Pos Dana Pensiun adalah pos keuangan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ketika kita sudah memasuki masa pensiun. Banyak orang yang tidak terlalu memikirkan masa pensiun pada saat masih muda. Beberapa orang dari mereka menghadapi permasalahan ketika mereka menginjak masa pensiun. Agar kita tidak kebingungan saat masa pensiun salah satunya adalah dengan mempersiapkan dana pensiun.

retirement

 

Hitung Dana Pensiun yang Dibutuhkan

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghitung kebutuhan dana pensiun. Salah satu cara perhitungan dana pensiun adalah melakukan estimasi kebutuhan biaya hidup pada saat pensiun.

Contoh kita gunakan kasus Keluarga Pak Aman. Pak Aman memiliki seorang istri dengan dua orang anak. Saat ini Pak Aman berusia 30 tahun. Pendapatan Pak Aman adalah Rp 25.000.000 per bulan, dengan pengeluaran Rp 18.000.000 per bulan. Pak Aman ingin pensiun di umur 55 tahun (kurang lebih 25 tahun lagi). Pak Aman memperkirakan beliau akan berpulang sekitar umur 70 tahun. Asumsi tingkat kenaikan harga barang-barang (inflasi) adalah 6%. Maka dana pensiun Pak Aman adalah:

Asumsi pengeluaran Pak Aman pada saat pensiun sebesar 75% pengeluaran saat ini. Hal ini disebabkan biaya untuk pendidikan anak sudah tidak ada, tetapi biaya berobat Pak Aman menjadi bertambah. Dengan memperhitungkan inflasi maka perkiraan pengeluaran Pak Aman adalah = Rp 57.942.000 per bulan. Ternyata pengeluaran Pak Aman akan menjadi 57.942.000 per bulan pada saat pensiun.

Berapa dana pensiun yang dibutuhkan? Asumsi Pak Aman memiliki bisnis kecil-kecilan sehingga dapat memenuhi 40% dari kebutuhan hidupnya pada saat pensiun. Sehingga dana pensiun yang perlu dipersiapkan adalah = Rp 57.942.000 x (100%-40%) = Rp 34.765.200 per bulan.

8-kesalahan-dalam-merencanakan-biaya-pensiun-yang-harusnya-dihindari-finansialku

[Baca juga :Investasi untuk Masa Pensiun di Perusahaan Dana Pensiun]

 

Pak Aman diperkirakan akan mengeluarkan biaya hidup sebesar Rp 34.765.200 setiap bulan sampai Beliau berpulang ke pencipta. Asumsi kita gunakan Pak Aman dapat menikmati masa pensiunnya hingga umur 70 tahun. Maka total pengeluaran yang harus disiapkan pak Aman adalah 15 tahun x 12 bulan x Rp 34.765.200 = Rp 6.257.736.000. Berapa dana yang harus dipersiapkan untuk memenuhi dana tersebut pada saat ini?

Asumsi Pak Aman adalah seorang investor tipe cukup agresif. Beliau mampu berinvestasi di produk-produk investasi yang memiliki risiko cukup besar. Semasa mudanya Pak Aman mendalami perdagangan di saham, sehingga Beliau mampu membuat portofolio investasi dengan tingkat pengembalian sebesar 20%. Maka biaya yang harus diinvestasikan setiap bulannya adalah: Rp 3.000.000 per bulan.

 

Tentukan Produk Investasi untuk Dana Pensiun

Investasi di media apa tentunya disesuaikan dengan orang yang menjalaninya. Setidaknya sesuaikan dengan profil risiko dan tingkat pengendaliannya. Dari data di atas Pak Aman memiliki tingkat kemampuan mengendalikan saham, maka dia bisa saja memanfaatkan saham untuk sarana dana pensiun. Tetapi jika Anda belum berpengalaman di perdagangan saham ada baiknya Anda tidak mempertaruhkan dana pensiun di saham. Anda dapat menggunakan reksadana campuran atau emas. Perkiraan nilai emas berdasarkan kasus Pak Aman adalah sekitar 300 gram sampai dengan 1 kg emas.

 

Cek Rencana Pensiun

5 Hal Tersulit Saat Pensiun Nanti yang Dipikirkan oleh Banyak Orang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : 5 Cara Positive Thinking yang Dapat Membuat Anda Lebih Sejahtera]

 

Pengecekan dilakukan untuk memastikan bahwa rencana yang telah dibuat sudah berjalan dengan baik. Apabila ada hal-hal yang kurang pas, contohnya tingkat pengembalian investasi tidak sesuai, maka Anda harus melakukan perhitungan kembali.

 

Lakukan Perbaikan Rencana Dana Pensiun

Setelah perhitungan dilakuan Anda dapat melakukan rencana aksi baru sesuai dengan hasil perhitungan yang baru.

Beberapa kasus klasik pada saat pensiun adalah beberapa orang yang sudah pensiun menerima uang pensiun dalam bentuk langsung kontan, kemudian bingung mau digunakan untuk apa. Sebelum memasuki masa pensiun ada baiknya, kita mempersiapkan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum benar-benar pensiun. Akhir kata Apapun tujuannya (pensiun cukup, pensiun kaya raya), Kapanpun waktunya (20 tahun lagi, 15 tahun lagi atau 10 tahun lagi) dan berapapun biayanya (Rp 5 Milyar, Rp 6 Milyar atau lebih), Anda masih dapat mengusahakannya. Hal yang perlu diingat jangan lupa mulai mempersiapkan dana pensiun mulai dari sekarang, saat masih muda.