Siapakah orang yang bertanggung jawab atas keuangan keluarga Anda? Banyak orang masih belum menyadari siapa yang harus bertanggung jawab dengan keuangan keluarganya sendiri.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Keuangan Keluarga adalah Tanggung Jawab Pribadi

Menurut Anda, siapakah orang yang paling bertanggung jawab dengan kondisi keuangan keluarga Anda? Apakah pemerintah? Apakah perusahaan? Atau Diri Anda sendiri?

Revolusi Mental, Keuangan Keluarga adalah Tanggung Jawab Pribadi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Memandang Uang dengan Sudut Pandang yang Berbeda]

 

Sejatinya orang yang harus paling bertanggung jawab dengan keuangan keluarga adalah Anda dan pasangan. Bukan pemerintah, juga bukan perusahaan. Pemerintah membuat undang-undang, seperti undang-undang menegenai gaji, jaminan kesehatan (BPJS Kesehatan), jaminan hari tua (BPJS Ketenegakerjaan), tabungan rumah (TAPERA) dan lain sebagainya. Perusahaan juga berusaha menjalankan tanggung jawabnya, dengan memberi gaji, bonus, tunjangan dan fasilitas lainnya.

 

Realita: Menyalahkan Pemerintah dan Perusahaan, karena Keuangan Keluarga yang Buruk

Banyak orang yang tidak tahu cara mengelola keuangannya, sehingga berakibat buruk dengan kondisi keuangan keluarga. Ujung-ujungnya mencari kambing hitam dan menyalahkan pemerintah atau perusahaan.

[Baca Juga: Karyawan Butuh Perencanaan Keuangan

 

Permasalahan sebenarnya, bukan berapa besar gaji atau berapa besar kenaikan gaji seseorang. Permasalahan utamanya adalah bagaimana Anda mengelola keuangan keluarga Anda? Apakah Anda sudah mengelola keuangan keluarga Anda dengan benar? Contoh:

  • Bagaimana cara Anda membelanjakan pendapatan Anda?
  • Apakah Anda sudah memaksimalkan sumber pendapatan Anda?
  • Apakah Anda sudah memiliki dana darurat?
  • Apakah Anda sudah memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan?
  • Apakah Anda sudah memiliki dan menjalankan rencana keuangan?
  • Apakah Anda sudah berinvestasi, sesuai rencana keuangan?

 

Merubah Mindset, Lakukan Perubahan, Jadikan Kebiasaan dan Jadilah Sukses

Jika Anda memiliki banyak jawaban belum, berarti Anda perlu melakukan perubahan atau merevolusi cara Anda mengelola keuangan keluarga. Pertama rubah mindset atau cara berpikir Anda. Mindset yang benar dalam mengelola keuangan adalah: keuangan keluarga adalah tanggung jawab pribadi dan pasangan.

 [Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Setelah itu lakukan perubahan dalam cara mengelola keuangan, misal membuat anggaran, mencatat keuangan, berdonasi, berinvestasi, memiliki asuransi, memiliki dana darurat dan menjalankan rencana keuangan.

Perubahan tersebut harus dijalankan secara konsisten, sabar dan ditekuni. Lama-kelamaan perubahan tersebut menjadi kebiasaan dan gaya hidup (lifestyle) yang baru. Setelah Anda menjalankan hal tersebut, Anda sudah berjalan di arah yang benar. Tentu saja Anda berpeluang untuk segera mencapai kesuksesan finansial.  

 

Apakah Anda pernah merasa frustasi dengan kondisi keuangan keluarga Anda? Apa yang Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi tersebut?

 

Sumber Gambar:

  • Move On – http://goo.gl/fOm7gO

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang