Memasuki tahun baru, apa saja resolusi keuangan untuk POLRI?

Hal-hal apa saja yang sebaiknya dicapai terlebih dahulu saat ini?

Ikuti ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Resolusi Keuangan Bagi Anggota POLRI

Resolusi keuangan akan sangat penting untuk siapa saja, tak terkecuali bagi para POLRI. Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk menyusun resolusi keuangan yang akan membuat kondisi keuangan Anda lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pasti ada banyak hal yang telah Anda pelajari dari tahun-tahun sebelumnya. Bisa itu kesalahan keuangan, pengeluaran yang tidak seimbang, investasi yang merugikan, dan hal-hal lainnya yang dipelajari dalam keuangan. Pelajaran yang membuat Anda semakin cerdas saja dalam hal keuangan.

 

Daftar Resolusi Keuangan Tahun 2021

Daftar resolusi keuangan yang akan diberikan ini berwujud susunan, akan lebih baik jika diikuti dari atas sampai akhir.

 

#1 Pay Debt First

Siapa saja menyebutkan, salah satu cara mendapatkan kesejahteraan atau mencapai kondisi keuangan yang baik adalah dengan melunasi semua utang.

Hal ini akan Anda temukan saat mendengar ceramah tentang keuangan, video motivasi, dan sumber-sumber lain ketika Anda mencari solusi atas masalah keuangan.

Memang benar adanya, apapun resolusi keuangan yang dilakukan, melunasi utang adalah yang nomor satu. Namun tidak semua kondisi akan relate dengan poin ini.

Misalnya saja utang Anda adalah utang KPR atau KUR yang selesainya masih belasan atau puluhan tahun lagi, dibayarkan setiap bulan. Bukan utang seperti ini yang dimaksud harus dilunasi terlebih dahulu.

Utang yang sebaiknya dilunasi terlebih dahulu adalah utang-utang yang sifatnya bukan pokok, bisa itu cicilan kartu kredit, cicilan beli hp, utang ke teman, ke keluarga, dan lain sebagainya

Resolusi Keuangan Tahun 2021 Untuk Para POLRI 02

[Baca Juga: 6 Cara Melunasi Utang dengan Cepat yang Harus Kamu Tahu]

 

#2 Mengupayakan Tabungan Lebih Banyak

Kini utang-utang semakin ringan saja, atau mungkin sudah tak memiliki utang sama sekali? Rasanya sangat melegakan bukan?

Bukan hanya lega saja apa yang Anda dapatkan, beberapa hari atau minggu lagi Anda bisa semakin semangat dalam bekerja atau menambah penghasilan, sebab saat itu lah Anda mulai merasakan keringat Anda ada hasilnya secara langsung.

Namun tentunya jangan hanya bersemangat menambah pemasukkan saja, imbangi hal tersebut dengan mengupayakan sebuah tabungan. Jika sebelumnya Anda memang sudah menabung, maka diupayakan untuk menambah nominalnya.

Semakin banyak yang ditabung, tanpa harus mengganggu pengeluaran yang telah dianggarkan, maka akan jauh lebih baik.

 

#3 Menambah Wawasan Investasi

Setelah menabung, Anda akan merasa bahwa uang jangan hanya ditabung saja sebaiknya. Bagaimana jika uang yang disimpan ini bisa bekerja untuk Anda? Dan kita semua pasti tahu cara paling aman adalah untuk berinvestasi.

Oleh karenanya, resolusi keuangan yang selanjutnya adalah untuk menambah wawasan tentang investasi. Pelajari jenis-jenis investasi aman yang bisa dipilih, berapa modal yang dibutuhkan, bagaimana returnnya, bagaimana likuiditasnya, dan hal lain-lainnya yang dibutuhkan.

Resolusi dalam hal keuangan yang dibahas ini tidak secara langsung menyarankan Anda untuk berinvestasi. Investasi tanpa wawasan akan membuat Anda tidak aman, bahkan mungkin tidak percaya diri. Maka dari itu, poin nomor tiga ini diisi dengan menambah wawasan investasi.

Anda bisa menambah wawasan investasi dengan ebook-ebook dari Finansialku yang membahas mengenai investasi, atau Anda bisa juga simak video Finansialku berikut ini.

 

#4 Mulai Berinvestasi

Anda jauh lebih cerdas dari sebelumnya setelah mempelajari investasi, kini saatnya untuk lebih percaya diri untuk memulai investasi. Dari poin sebelumnya, Anda sekaran sudah memiliki tabungan yang cukup pastinya.

Dan dari poin sebelumnya pula, Anda sudah tahu investasi apa yang akan dijalankan berdasarkan tabungan yang ada. Apakah Anda akan menjalankan reksadana, obligasi, saham, deposito, emas, atau mungkin investasi properti.

Yuk berinvestasi! Anda bisa simak video berikut ini untuk tahu cara praktis dan tepat memulai investasi. Sebelumnya, perlu diingat bahwa investasi harus memiliki tujuan ya. Mengapa? Anda bisa baca artikel ini untuk tahu lebih jelasnya: Ini Pentingnya Memiliki Tujuan Investasi Sebelum Berinvestasi!.

 

#5 Merencanakan Pendapatan Pasif

Tidak banyak yang dilakukan dalam berinvestasi, sebab Anda akan membuat uang Anda bekerja untuk Anda. Apalagi jika investasi yang dipilih memang sangat sederhana, hampir tidak melakukan apa-apa investor yang bersangkutan.

Kini Anda bisa menyibukkan diri dengan menambah penghasilan pasif. Berinvestasi memang memberikan Anda pendapatan pasif, namun ada hal lain yang mungkin membuat Anda juga tertarik. Bisa itu berbisnis?

Jika berbisnis lah yang Anda inginkan, maka cari inovasinya terlebih dahulu dan matangkan rencananya. Anggarkan modal maksimal yang boleh, sehingga tidak mengganggu pengeluaran lainnya.

Anda bisa baca artikel ini: Begini Caranya Mendapatkan Passive Income Dengan Modal Kecil.

 

#6 Mengusahakan Tidak Menambah Utang

Jangan sampai berbisnis membuat Anda menggunakan uang  yang seharusnya tidak digunakan untuk berbisnis. Berbisnis sewajarnya saja dan sesuai dengan modal yang dianggarkan. Kalau pun ternyata kurang, maka cari bisnis yang modalnya sesuai. Jangan sampai Anda berutang karena ini.

Resolusi di bidang keuangan yang selanjutnya adalah untuk mengusahakan supaya tidak berutang. Sebelumnya Anda sudah berusaha melunasinya, Anda tidak mau berada di posisi itu lagi bukan?

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

#7 Membayar Cicilan dan Angsuran Tepat Waktu

Terakhir, adalah untuk menyempurnakan kondisi keuangan yang ada. Cicilan dan angsuran yang rasanya tidak mungkin dilunasi langsung, sebaiknya tetap dibiarkan saja. Hanya saja, resolusinya adalah untuk selalu membayar tepat waktu.

Lebih baik menyiapkan seawal mungkin dana untuk membayarnya, daripada nantinya ada bunga atau denda yang harus dibayarkan. Bukankah begitu?

 

Resolusi Keuangan Makin Mudah Dengan Financial Check Up

Beberapa hal di atas memang bisa saja langsung dilakukan. Langsung diaplikasikan ketika Anda menyusun anggaran pengeluaran setiap bulan, membuat keputusan dalam mengajukan utang, berinvestasi, dan lain sebagainya.

Ada hal lain yang akan memudahkan Anda dalam beresolusi soal keuangan di tahun 2021, yang tak lain adalah financial check up. Financial check up disarankan untuk dilakukan seawal mungkin supaya Anda tahu dulu bagaimana kondisi keuangan yang sekarang.

Di Aplikasi Finansialku, Anda bisa melakukan financial check up dengan gratis dan mudah, lengkap dengan konsultasi yang bisa langsung kamu lakukan bersama CFP (Certified Financial Planner) Finansialku, salah satunya saya.

Gunakan free trial aplikasi Finansialku premium selama 30 hari, dan berlangganan Rp 300 ribu untuk penggunaan SATU TAHUN dengan kode promo CUAN50 untuk keuangan Anda yang lebih baik.

Selain financial check-up dan konsultasi, ada banyak fitur lainnya yang membantu kamu mengatur keuangan lho. Download aplikasinya sekarang untuk keuanganmu yang lebih baik dan wujudkan resolusi keuanganmu tahun ini!

 

Siap untuk membuat resolusi sesuai dengan informasi penting di atas? Jangan lupa bagikan juga inspirasi ini pada orang terdekat Anda ya, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/2KdbNw9
  • 02 – https://bit.ly/3spHymM