Para investor, yuk simak review aplikasi Stockbit berikut ini mulai dari cara pendaftaran hingga cara beli saham. Siapa tahu kamu bisa lebih explore lagi mengenai dunia saham.

 

Stockbit, Aplikasi Analisis dan Diskusi Saham

Stockbit adalah aplikasi saham. bukan aplikasi sekuritas, meskipun bisa buka rekening saham dari Stockbit. Jadi buat yang mengira Stockbit adalah aplikasi buatan sebuah sekuritas, itu salah.

Stockbit dibuat sebagai aplikasi saham untuk analisis dan diskusi dengan investor saham lain (walaupun kita ga kenal).

Hadirnya Stockbit memberikan warna baru di dunia investasi saham, fungsi dan tampilan yang baik dan lebih menarik, warna yang enak dipandang dan informasi yang terstruktur sehingga mudah dipahami oleh semua orang.

Stockbit bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas (Simas) untuk bisa bertransaksi real time melalui Stockbit. Mereka merupakan 2 perusahaan berbeda yang saling bekerja sama saja.

Simas mendapatkan nasabah, sementara Stockbit bisa mendapat fitur untuk transaksi jual beli saham secara real time.

Review Aplikasi Stockbit Informasi Cara Daftar dan Cara Beli Saham 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Saham dengan Cuan Ratusan Persen, Jawab Pertanyaan Ini]

 

Kalau kita mau buka akun Stockbit saja, tanpa buka rekening saham (RDN) Sinarmas juga boleh, kok.

Tidak hanya itu, fungsi aplikasi Stockbit ini juga bisa layaknya media sosial para investor yang dapat membuat status, polling, prediksi dan banyak lagi, sehingga membuat aplikasi Stockbit menjadi lebih powerfull.

Sekitar 70% aplikasi investasi bawaan sekuritas banyak yang susah di pahami oleh pemula, namun tidak untuk Stockbit. Jika tetap kebingungan, bahkan di dalam Stockbit disediakan panduan dan teknikal support.

 

Gambaran Umum Stockbit

Untuk memulai kamu bisa membuka website www.stockbit.com kemudian daftar terlebih dahulu menggunakan Gmail atau email biasa, bisa juga menggunakan akun Facebook. Bagi yang sudah mempunyai akun, bisa langsung login saja.

Selanjutnya kamu diminta untuk mencantumkan nomor handphone untuk verifikasi. Ingat, satu akun hanya bisa satu nomor handphone saja. Setelah itu, kamu akan menerima kode pemberitahuan, kemudian kode tersebut ditulis pada kolom verifikasi.

 

Akun Premium

Bagaimana caranya agar bisa mendapat akun premium? Ada 2 alternatif, yang pertama kamu membayar bulanan pada Stockbit, dan yang kedua kamu membuka akun Sinarmas Sekuritas dan Deposit sebesar Rp 5 juta.

Ini hanya deposit saja, uang Rp 5 juta masih tetap milik kamu dan dapat ditarik kapanpun.

Jika kamu ingin menggunakan Stockbit, disarankan untuk menggunakan alternatif yang kedua ini. Mungkin berat bagi kamu yang belum siap dana 5 juta, tetapi ini hanya deposit saja seperti yang disebutkan di atas.

Toh, nantinya kamu akan menikmati fitur-fiturnya yang powerfull.

 

Menu-Menu Stockbit

Menu Stockbit dibagi menjadi 4 kategori menu yaitu, Stream, Analysis, Screener dan Optional Feature.

 

#1 Stream

Update Status

Sudah dibahas di atas bahwa dalam Stockbit layaknya seperti media sosial, yakni para investor bisa update status. Namun, jangan menganggap remeh.

Jika setiap kamu update status dan statusmu bermanfaat bagi para investor lain, maka investor lain bisa saja memberikan kamu tip melalui Gopay. Enak ‘kan?

Contohnya, jika kamu memposting analisis kamu, prediksi saham emiten X akan naik dan ternyata itu terjadi, maka orang-orang yang mendapatkan keuntungan bisa memberikan kamu tip, tapi kembali lagi seberapa dermawan orang-orang tersebut.

Di dalam Update Status ini terdapat beberapa kategori yang dapat kamu sesuaikan seperti News, Report, Ideas, Prediction, Chart dan Insider. Kamu bisa memilih apa saja yang ingin kamu baca dan pelajari.

 

Chatting

Selain kamu belajar saham secara otodidak, kamu juga bisa belajar dengan investor lain melalui fitur chating ini.

Review Aplikasi Stockbit Informasi Cara Daftar dan Cara Beli Saham 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Menghitung Kinerja Portofolio Saham Kamu]

 

#2 Analysis

Watchlist

Fitur ini berfungsi untuk mencantumkan saham apa saja yang ada di dashboard kamu agar kamu bisa lebih sering memantau pergerakan harga. Terdapat pula shortcut buy/sell sehingga memudahkan kamu dalam membeli dan menjual.

Di Watchlist ini kamu juga bisa menambahkan sub-sub watchlist. Misalkan, kamu ingin menambahkan kategori Tambang atau apapun kamu bisa melakukan kustomisasi di sana dengan penamaan kategori yang bebas.

 

Chartbit (Pro Only)

ini adalah fitur grafik harga saham berupa candle chart dan data yang disajikan adalah data real time saat ini.

Di sini juga terdapat fitur yang sangat banyak mulai dari analisis teknikal dan fundamental, serta kamu bisa membuat rumus dan analisa sendiri menggunakan Tools Drawing.

 

Bandarrmologi (Pro Only)

Ini fitur yang sangat disukai para penggiat scalper, karena Stockbit bisa mendeteksi saat saham ini diborong para investor besar, sehingga berdampak harga saham langsung naik pesat, dan sebaliknya.

Terdapat 2 indikator pada bandarrmologi yaitu Akumulasi dan Distribusi. Jika akumulasi, maka investor-investor besar sedang membeli saham dan sebaliknya. Dengan fitur ini kamu bisa tahu kemungkinan suatu saham akan naik atau turun.

Selain itu, di bagian bandarrmologi terdapat broker summary. Broker summary ini menampilkan Top 10 sekuritas mana yang membeli dan menjual saham ini.

 

Hotlist (Pro Only)

Fitur hotlist ini menampilkan saham-saham mana yang mendapatkan kenaikan dan penurunan harga paling banyak.

 

Orderbook

Fitur ini menampilkan secara real time jumlah supply and demand setiap list harga pada setiap saham perusahaan. Orderbook ini kamu bisa menampilkan lebih dari satu perusahaan.

Kamu juga bisa menambahkan kategori-kategori yang dapat kamu beri penamaan secara bebas, dan tersimpan. Ini dapat kamu buka kapan saja ketika kamu butuhkan untuk memantau transaksi saham-saham yang sudah kamu pilih.

 

Valuasi (Pro Only)

Fitur ini hanya menampilkan seberapa besar valuasi perusahaan tersebut dan membandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain.

 

Financial (Pro Only)

Fitur financial dapat memudahkan kamu menganalisis emiten dari laporan keuangan. Laporan keuangan dapat ditampilkan Quarterly (per 4 bulanan), Tahunan, YTD, 3 Tahunan, dan masih banyak lagi.

Selain itu terdapat juga Key Ratio, ini adalah sebuah analisis formula perbandingan dari laporan keuangan, contohnya perbandingan laba dengan beban perusahaan, EPS, PER, PBV dan lain-lain.

 

Key Stat (Pro Only)

Ini adalah sebuah analisa lebih detail berupa rasio-rasio suatu emiten saham. Semua fitur rasio untuk analisa fundamental yang kamu butuhkan ada semua di sini, bahkan lebih detail dalam kurun waktu mingguan.

 

Profile (Pro Only)

Fitur ini berfungsi menjelaskan profil dan gambaran umum emiten, lengkap dengan siapa pejabat-pejabat yang ada di dalamnya.

Selain itu, juga dijelaskan berapa saham yang beredar, siapa pemegangnya, dan masih banyak lagi sehingga para investor memiliki gambaran perusahaan yang dipegangnya.

 

Seasonality (Pro Only)

Fitur ini membantu investor untuk mengetahui trend pada suatu emiten. Trend ini berdasarkan kecenderungan naik dan turun di bulan-bulan apa saja. Jadi, investor bisa menganalisis berdasarkan kecenderungan di bulan-bulan tertentu.

Review Aplikasi Stockbit Informasi Cara Daftar dan Cara Beli Saham 03 - Finansialku

[Baca Juga: Meraih Kebebasan Finansial Dengan Investasi Saham? Begini Caranya!]

 

#3  Screener

Screener berfungsi untuk memfilter emiten sesuai dengan karakteristik yang kamu tentukan sebelumnya.

Jadi, kamu tidak kesulitan untuk memilih emiten apa yang sesuai kamu, karena jumlah emiten di Bursa Efek Indonesia sekitar ratusan hampir ribuan yang sangat tidak mungkin bagi investor memilah satu persatu.

Karakteristik dapat kamu sesuaikan berdasarkan fundamental dan teknikal, misalnya “PBV yang lebih dari 1”, maka otomatis akan menampilkan perusahaan yang memiliki rasio PBV yang lebih dari 1.

Misalnya lagi, “Moving Average Cross Up” maka akan menampilkan emiten yang indikator teknikal MA-nya yang sedang berpotongan ke atas.

 

#4 Optional Feature

Price Alert (Pro Only)

Fitur ini berguna untuk seorang investor yang tidak banyak waktu luang, karena akan diberi peringatan saat harga saham emiten memenuhi syarat yang sudah ditentukan.

Contohnya, kamu bisa menambahkan beberapa perusahaan misalnya “ADHI” dan parameter kedua adalah posisi harga, di sini MSI contohkan “> 1580” yang artinya jika saham ADHI lebih besar dari 1580, Stockbit akan memberikan peringatan kepada investor.

Untuk apa? Mungkin untuk menjual saham ADHI atau membelinya kembali yang penting kita tahu harga saat itu dan tidak terlewat momennya.

 

Helpdesk

Yang paling disukai adalah fitur ini. Aplikasi Stockbit menyediakan fitur Helpdesk berupa chat kepada Customer Service terkait kendala atau apapun yang belum investor pahami dan CS Stockbit akan membantunya.

Ini sangat berbeda pada aplikasi sekuritas lain. Walaupun tetap ada CS, namun user tidak dipermudah untuk menanyakan kendalanya.

 

Fitur-Fitur Stockbit

Apa saja yang bisa kita lakukan dan dapatkan di aplikasi Stockbit?

 

#1 Fitur Stockbit Basic

Kalau akun kita baru aktif, fitur yang bisa digunakan adalah standard basic seperti yang aplikasi sekuritas lain tawarkan. Beberapa menu yang ada di fitur ini adalah:

  • Watchlist saham
  • Data finansial dan profil emiten
  • Berita emiten

 

#2 Stream Saham

Ini yang agak berbeda dari aplikasi saham lain. Biasanya aplikasi saham isinya hanya data. Sedangkan di Stockbit ada stream saham. Semacam media sosial di mana para investor bisa saling diskusi, tulis prediksi atau analisis pribadi.

Tertarik? Tapi hati-hati ya. Kadang kita bisa terpengaruh dengan mindset dan analisis orang lain, aliasnya kena pompom.

 

#3 Stockbit Pro Tools

Ini yang mungkin menjadi poin plus Stockbit. Fiturnya menarik seperti yang tadi kita bahas pada poin Fitur Stockbit di atas. Tapi sayangnya fitur ini tidak gratis. Untuk pro tools, yang memberi kemudahan bagi kita harus berbayar, nih.

Harganya adalah sebagai berikut:

  • Rp 250.000/bulan untuk 1 bulan
  • Rp 200.000/bulan untuk 6 bulan
  • Rp 150.000/bulan untuk 12 bulan

 

Jika kamu tertarik, kamu bisa buka RDN saham melalui Stockbit itu. Nanti akan dibukakan rekening di Sinarmas Sekuritas. Lalu, deposit minimal Rp 5 juta (bisa dipakai untuk transaksi), maka akun kita menjadi auto Stockbit Pro for lifetime.

Tapi begitu saldo + equity (saham) kita < Rp 5 juta, Stockbit Pro akan mati. Tinggal top up lagi saja.

 

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Kelebihan Stockbit

Selain fitur dan menu yang menarik, aplikasi Stockbit juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan aplikasi saham lainnya. Kelebihan aplikasi Stockbit, yaitu:

 

#1 UI/UX Design Bagus

Tidak heran karena Stockbit adalah saudara dengan Bibit (aplikasi reksa dana). Kedua aplikasi punya design yang bagus, simpel dan mudah digunakan.

Meskipun toolsnya banyak, tapi kita yang pemula bisa menggunakan fitur tersebut.

 

#2 Fitur Banyak dan Cukup Lengkap

Terdapat beberapa fitur yang belum ada di aplikasi lain. Di Stockbit, kamu bisa memunculkan rasio-rasio yang sebelumnya kamu tidak tahu. Jadi, kamu bisa sekalian belajar.

 

#3 Fee Jual/Beli

Sebenarnya, ini harusnya tergantung dari sekuritas. Tapi, karena ini mempengaruhi review Stockbit juga. Fee jual/beli = 0,15%/0,25%. Kalau day trade = 0,125%/0,225%.

Fee ini tergolong murah yang bisa didapatkan hingga saat ini.

 

#4 Live Support

Ketika kamu ada kesulitan atau pertanyaan, kamu bisa chat langsung dengan team supportnya. Dalam waktu singkat pasti akan dijawab. Tapi, perhatikan pula waktu chat-nya ya, jangan chat di tengah malam.

 

Kekurangan Stockbit

Sebuah aplikasi yang baik dan bagus sekalipun pastilah memiliki kekurangan atau kelemahannya dibandingkan dengan aplikasi lain.

Begitu pula dengan Stockbit, yang masih memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan itu adalah sebagai berikut.

 

#1 Belum Dilengkapi Fitur Order

Dengan kecanggihan fitur yang lain, tapi tidak bisa Trailing Stop, Stop Loss, ataupun GTC. Padahal, itu sangat membantu bagi kita yang bukan full time investor/trader yang setiap saat memantau pergerakan harga.

Dalam aplikasi Stockbit hanya bisa pasang Price Alert. Itupun kalau selalu standby.

 

#2 Berbayar

Kalau mau pakai yang Stockbit Pro sayangnya harus bayar. Tapi, ini bisa diatasi dengan buka RDN Sinarmas melalui Stockbit seperti penjelasan di atas.

 

#3 RDN Bank Sinarmas

Kalau buka RDN Sinarmas, bank pilihannya hanya Sinarmas.

 

#4 Tidak Bisa Cek Mutasi Saldo

Walaupun sudah kerja sama dengan Bank Sinarmas, tapi ada fitur yang tidak muncul di Stockbit. Salah satunya adalah cek mutasi saldo.

Jadi kalau ada selisih dari perhitungan, kita harus buka aplikasi Sinarmas (Simas Equity versi desktop).

 

Nah, Sobat Finansialku itulah penjelasan review lengkap aplikasi Stockbit yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan trading kamu. Jika kamu memiliki pandangan lain, kamu bisa share cerita kamu di kolom komentar, ya.

Jangan lupa untuk bagikan pula artikel ini pada kawan-kawan trader lainnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Margaret. 29 Agustus 2020. Review Stockbit, Aplikasi Saham. Margaret.idhttps://bit.ly/3aVJvAX
  • Supomo Hanasti. 28 Agustus 2019. Pengalaman Buka Akun Trading Saham di Stockbit. Cendhela.com – http://bit.ly/3suz6C5
  • Supomo Hanasti. 2 Januari 2020. Review Aplikasi Stockbit versi Mobile. Cendhela.com – http://bit.ly/3sHcP4f
  • Andy Resta Pradika. 16 Januari 2020. Stockbit, Aplikasi Investasi Saham Generasi Milenial. Mastersaham.com – https://bit.ly/3qYi0fB

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi 1 – http://bit.ly/3lxpPGW
  • Aplikasi 2 – http://bit.ly/3vHk1j1
  • Aplikasi 3 – http://bit.ly/3lzwjVK
  • Aplikasi 4 – http://bit.ly/3r3CYc0