Review keuangan keluarga di akhir tahun adalah hal yang penting dan wajib dilakukan. Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan berbagi hal – hal apa saja yang harus di-review dalam keuangan keluarga di akhir tahun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apakah Review Keuangan Keluarga, itu Penting?

Menurut Anda apakah perlu melakukan review keuangan keluarga di akhir tahun? Menurut kami, perencana keuangan independen Finansialku melakukan review keuangan keluarga di akhir tahun adalah hal yang sangat penting. Hasil review keuangan keluarga di akhir tahun dapat dijadikan bahan perbaikan dalam mengelola keuangan keluarga di tahun depan. Plus kita dapat mengetahui, apakah kita sudah mulai mencapai tujuan-tujuan keuangan kita.

 

Review Keuangan Keluarga di Akhir Tahun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan Keluarga dengan Benar?]

 

Setiap orang tentu berkeinginan hari ini lebih baik dari pada hari kemarin. Hari yang akan datang harus lebih baik daripada hari ini. Hal tersebut berarti kita perlu adanya perbaikan (improvement). Bagaimana kita bisa melakukan perbaikan, kalau kita tidak tahu kondisi saat ini itu seperti apa, kondisi yang masa lalu seperti apa. Disitulah peran review keuangan keluarga

 

Review Keuangan Keluarga #1 – Pendapatan dan Pengeluaran

Pertama dan yang paling penting yaitu pendapatan dan pengeluaran. Apakah saat ini Anda merasa gaji masih numpang lewat di ATM? Apakah sumber pendapatan masih dari gaji, bonus dan tunjangan? Apakah Anda tidak pernah bisa menabung atau berinvestasi?

Tidak ada salahnya Anda mulai bicarakan dengan pasangan Anda untuk mulai memperbaiki cara mengelola keuangan keluarga. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki pemasukan dan pengeluaran. Ada seorang ahli keuangan Amerika bernama Robert G. Allen yang mengenalkan istilah multiple streams of income. Coba pelajari ide Beliau mengenai multiple streams of income dan coba praktekan.

 

[Baca Juga: Cara Sejahtera dengan Multiple Streams of Income, Robert G. Allen]

 

Review Keuangan Keluarga #2 – Investasi

Apakah Anda pernah menghitung berapa jumlah investasi Anda saat ini? Coba cek performansi dari investasi Anda pada akhir tahun? Lakukan perhitungan kembali sesuai dengan tujuan-tujuan keuangan Anda. Tidak ada salahnya melakukan re-balancing (memperbaiki komposisi investasi).

 

[Baca Juga: Investasi Ibarat Menanam Pohon]

 

Contoh Jika saat ini performansi investasi saham kurang bagus, tidak ada salahnya sedikit dialihkan ke produk investasi lainnya. Jika ada reksa dana yang hasil investasinya kurang bagus, alihkan ke produk reksa dana yang lebih baik

 

Review Keuangan Keluarga #3 –  Asset dan Kewajiban

Asset dan kewajiban (utang) adalah hal yang tidak boleh luput dari review keuangan keluarga akhir tahun. Anda harus mengetahui posisi aset yang Anda miliki dan posisi utang. Apakah aset Anda masih dapat menutupi utang-utang Anda? Apakah aset yang Anda miliki menghasilkan pemasukan untuk Anda? Apakah utang-utang Anda saat ini tergolong utang produktif atau utang konsumtif?

 

[Baca Juga: Perbedaan Utang Produktif dan Utang Konsumtif?]

 

Review Keuangan Keluarga #4 –  Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga

Lakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan keuangan keluarga. Pertahankan item-item yang sudah sehat dan perbaiki item-item yang masih belum sehat. Pengecekan kondisi kesehatan keuangan keluarga, dapat dilakukan dengan menghubungi perencana keuangan independen Finansialku. Pengecekan dimulai dari kondisi likuiditas keuangan, kondisi arus kas (cash flow) bulanan, kekayaan bersih, solvabilitas dan lain sebagainya.

 

[Cek Sekarang: Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga]

 

Review Keuangan Keluarga #5 –  Rencana Keuangan

Terakhir dan juga yang terpenting yaitu review rencana keuangan (financial planning). Lakukan review apakah rencana keuanga dapat dieksekusi sesuai dengan rencana yang dibuat? Apakah Anda sudah melangkah mendekat pada tujuan keuangan Anda? Apakah sudah ada terasa perubahan kondisi keuangan ke arah yang lebih baik? Dan lain sebagainya.

 

[Baca Juga: Keluarga Anda butuh Rencana Keuangan]

 

Kesimpulan

Pada dasarnya review keuangan keluarga pada akhir tahun adalah siklus dalam perencanaan keuangan keluarga. Peranan review berguna sebagai bahan perbaikan di tahun-tahun selanjutnya. Anda dapat mulai melakukan review atau diskusi mengenai Jasa Perencana Keuangan.

 

Menurut Anda: Jika Anda saat ini me-review keuangan keluarga, kira-kira hal apa yang masih kurang baik?

 

Image Credit:

  • Happy Family – http://goo.gl/vLKoxD

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang