Harga BBM Turun per tanggal 19 Januari 2015. Permasalahannya Harga BBM Turun kok pengeluaran tetap. Hal yang sama juga terjadi pada keluarga Ronald. Bagaimana ceritanya?

 

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comMama Glory

Pah waktunya kita cek anggaran dan catetan keuangan kita.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Oke Ma.

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comMama Glory

Pah ini pengeluaran buat bensin kok tetep ya, padahal harga BBM turun looh Pa. Papa boros ya make mobilnya?

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Gak kok ma, papa ga boros pakenya. Itu papa pake Pertamax.

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comMama Glory

Lho kok jadi ke pertamax?

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Papa pikir harganya mirip mirip sama harga bensin kemaren kali-kali naek lah ke Pertamax.

Mama Glory - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comMama Glory

Ow gitu ya, hmmmm…. Kali-kali pake Pertamax boleh si Pa. Tapi ini kita harus ngirit, harga sembako ga turun juga nih.

Papa Ronald - Finansialku Cartoon - Image by Freepik(dot)comPapa Ronald

Oke Ma.

 

Harga BBM Turun kok Pengeluaran Tetap

Kenaikan harga BBM disaat harga minyak dunia cenderung menurun, apakah ada kesalahan? Pemerintah tak lama melakukan penurunan harga BBM. Terakhir tanggal 19 Januari 2015, harga bensin yang semula Rp 8.500 per liter, turun menjadi Rp 6.600. Harga pertamax mengalami penurunan dari Rp 8.800 per liter menjadi Rp 8.000 per liter. Permasalahannya harga BBM turun, kenapa uang bensin ga turun?

Fenomena harga BBM turun kok pengeluaran tetap dapat dijawab karena dengan adanya irrational behavior. Dalam dunia ekonomi dan keuangan terdapat istilah financial behavior atau perilaku orang dalam ekonomi atau keuangan. Terkadang perilaku tersebut ada yang tidak rasional. Permasalahan harga BBM turun kok pengeluaran tetap adalah salah satu contoh irrational financial behavior.

Setiap orang cenderung memiliki patokan harga atau jangkar (anchor). Harga jangkar akan dianggap harga wajar. Contoh jika ada toko handphone membuat promo harga iPhone 5S baru garansi resmi Rp 4.000.000, menurut Anda harga tersebut murah atau mahal? Kebanyakan orang mengatakan itu harga yang murah, karena orang membandingkan harga promo tersebut dengan harga wajar iPhone 5s di market.

 

Harga BBM Turun Kok Pengeluaran Tetap

 

Pada saat akhir tahun 2014, harga bensin Rp 6.500 per liter. Harga Rp 6.500 per liter menjadi jangkar. Ketika terjadi perubahan harga di awal tahun 2015, harga bensin menjadi Rp 8.500 per liter, orang-orang banyak komplain. Orang-orang mengatakan kenaikannya terlalu tinggi, harga terlalu mahal dan lain sebagainya. Hal ini terjadi karena orang-orang membandingkan harga baru dengan harga sebelumnya (jangkar). Setelah beberapa waktu orang sudah terbiasa dengan harga bensin Rp 8.600 per liter dan harga itu menjadi jangkar baru.

Tidak lama kemudian pemerintah membuat pengunguman perubahan harga BBM. Harga bensin diturunkan menjadi Rp 6.600 per liter. Hal ini juga dibarengi dengan penurunan harga pertamax Rp 8.000 per liter. Orang kemudian membandingkan perubahan harga tersebut dengan jangkar terakhir yang dimiliki. Banyak orang merasa harga Rp 8.000 per liter tidak terlalu mahal untuk sebuah BBM. Oleh sebab itu tidak ada masalahnya jika sekarang beralih ke Pertamax. Alasannya sangat sederhana harga tidak terlalu jauh dengan harga bensin sebelumnya, kedua lebih baik untuk kendaraan.

 

Kesimpulan

Harga BBM Turun Kok Pengeluaran Tetap adalah fenomena yang terjadi dalam irrational financial behavior. Orang cenderung membandingkan harga sekarang dengan harga jangkar yang ada di dalam pikirannya.

Pertanyaan selanjutnya adalah: Apabila harga Pertamax naik menjadi Rp 9.000 atau bahkan Rp 10.000 apakah Anda mau tetap menggunakan pertamax?

 

Artikel di atas “Harga BBM Turun Kok Pengeluaran Tetap?” tidak bermaksud melarang membeli Pertamax. Artikel di atas menjelaskan financial behavior tepatnya mengenai harga anchor. Teman-teman baca juga cerita Keluarga Ronald lainnya ya.

Cerita Seru Keluarga Ronald

 

 

Sumber Gambar

Logo Freepik

Karakter keluarga Ronald adalah courtesy dari www.Freepik.com people avatar 761436. Anda dapat mendownload karakter-karakternya di www.Freepik.com.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang