Apa yang harus dilakukan jika ingin renovasi rumah subsidi?

Tentunya, prosedurnya berbeda dengan jika memiliki rumah non subsidi. Agar tidak salah langkah, cek dulu tips penting ala Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mau Aman Renovasi Rumah Subsidi: Bagaimana Caranya?

Membeli rumah subsidi selain murah dan sudah jadi, juga harus memperhatikan banyak hal terutama untuk merenovasinya.

Pembelian rumah jadi dari developer pastinya mayoritas akan didesain sama dalam satu cluster, untuk itu setiap orang pasti ingin merenovasi baik itu memperluas, mengganti bentuk atau menambah yang belum ada.

 

Merenovasi bukan sebuah hal yang mudah dan murah, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, untuk merenovasi sebuah rumah subsidi yang memiliki banyak aturan yang harus diikuti.

 

Cara Aman Renovasi Rumah Subsidi

Renovasi rumah subsidi bisa Anda lakukan dengan beberapa tips jika ingin aman tanpa harus menyalahi aturan yang berlaku. Beberapa tips di bawah ini dapat diikuti. Bagaimana tips merenovasi rumah subsidi, simak informasi berikut.

 

#1 Lakukan Secara Bertahap

Dalam merenovasi sebuah rumah yang dikatakan merupakan sebuah rumah subsidi, Anda harus melakukan dengan cara bertahap. Artinya, ikuti dulu ketentuan dan peraturan yang ditetapkan mana saja yang tidak boleh dilakukan oleh pemilik rumah.

Lakukan perlahan yang bisa kamu dahulukan selain yang dilarang untuk direnovasi, sehingga kamu bisa bertahap mengatur perenovasian rumah tanpa harus ditegur oleh pemerintah atau bank.

Lakukan 4 Tips Berikut Jika Mau Aman Renovasi Rumah Subsidi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Rumah? Cermati Dulu 5 Keuntungan Rumah Subsidi]

 

Dahulukan yang perlu seperti membuat dapur ataupun teras belakang yang memang tidak termasuk dalam aturan yang tidak diperbolehkan. Atau setelah itu, buat pagar sesuai keinginan dengan merombak bagian teras atau halaman depan rumah.

Jadi, fokuskan untuk merenovasi bagian belakang. Misalnya menambah ruang kerja, ruang laundry, dapur kotor, dan sebagainya. Apabila Anda memiliki keinginan menambah kolam ikan misalnya, buatlah di bagian belakang rumah, dan bukan di bagian depan rumah yang terlihat jelas dari luar.

 

#2 Hilangkan Sekat

Melakukan renovasi rumah subsidi yang diketahui memang bukan merupakan rumah yang besar, hal yang pertama perlu dipikirkan bagaimana agar bentuknya terlihat semakin luas. Yaitu, dengan cara menghilangkan sekat yang ada sebisa mungkin.

Lakukan 4 Tips Berikut Jika Mau Aman Renovasi Rumah Subsidi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Pahami 7 Cara Mendapatkan Info Rumah Subsidi]

 

Karena, rumah subsidi tidak bisa memperluas lahan dengan menambah lahannya apalagi hingga melebihi 200 m persegi. Sekat memang membuat rumah seakan dibatasi.

Dengan demikian, untuk rumah subsidi yang terbilang kecil sangat tidak diperlukan. Bahkan, bukan rumah subsidi pun banyak yang tidak begitu menginginkan sekat kecuali untuk sebuah privasi.

 

#3 Buat Desain Terencana

Rencanakan dengan baik sebuah desain yang berhubungan atau masih sesuai dengan besaran rumah subsidi tersebut, apa ruangan atau desain yang kamu inginkan dan sesuaikan dengan ruang-ruang atau kondisi luasan rumah tersebut.

Agar tidak keluar dari jalur peraturan yang berlaku.

 

Begitu pun untuk yang mau merenovasi hingga membuat dua lantai atau memperluas ke atas, juga perlu diperhitungkan desain yang terencana. Dengan begitu, Anda membuat rencana teratur tahap demi tahap dalam merenovasi dan merancang, tanpa harus membongkar ulang.

 

#4 Atur Biaya Pengeluaran

Selain mengikuti peraturan yang ada, Anda juga memiliki waktu untuk mempersiapkan biaya dalam merenovasi. Selama Anda dalam masa menunggu ketentuan yang diberikan seperti tidak bisa mengubah bagian depan rumah atau menambah menjadi dua lantai hingga berjalan 5 tahun.

Lakukan 4 Tips Berikut Jika Mau Aman Renovasi Rumah Subsidi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Terbukti! 5 Cara Memiliki Rumah Sendiri Kurang Dari 1 Tahun]

 

Anda bisa mengatur budget untuk diprioritaskan pada bagian yang ingin Anda renovasi lebih dulu. Dengan begitu, tidak terlalu memberatkan Anda tapi begitu waktunya sudah diperbolehkan maka Anda sudah siap dengan biaya yang dibutuhkan pada bagian berikutnya yang sudah menjadi target dan rencana Anda.

Buat anggaran renovasi dengan lebih mudah menggunakan aplikasi Finansialku. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store segera.

 

Catat dan Rencanakan Proses Renovasi dengan Akurat

Setelah Anda mengetahui cara yang aman sebagai tips untuk melakukan renovasi rumah subsidi. Maka sekarang Anda tentu sudah tahu apa dulu yang harus Anda lakukan.

Dengan begitu, Anda bisa mengatur pengeluaran renovasi dari sekarang karena semua aturan yang dibuat memang ditujukan untuk orang-orang yang agak kekurangan dalam hal biaya untuk melakukan renovasi langsung.

 

Apakah Anda berencana untuk merenovasi rumah dalam waktu dekat? Jika ya, jangan lupa untuk membuat pencatatan dan membagi artikel ini pada keluarga yang terlibat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Chyntia Novianti. 9 Juni. 2019. 8 Tips Renovasi Rumah Subsidi dan Batasan yang Berlaku. 99.co – https://bit.ly/2UaDNCL

 

Sumber Gambar:

  • Renovasi Rumah Bersubsidi – https://bit.ly/2J7USqL