Dana Pendidikan adalah salah satu tujuan finansial yang perlu direncanakan. Harga sebuah pendidikan di Indonesia menjadi semakin mahal. Bagaimana cara kita mempersiapkan dana pendidikan? Tentu saja yang pertama adalah lakukan perencanaan, jalankan rencana yang telah dibuat, cek secara berkala dan perbaiki apabila ada perhitungan yang sudah kurang relevan.

529-plan-300x201

 

Tahap Perencaan Dana Pendidikan

Kira-kira berapa biaya pendidikan di univesitas. Berikut ini contoh perhitungan biaya masuk kuliah adalah sebagai berikut:

Di perguruan tinggi swasta di Bandung, kurang lebih biaya masuk jurusan teknik adalah sebesar Rp 25.000.000. Harga tiap sks 200.000/sks. Biaya lain-lain, buku, uang gedung, sumbangan ini itu kurang lebih Rp 2.500.000 per semester. Maka dana pendidikan yang perlu dipersiapkan (hingga lulus) saat ini adalah:

 

danapendidikan1

Apabila harus kos maka biaya hidup perbulan kurang lebih 3-4 juta rupiah. Contoh kita hitung pakai 3 juta Rupiah, maka biaya hidup:

Rp 3jt x 12 bulan x 4 tahun = Rp 144 jt

Total biaya pendidikan anak adalah Rp 217.800.000.

Jika anak Anda masih SD kelas 1, maka biaya pendidikan di Kuliahnya kurang lebih sebesar (asumsi kenaikan biaya pendidikan 15% per tahun) Rp 1.165.285.000. Wow angka yang fantastis.

banner -orang tua menyiapkan dana pendidikan anak

 

Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan

Dana pendidikan dapat dipersiapkan dengan berbagai cara, seperti menabung di produk-produk bank, membeli asuransi pendidikan, mempersiapkan dengan investasi, mengambil pinjaman dan menjual harta. Penulis lebih menyarankan untuk mempersiapkan dengan tabungan dan investasi.

Action Plan

Berapa yang harus ditabung setiap bulannya, contoh imbal hasil adalah 15% per tahun, maka biaya yang perlu dipersiapkan per bulan adalah Rp 3.850.000. (Perhitungan dengan menggunakan metode yang sederhana, hanya untuk ilustrasi) Kemana mau berinvestasi?

danapendidikan2

Anda bisa menabung di reksadana saham dengan return minimal 15% per tahun dan atau mempersiapkan dana pendidikan di emas, kurang lebih nilainya 500 gram – 750 gram emas.  Emas digunakan untuk menjaga nilai uang Anda, agar nilainya tidak kalah terhadap inflasi.

 

Jalankan Rencana Dana Pendidikan Anak Anda

Cara selanjutnya adalah mulai menjalankan sesuai dengan rencana, seperti mulai berinvestasi atau mengumpulkan emas. Lakukanlah dengan teratur.

pilih-tabungan-pendidikan-atau-asuransi-pendidikan-untuk-biaya-pendidikan-anak-1-finansialku

[Baca juga : Rencana Keuangan Kedua: Manajemen Risiko Pribadi]

 

Cek Berkala Dana Pendidikan Anak Anda

Apabila Anda berinvestasi pada asset-asset kertas, seperti reksadana saham, saham, obligasi jangan lupa cek secara berkala. Kondisi ekonomi suatu negara bergerak dinamis. Untuk rentang waktu lebih dari 10 tahun, bisa jadi ada masa-masa resesi. Apabila ada perubahan kondisi, segera lakukan aksi-aksi untuk mempertahankan nilai uang Anda.

 

Perbaiki Rencana Dana Pendidikan Anak Anda

Lakukan perhitungan ulang, sesuai dengan kondisi yang ada. Bisa jadi asumsi perhitungan yang dilakukan pada beberapa waktu yang lalu menjadi kurang tepat.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

Dana pendidikan diakui memang salah satu dana yang mahal, tetapi Apapun tujuan pendidikan anak Anda (mau sampai S1, S2 atau di sekolah di luar negeri), Kapanpun waktunya (masih 5 tahun lagi. 10 tahun lagi, 12 tahun lagi) dan Berapapun biayanya (100jt, 200jt atau lebih), Anda masih dapat memberikan pendidikan yang terbaik untuk buah hati Anda.