Dengan semakin meningkatnya biaya kebutuhan hidup sehari-hari, dibutuhkan perencanaan keuangan yang semakin matang.  Lalu bagaimana bagi orangtua dengan anak berkebutuhan khusus?

Tentunya ada beberapa perbedaan dalam perencanaan keuangannya. Mari kita simak bagaimana merencanakan keuangan bagi para orangtua dengan anak berkebutuhan khusus.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perencanaan Keuangan bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Tidak peduli bagaimanapun keadaannya, anak merupakan anugerah terbesar dalam hidup. Dengan demikian, jangan pernah putus asa walaupun Anda memiliki anak dengan kebutuhan khusus. Demi menjamin kehidupannya dengan baik, penting bagi para orangtua untuk membuat perencanaan keuangan yang matang.

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan beberapa tips dalam merencanakan keuangan bagi anak berkebutuhan khusus.

Beginilah Rencana Keuangan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Para Orangtua 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Persiapkan Tabungan dan Investasi Pendidikan Anak Sejak Dini]

 

#1 Merancang Target

Terdapat beberapa perbedaan biaya dalam merawat anak berkebutuhan khusus, selain biaya kebutuhan hidupnya, terdapat beberapa tambahan biaya misalnya pendidikan khusus seperti sekolah inklusi, biaya perawatan dan terapi, berikut obat-obatan yang dibutuhkan.

Namun jangan sampai hal tersebut menjadi rintangan dalam mencapai impian Anda bagi sang buah hati. Buatlah target finansial untuk buah hati Anda sejak dini, mulai dari kebutuhan pendidikannya, kebutuhan hidup, hingga seluruh kebutuhan terapinya.

Rencanakanlah kebutuhan finansialnya agar dia dapat menjalani hidupnya secara stabil hingga dewasa.

 

#2 Siapkan Dana Perwalian

Anak berkebutuhan khusus tidak dapat hidup sendiri seperti layaknya Anda hidup setelah menginjak usia dewasa. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyiapkan dana perwalian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jika Anda meninggal.

Dana tersebutlah yang akan menjamin kehidupan buah hati Anda jika terjadi sesuatu kepada orang tuanya. Tetapkan juga seorang wali yang dapat dipercaya untuk memastikan dana perwalian sepenuhnya digunakan untuk kebutuhan buah hati Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa ada peraturan yang melindungi anak dengan kebutuhan khusus, sehingga jika wali menyalahgunakan hak dan wewenangnya untuk menggunakan harta waris tersebut, maka hak perwaliannya dapat dicabut dan dialihkan kepada orang lain.

apakah-orang-tua-perlu-beli-asuransi-kesehatan-anak-finansialku

[Baca Juga: Apakah Orang Tua Perlu Beli Asuransi Kesehatan Anak?]

 

#3 Siapkan Surat Wasiat

Kematian adalah hal yang tidak dapat diduga dan dapat terjadi kapan saja. Dengan demikian, sebaiknya Anda mempersiapkan surat wasiat sejak dini untuk mengantisipasinya.

Karena termasuk kasus yang khusus dimana sang anak dianggap tidak akan mampu mengelola keuangan, Anda perlu memastikan bahwa warisan akan sampai ke tangan anak Anda dan bukannya diserahkan ke pemerintah.

Sebaiknya gunakan jasa advokat profesional yang dapat membantu anak Anda memperoleh haknya kelak.

 

#4 Siapkan Wali

Anak dengan kebutuhan khusus akan memerlukan bantuan seseorang untuk menjalani hidupnya. Akan sulit baginya untuk hidup sendiri saat dewasa atau jika orang tuanya meninggal. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari wali atau pengasuh yang berkomitmen dan dapat dipercaya untuk membantunya hingga dewasa kelak.

Anda mungkin dapat meminta bantuan saudara atau teman yang terpercaya dan sebaiknya hindari mempercayakan orang asing untuk menjadi walinya karena anak Anda tidak dapat berbuat apa-apa jika wali melakukan kejahatan atau meninggalkan anak Anda sehingga penting untuk mencari wali yang dapat dipercaya.

sudahkah-anak-anak-anda-terproteksi-dengan-asuransi-kesehatan-finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anak-Anak Anda Terproteksi dengan Asuransi Kesehatan?]

 

#5 Siapkan Tabungan

Anak merupakan prioritas pertama bagi banyak orangtua. Demikian halnya dengan anak berkebutuhan khusus. Pertimbangkanlah segala kebutuhannya dan menabunglah sejak dini untuk mencukupi kebutuhannya terlebih dahulu, karena kebutuhannya mungkin lebih banyak daripada kebutuhan pada umumnya.

Dengan mempersiapkan dana bagi anak secara terperinci, maka Anda dapat mengetahui kebutuhan biayanya, dan dapat mengalokasikan sisa dana untuk kebutuhan lainnya. Buatlah tabungan terpisah bagi kebutuhan buah hati Anda dan kebutuhan Anda dan pasangan. Dengan demikian, dana bagi kebutuhan anak tidak akan tercampur atau terpakai.

 

#6 Siapkan Asuransi

Zaman sekarang, banyak orang yang belum mengetahui keuntungan dari asuransi, terutama asuransi jiwa. Dia tidak memikirkan nasib keluarganya jika kelak terjadi sesuatu pada dirinya dan akhirnya merugikan keluarganya.

Namun, asuransi jiwa merupakan hal yang wajib jika Anda memiliki anak dengan kebutuhan khusus. Mengapa demikian? Karena tidak ada jaminan buah hati Anda mampu hidup sendiri jika Anda meninggal.

Mungkin Anda merasa tidak membutuhkan asuransi jiwa karena sudah menyiapkan dana bagi kehidupannya kelak, namun asuransi jiwa merupakan salah satu cara cerdas untuk menjamin kehidupan yang lebih baik baginya saat terjadi sesuatu pada diri Anda.

Carilah asuransi jiwa yang mampu menangani kondisi khusus tersebut dan daftarlah segera demi masa depan anak Anda.

5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Dipersiapkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan]

 

Anda Berperan Penting dalam Hidupnya

Perencanaan keuangan seringkali terlupakan bagi banyak orang, mereka hanya mementingkan hidup di hari ini dan tidak memikirkan masa depan keluarganya. Bagi Anda para orangtua dengan anak berkebutuhan khusus, belum terlambat bagi Anda untuk memulai perencanaan finansial bagi buah hati Anda.

Dengan persiapan yang matang, maka kehidupannya akan terjamin kini dan nanti sehingga Anda dapat lebih tenang untuk menghadapi kejadian tak terduga.

 

Apakah Anda mengetahui tips lainnya untuk perencanaan keuangan bagi anak berkebutuhan khusus? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Surtan Siahaan. 13 Januari 2016. Ini Rencana Keuangan untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Cekaja.com – https://goo.gl/zHQpQ5

 

Sumber Gambar:

  • Anak – https://goo.gl/PmPjEi
  • Anak Berkebutuhan Khusus – https://goo.gl/vDcJJh

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang