahapan seleksi. Untuk mendaftarnya pun harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah pemerintah tetapkan.

Sementara itu, calon pendaftar bisa mengecek jumlah serta daftar formasi CPNS dan PPPK melalui situs resmi SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara).

Bagi yang belum memiliki akun, ikuti panduan langkah-langkah membuat akun SSCASN berikut ini:

  • Akses portal SSCASN melalui link bkn.go.id.
  • Klik menu ‘Buat Akun’, kemudian akan muncul tampilan Langkah 1: Pengecekan Identitas.
  • Selanjutnya, masukkan data-data sesuai KTP seperti NIK, Nomor Kartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir.
  • Masukkan Nomor Handphone dan Email Pribadi yang aktif.
  • Masukkan kode CAPTCHA.
  • Setelah data di atas selesai kamu masukkan, klik ‘Lanjutkan’.
  • Kemudian akan muncul tampilan Langkah 2: Lengkapi Data.
  • Masukkan Email, Nama Tanpa Gelar (sesuai ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kab/Kota Lahir (sesuai ijazah), dan Tanggal Lahir (sesuai ijazah).
  • Pilih Jenis Kelamin yang sesuai.
  • Unggah foto scan KTP.
  • Unggah swafoto sesuai dengan ketentuan.
  • Klik ‘Lanjutkan’.
  • Lalu, akan muncul tampilan Langkah 3: Pengecekan Ulang Data.
  • Pendaftar harus melakukan pengecekan ulang terhadap data-data yang sudah ada.
  • Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, pelamar harus memastikan kembali apakah data yang pelamar input sudah sesuai atau belum.
  • Jika sudah sesuai, cetak kartu informasi akun.
  • Pilih menu ‘Cetak Informasi Pendaftaran’.
  • Setelah mencetak Kartu Informasi Akun, lanjutkan dengan proses ‘Login Pendaftaran’.

[Baca Juga: Format Contoh Surat Lamaran CPNS yang Benar]

 

Syarat Daftar CPNS 2024

Mengutip dari Portal SSCASN oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), berikut adalah syarat-syarat bagi pendaftar dalam seleksi CPNS 2024.

  • Warga Negara Indonesia yang berkeinginan dan memenuhi syarat sesuai peraturan masing-masing instansi (Formasi, Jabatan, dll) selama batas usia sesuai persyaratan terpenuhi.
  • Saat mendaftar batas usia pelamar Seleksi CPNS Tahun 2023 minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Atau maksimal 40 tahun bagi pelamar yang melamar jabatan Dokter dan Dokter Gigi.

Dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis, Dokter Pendidik Klinis, Dosen, Peneliti dan Perekayasa.

Dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor), sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi yang masih berlaku.

 

Adapun ketentuan umum yang harus kamu penuhi antara lain:

  1. Tidak pernah mendapat pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  1. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan tidak hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI.
  1. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  1. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI.
  1. Tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibat politik praktis.
  1. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  1. Sehat jasmani dan Rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang kamu lamar.
  1. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang Instansi Pemerintah tentukan.

 

Pintar Cari Peluang dalam Seleksi CPNS 2024

Itu tadi informasi lengkap seputar pendaftaran CPNS 2024 yang perlu kamu ketahui sebelum mengikuti rekrutmen CPNS dan PPPK di tahun 2024.

Karena seleksi CPNS ini sangatlah ketat, maka Sobat Finansialku harus pintar-pintar mencari peluang. Misalnya dengan memilih formasi atau instansi yang sepi sehingga kemungkinan lolos lebih besar.

Sambil mempersiapkan rekrutmen CPNS, kamu juga bisa menyiapkan anggaran khusus untuk mendukung proses seleksi. Seperti dana transportasi ke lokasi ujian dan mengurus berkas-berkas persyaratan.

Dalam hal ini, kamu bisa mempelajari Cara Membuat Anggaran dengan Tepat melalui ebook gratis dari Finansialku.

Selain itu, konsultasikan juga terkait rencana keuanganmu bersama ahlinya yakni Perencana Keuangan Finansialku melalui WhatsApp di nomor 0851 5866 2940. Semoga membantu!

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Apakah Sobat Finansialku tertarik mengikuti rekrutmen CPNS 2024? Tuliskan tanggapan kamu mengenai informasi di atas, dan jangan lupa share artikel ini ke berbagai platform media sosial kamu. Dengan begitu, calon pelamar lainnya dapat mempersiapkan diri dalam seleksi CPNS tahun ini. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Tim Redaksi. 06 Januari 2024. Rekrutmen CPNS 2024 Dibuka 2,3 Juta Posisi, Berikut Rincian Formasinya. Kompas.com – https://shorturl.at/rtAIX
  • Widhia Arum Wibawana. 11 Januari 2024. Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024: Link dan Panduannya. Detik.com – https://shorturl.at/gvQU6
  • Tim Redaksi. 08 Januari 2024. Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Ini Formasi, Link, dan Cara Buat Akun SSCASN. Kompas.com – https://shorturl.at/py056
  • Ilyas Istianur Praditya. 05 Januari 2024. Jadwal Seleksi CPNS 2024, Simak di Sini Rencananya. Liputan6.com – https://shorturl.at/fguCV

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://shorturl.at/uyFQV