Rencana keuangan atau investasi adalah, menurut Anda manakah yang lebih penting untuk Anda? Banyak orang fokus berinvestasi tanpa rencana yang jelas, apakah hal ini sudah benar? Finansialku akan membahas rencana keuangan atau investasi, mana yang lebih penting?

 Rencana Keuangan atau Investasi Mana yang lebih penting

 

Rencana dan Eksekusi

Kehidupan keuangan pribadi dan keuangan keluarga harus di kelola (di-manage) dengan baik dan benar. Berbicara hal manajemen dikenal sebuah metode yang dikenal dengan PDCA (plan-do-check-act). Gambar di bawah ini menggambarkan siklus PDCA dalam manajemen.

 Rencana Keuangan atau Investasi Mana yang lebih penting - Siklus PDCA

Kembali ke topik, Rencana Keuangan atau Investasi, mana yang lebih penting? Jawabannya adalah tergantung, karena keduanya berada pada fase yang berbeda. Rencana Keuangan berada pada fase perencanaan atau plan. Investasi lebih cenderung ke fase pelaksanaan atau do. Seperti pada gambar di atas, sebaiknya Anda memiliki sebuah rencana baru kemudian melaksanakannya.

 

Perbedaaan Rencana Keuangan dan Kendaraan Keuangan

Beberapa orang bertanya pada penulis, investasi apakah yang cocok untuk saya? Berapa yang harus saya investasikan setiap bulan? Penulis bertanya apakah Anda memiliki rencana keuangan? Atau setidaknya memiliki tujuan untuk investasi? Kebanyakan dari orang-orang tersebut belum memilki rencana keuangan.

Hal ini memang hal yang lazim di Indonesia, karena pengetahuan di bidang literasi keuangan tidak diajarkan dalam sistem pendidikan Kita. Banyak orang tidak sadar peran sebuah rencana keuangan dalam mengelola keuangan keluarga.

Ketika seseorang telah memiliki sebuah rencana, tahapan investasi akan dilakukan jauh lebih mudah. Setidaknya orang tersebut akan memilih kendaraan investasi yang sesuai dengan tujuannya. Sebagai contoh, Ada seseorang ingin berasal dari Kota Bandung yang harus ketemu kliennya di Jakarta besok pagi bukul 10.00 WIB. Nah kendaraan apa yang sesuai dengan orang tersebut? Agar orang tersebut dapat hadir bertemu dengan kliennya tepat waktu?

Hal yang sama berlaku dalam investasi, misal saat ini ada seseorang berumur 24 tahun, ingin membeli rumah seharga Rp 800juta. DP rumah saat ini kurang lebih Rp 300juta. Bagaimana strategi untuk memenuhi pendanaan DP rumah tersebut? Nah ketika sudah mengerti tujuan, kemudian buat sebuah rencana. Strategi yang dapat dijalankan bisa jadi lebih dari beberapa kendaraan investasi.

Jadi sebelum memutuskan kendaraan investasi yang dibutuhkan, sebaiknya mulai dengan sebuah rencana keuangan.

 

Kesimpulan

Jadi apakah Anda sudah memiliki rencana keuangan? Apakah Anda sudah tahu kendaraan investasi apa yang sesuai? Jika memang belum memiliki rencana, sebaiknya Anda dapat meningkatkan edukasi keuangan. Anda juga dapat berdiskusi dengan perencana keuangan untuk berdiskusi mengenai rencana keuangan.

Sumber:

  • Robert T. Kiyosaki. 25 Maret 2014. Why Your Plan is More Important Than Your Investments. www.richdad.com.

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai rencana keuangan dan investasi.

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku Pelajaran dari Bisnis Teknologi Dropbox Baca
finansialku Pandangan Orang terhadap Uang Baca
finansialku Surplus-Defisit, Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Baca