Risiko P2P Lending tentu sejalan dengan penawarannya yang menggiurkan. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya ketahui risikonya terlebih dulu, ya!

 

Tonton ratusan video informatif lainnya di kanal YouTube resmi Finansialku, ya!

 

Jangan lupa tekan tombol subscribe di bawah ini agar Anda tidak terlewat video eksklusif terbaru dari Finansialku!

 

 
 
 

Ini Dia Risiko P2P Lending

Dengan menawarkan istilah high risk high return besar, P2P tentunya banyak dilirik oleh para pegiat investasi.

Berikut Finansialku simpulkan kira-kira apa saja, sih, risiko yang membayangi P2P Lending ini:

 

#1 Pastikan Sudah Dalam Pengawasan OJK

Jangan sampai Anda lalai dalam memilih platform yang sudah terdaftar di OJK, ya! Karena nyatanya, terdapat beberapa lembaga P2P lending yang belum mendaftarkan lembaganya ke OJK, lho!

 

#2 Track Record Pengelola

Secara praktikal, saat Anda masuk ke website P2P lending sebagai investor, akan disediakan beberapa data yang dapat dijadikan komparasi untuk Anda. Tapi tetap saja, data itu punya keterbatasan dan tidak semua ditampilkan.

Oleh karena itu, diperlukan kebijakan Anda sebagai calon investor untuk melakukan komparasi seperti konsultasi dengan para ahli atau pihak-pihak yang kredibel melalui aplikasi Finansialku, karena Finansialku menyediakan beragam konsultan yang sudah ahli dan kredibel di bidangnya.

 

Dengan berkonsultasi bersama para ahli melalui aplikasi Finansialku, Anda tentu akan mendapatkan gambaran yang lebih mendalam dan menyeluruh soal platform P2P lending!

 

#3 Kreditur Menunggak, Risiko Ditanggung Investor

Anda perlu mengetahui fakta, ketika Anda menjadi investor, maka risiko gagal berbayar akan ditanggung oleh Anda sepenuhnya, ya!

 

#4 Risiko Operasional, Bangkrut dan Dibawa Lari

Selain risiko kredit, terdapat juga risiko operasional, di mana dana yang Anda setorkan ke pengelola P2P lending hilang atau bahkan disalahgunakan yang memungkinkan pengelola P2P lending mengalami kebangkrutan, lho!

 

#5 Tidak Bisa Menarik Investasi di Tengah Jalan

Berbeda dengan bank, ketika Anda berinvestasi di P2P lending, Anda tidak bisa menarik uang kapan saja semau Anda, lho!

 

Kalau sudah subscribe, jangan lupa tekan ikon lonceng supaya Anda mendapatkan notifikasi video-video eksklusif terbaru finansialku.com, ya!