Welcome to 2019 – Happy New Year!!! Seperti biasa tahun baru akan jadi momentum yang paling pas untuk membuat daftar resolusi. Lalu resolusi keuangan tahun 2019 apa yang ingin sahabat capai di tahun ini?

Mari ulas tuntas resolusi keuangan yang harus dimiliki oleh setiap orang melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Wujudkan Semua Resolusi Keuangan Sahabat

Senang banget rasanya kita sudah memasuki tahun 2019. Biasanya sih ketika menghadapi pergantian tahun orang-orang akan membicarakan all about resolusi.

Buat saya, resolusi menjadi suatu hal yang bisa membawa saya lebih serius lagi untuk menjalani hidup.

Tanpa resolusi yang saya buat di tahun kemarin, mungkin saya tidak akan ada di sini, menulis, dan berbagi kisah dengan sahabat semua.

For your information, salah satu resolusi saya di tahun 2018 adalah ingin jadi penulis serta berbagi banyak hal melalui cerita yang menginspirasi banyak orang, dan sekarang saya bersyukur bisa melakukan ini.

Sebelum saya cerita lebih jauh, perlu sahabat tau, saya adalah orang yang sangat berpegang teguh dengan target. Kenapa?

Karena targetlah yang membuat saya terus berusaha dan memikirkan cara untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Alhamdulillah, dua resolusi terbesar saya di tahun 2018 telah tercapai, yaitu menikah, dan memiliki rumah sendiri.

Oh ya sahabat, saat saya membuat resolusi tentang menikah dan membeli rumah ini saya hanya bisa berharap lho, karena saya tahu pesta pernikahan dan membeli rumah itu merupakan kedua hal yang membutuhkan uang besar.

Tapi dibalik harapan itulah saya selalu percaya dengan ungkapan “Usaha tak akan mengkhianati hasil”.

Saya dan suami terus berusaha agar bisa mencapai kedua hal tersebut, dan kami yakin campur tangan Tuhan itu benar-benar nyata. So, selain bekerja, jangan lupa berdoa juga ya sahabat.

Resolusi Keuangan Tahun 2019 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Langkah Menggapai Resolusi dan Tujuan Hidup?]

 

Ngomong-ngomong di momen tahun baru ini lah saat yang tepat untuk mengevaluasi resolusi yang belum tercapai dan membuat resolusi baru yang ingin dicapai.

Lalu, apa nih resolusi terbesar yang ingin kalian capai di tahun 2019?

Kalo saya dan suami sih ingin punya baby dan punya mobil sendiri, biar enggak pinjam terus ke kakak atau ke orang tua, doakan ya.

Karena saya sadar kalo biaya perawatan baby dan membeli mobil itu mahal, ada beberapa langkah yang harus saya lakukan.

Saya akan sharing hal apa saja yang bisa saya lakukan untuk mencapai resolusi ini. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi keuangan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Di zaman modern ini, kemajuan teknologi sudah sangat pesat. Hal ini berpengaruh terhadap seluruh aspek, contohnya finansial.

Saat ini, membuat perencanaan keuangan sudah tidak lagi harus dilakukan secara fisik.

Ada banyak aplikasi keuangan yang dapat digunakan untuk membantu sahabat mengatur keuangan bulanan.

Aplikasi ini dapat diakses dari gadget yang kalian bawa setiap hari sehingga akan sangat memudahkan dan lebih praktis, enggak percaya? Coba aja download aplikasi Finansialku.

Download di Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC-mu.

Jika sahabat ingin lebih memahami mengenai apa itu perencanaan keuangan, langsung saja download ebook Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Ebook tersebut dapat dijadikan panduan utama bagimu dan GRATIS, jadi sahabat tidak perlu mengeluarkan satu rupiah pun untuk memilikinya.

Tunggu apalagi? Yuk download sekarang juga!

Setelah mengetahui dari aspek finansial, mari membahas cara lainnya yang bisa sahabat ikuti agar tujuan keuangan dapat segera tercapai.

 

8 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencapai Resolusi Keuangan

Berikut adalah 8 hal yang bisa sahabat lakukan untuk membantu tercapainya tujuan-tujuan keuangan sahabat, yaitu:

 

#1 Buat Tujuan Keuangan

Setiap tahun sahabat harus punya yang namanya tujuan keuangan. Untuk urusan ini tidak cukup sekedar mengatakan “Saya ingin punya ini-punya itu”.

Coba spesifikasi barang atau hal yang sahabat inginkan, selanjutnya ketahui berapa uang yang harus disediakan.

Misalnya jika menginginkan sebuah mobil, pastikan sahabat mengetahui merek, jenis, warna, dan lainnya mengenai mobil yang diinginkan.

Seperti saya, saya ingin mobil Expander atau New Terios, harganya sekitar Rp200 juta.

Saya tau hal ini enggak murah, tapi saya kembali mengingat ungkapan “Usaha tidak akan mengkhianati hasil”. Dengan begitu sahabat akan semakin termotivasi untuk mendapatkannya.

 

#2 Siapkan Dana Darurat

Selain siapkan uang untuk kejar “mimpi” saya dan suami terbiasa siapkan uang untuk “menghadapi kenyataan”.

Ya, dana darurat adalah hal penting yang harus kita siapkan untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi.

Alokasikan penghasilan sahabat setiap bulannya untuk memenuhi dana darurat.

Bagaimana-Cara-Memprioritaskan-Dana-Darurat-1-Finansialku

[Baca Juga: Tujuan Keuangan Freelancer Tahun Baru 2019, Apa Tujuan Anda?]

 

Jika belum tahu berapa besaran dana darurat yang harus disiapkan, sahabat bisa cari tahu melalui aplikasi Finansialku melalui fitur “Rencana Keuangan Dana Darurat”.

Caranya sangatlah mudah, yaitu:

  1. Buka aplikasi dan pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik simbol “+” pada bagian kanan bawah untuk menambahkan Rencana Keuangan dan pilih “Dana Darurat”.
  3. Masukkan sejumlah data yang diperlukan, yaitu:
  • Pengeluaran bulanan, misalnya Rp10.000.000.
  • Status pernikahan, misalnya: Menikah.
  1. Setelah itu klik hitung, maka kesimpulan berupa dana darurat yang diperlukan pun akan muncul. Jumlah tersebut merupakan hal perhitungan dari data yang telah dimasukkan.

 

Perencanaan dana darurat harus sahabat lakukan sejak dini mengingat fungsinya yang akan sangat berguna dalam keadaan darurat apapun.

Jumlah dana darurat dihitung berdasarkan rata-rata biaya hidup seseorang dan bagaimana kondisi atau status orang tersebut, sehingga masing-masing orang akan memiliki jumlah yang berbeda pula.

Umumnya jumlah dana darurat ideal yang disarankan adalah sebagai berikut ini:

  • 3x biaya hidup rata-rata untuk single atau belum memiliki pasangan dan keluarga.
  • 6x biaya hidup rata-rata untuk pasangan.
  • 9x biaya hidup rata-rata untuk keluarga dengan 1 anak atau tanggungan.
  • 12x biaya hidup rata-rata untuk keluarga dengan 2 anak atau tanggungan atau lebih.

 

#3 Prioritaskan Utang

Mungkin di antara sahabat ada yang memiliki utang, dan jenis utangnya pun bermacam-macan. Perlu sahabat ketahui bahwa masing-masing utang itu memiliki kadar prioritas yang berbeda-beda.

Ada utang jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Utang yang harus dijadikan prioritas pelunasan adalah utang jangka pendek seperti kartu kredit.

 

Untuk itu di awal tahun ini, buatlah daftar seluruh utang yang belum sahabat lunasi.

Masukkan utang-utang tersebut ke dalam kategori-kategori prioritas agar di tahun ini sahabat tahu utang mana saja yang harus dilunasi terlebih dahulu.

Selain itu perhitungkan berapa dana yang harus disediakan untuk utang-utang lain yang bukan prioritas utama berdasarkan porsinya masing-masing.

 

#4 Gunakan Sistem Autodebet untuk Berinvestasi

Jika sahabat sudah mulai berinvestasi, tidak ada salahnya mencoba untuk menghindari masalah terbesar yang dialami setiap orang ketika memiliki uang, yaitu ‘lapar mata’.

Sebuah keinginan tiba-tiba muncul hanya karena melihat barang di toko atau di penawaran online. Padahal sebenarnya barang tersebut tidak diperlukan.

Sehingga, seringkali dana yang seharusnya diinvestasikan teralihkan untuk memenuhi kebiasaan ‘lapar mata’ tersebut.

Dengan menggunakan sistem autodebet untuk berinvestasi, sahabat tidak akan lupa untuk berinvestasi setiap bulan.

Pada periode yang ditentukan uang akan tiba-tiba berkurang karena dibelikan produk investasi.

Dengan begitu sahabat tidak memiliki kesempatan untuk mengalihkan dana investasi untuk memenuhi kebutuhan ‘lapar mata’ yang hanya akan menghabis-habiskan uang sahabat.

 

#5 Tutup Akun yang Dirasa Tidak Diperlukan

Apakah sahabat punya akun rekening atau kartu kredit lebih dari satu? Apakah semua akun tersebut digunakan secara rutin dan memberi manfaat lebih? Jika tidak, sebaiknya tutup akun-akun yang sudah tidak berguna.

Setiap bank selalu membebankan biaya untuk setiap produk yang ditawarkan.

Keuntungan Jadi Nasabah Prioritas 01 Finansialku

[Baca Juga: Kepala Cenat Cenut? Kenali Dulu Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengobatinya]

 

Walaupun rekening yang dimiliki sudah tidak digunakan, bank tidak akan berhenti memotong saldo untuk membayar biaya bulanan.

Biaya tersebut mungkin terasa kecil jika hanya dihitung per bulan, tetapi coba akumulasikan ke periode beberapa tahun.

Sayang kan kalo uang tersebut terbuang percuma. Lebih baik tutup akun tersebut agar tidak terus menggerus keuangan perlahan-lahan.

 

#6 Lakukan Hobi yang Menghasilkan Uang

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah pekerjaan yang akan sahabat lakukan secara sukarela atau hobi yang dibayar, istilah kerennya adalah passion.

Jika memiliki sebuah hobi atau ketertarikan pada suatu bidang, cobalah mencari cara untuk menghasilkan uang dengan hobi tersebut.

Kebanyakan orang berpikir bahwa pekerjaan adalah hal yang membosankan, tetapi terpaksa dilakukan karena membutuhkan uang.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tapi jika sahabat berani mencari peluang dan memanfaatkannya dengan baik, ini akan berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan yang disukai.

Ketika sebuah pekerjaan dilakukan dengan sukacita, hasilnya pun akan lebih memuaskan, iya kan?

 

#7 Kumpulkan Uang Kembalian

Percaya atau tidak, saya dan suami sangat senang melakukan hal ini, bahkan hampir setiap hari kita berlomba untuk mengumpulkan uang kembalian terbanyak. Konyol sih tapi ini sangat bermanfaat lho.

Emang sih kadang uang kembalian itu terasa tidak berarti apalagi jika uangnya receh, padahal jika dikumpulkan akan menjadi banyak juga.

Nah, sekarang siapkan sebuah tempat untuk menyimpan uang kembalian yang kalian kumpulkan setiap hari.

Setelah satu bulan buka tempat penyimpanan tersebut dan investasikan uang yang ada di dalamnya. Sahabat akan terkejut dengan berapa besarnya dana investasi yang terkumpul tanpa disadari tersebut.

 

#8 Tetap Bersedekah

Salah satu cara untuk mengerti nilai uang adalah dengan memberikannya kepada orang lain. Mulailah menyumbangkan beberapa persen dari penghasilan sahabat kepada lembaga yang menyalurkan bantuan-bantuan.

Jika tidak menggunakan jalur lembaga, sekedar bersedekah kepada orang yang dirasa membutuhkan juga akan sangat bermanfaat.

Ketika sahabat membantu orang lain, kebaikan itu mungkin bisa mengubah hidup orang yang menerimanya dan tidak akan dilupakan selama bertahun-tahun.

Ini-Aturan-Memberi-Uang-Tip-di-Indonesia-3-Finansialku

[Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Motivasi Nikola Tesla Terbaik Tentang Hidup]

 

Di samping itu akan mudah menyadari betapa berartinya nilai uang yang kalian miliki.

Di satu sisi akan terasa berat untuk mengeluarkan uang, di sisi lain sahabat memahami jumlah uang tersebut dapat membantu kehidupan orang lain.

Dengan begitu sahabat akan berpikir berkali-kali untuk menghambur-hamburkan uang secara tidak bijaksana.

Saya dan suami termasuk orang yang percaya dengan “perisai langit” atau “marketing langit”, ada yang pernah dengar?

Jadi semakin banyak sedekah yang diberikan, akan semakin banyak juga kebaikan yang akan datang kepada kita.

 

Saatnya Bangun Resolusi

Nah, berbagai tips sudah saya bagikan nih khususnya dalam mencapai tujuan keuangan. Poin berapa saja yang sudah sahabat lakukan?

Mumpung masih euphoria awal tahun, sebaiknya jangan menunda lagi untuk membuat daftar resolusi.

Percaya deh, dengan resolusi akan membangkitkan semangat sahabat untuk terus berkembang dan berusaha mengejar targetnya. Selamat mencoba!

 

Apakah sahabat punya tips lainnya dalam mencapai resolusi? Jika ya, jangan ragu untuk share di kolom komentar ya.

Bagikan juga artikel ini ke teman-teman supaya mereka memiliki semangat resolusi yang sama seperti sahabat!

 

Sumber Gambar:

  • Resolusi Keuangan Tahun 2019 1 – https://goo.gl/C2FNcx
  • Resolusi Keuangan Tahun 2019 2 – https://goo.gl/aKCGUS