Rizky Wirogo adalah seorang pemuda yang saat ini menjabat sebagai founder INSTANID. Apa saja sih tips suksesnya?

Yuk… langsung saja simak selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Rizky Wirogo Membangun Bisnis di Usia Muda

Saat merintis INSTANID, Rizky Wirogo merupakan seorang mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Indonesia.

Rizky dengan beberapa temannya awalnya mengadakan sebuah riset kecil-kecilan seperti jurnal, riset sekunder dan riset jenis lainnya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Hal ini memang sesuatu yang diajarkan dalam perkuliahan di jurusan yang ia pilih, yang kemudian dirasa bisa menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat.

Dan ternyata, usaha yang mereka lakukan ini mendapat respon yang cukup baik, khususnya bagi yang membutuhkan jasa mereka.

Hingga akhirnya, dengan bantuan dari Universitas Indonesia, Rizky dan beberapa temannya mulai mendirikan sebuah perusahaan di tahun 2016, yang kala itu telah memiliki sejumlah klien dari Sumatera hingga Bali. Perusahaan inilah yang kemudian dikenal dengan nama INSTANID.

Namun meskipun telah memiliki cukup banyak klien, ternyata tidak adanya platform sendiri juga menjadi salah satu penghalang sehingga mereka tidak bisa menjangkau lebih banyak orang, dan hanya mampu mengerjakan sedikit dalam satu hari.

 

Serius Membangun INSTANID

Setelah selesai menempuh perkuliahannya, Rizky dan teman-teman di INSTANID mulai merubah arah bisnisnya sebagai perusahaan pemasaran, yang menjangkau riset pasar dan iklan.

Pada platform resminya, INSTANID menawarkan data yang bisa didapat oleh pelanggan. Terdapat berbagai jenis data yang bisa didapati oleh pelanggan, beserta riset yang telah dilakukan oleh INSTANID. Data tersebut berupa data kependudukan, data asuransi hingga data bank dan data-data penting lainnya.

Founder Money Cara Sukses ala Rizky Wirogo, Founder INSTANID 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Muhammad Assad, Co-Founder Startup Tamasia]

 

INSTANID juga telah membangun hubungan kerjasama dengan salah satu lembaga penelitian yang ada di Indonesia, sehingga pelanggan juga bisa mendapati berbagai jenis riset berdasarkan data terbaru, seperti riset pasar, competitor dan yang lainnya.

Untuk berlangganan di INSTANID, perusahaan bisa membayar sekitar Rp 500 ribu untuk jangka waktu 6 bulan.

Sedangkan apabila sebuah perusahaan ingin memesan sebuah riset, harganya dimulai dari Rp 25 juta, tergantung jenis riset yang dilakukan.

Nah… melihat bisnis yang ia jalankan, mungkin sekilas kita akan beranggapan bahwa jalan yang ditempuh oleh Rizky Wirogo dan teman-temannya begitu lancar dan berjalan tanpa ada masalah yang berarti.

Namun ternyata, untuk membangun bisnis ini mereka telah menghadapi begitu banyak tantangan bahkan kegagalan.

Salah satu tantangan yang besar ialah bagaimana mereka harus meyakinkan pelanggan agar memberi kepercayaan pada INSTANID yang termasuk perusahaan start-up. Selain itu tidak jarang tim INSTANID mengalami kesulitan dalam melakukan riset yang begitu mendetail.

Tetapi tim ini tidak berhenti begitu saja, tetapi malah semakin mengasah kemampuan dan belajar lebih banyak sehingga bisa mengatasi masalah tersebut.

Semangat dan usaha mereka dalam membangun bisnis merupakan satu hal yang wajib banget untuk diteladani oleh setiap orang yang ingin terjun dalam dunia bisnis.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Pentingnya Mengatur Keuangan dalam Mengembangkan Usaha

Menurut Rizky, salah satu hal yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah usaha ialah mengatur keuangan.

Pasalnya, apabila perencanaan keuangan tidak baik dan amburadul, maka bisnis juga akan menjadi amburadul.

Pengusaha tidak akan bisa menjalankan operasional sebagaimana mestinya, bahkan tidak bisa mengembangkan bisnisnya dengan baik karena mengalami masalah dalam hal keuangan.

Bahkan untuk urusan pribadi sekalipun, mengatur dan merencanakan keuangan adalah salah satu hal yang wajib.

Founder Money Cara Sukses ala Rizky Wirogo, Founder INSTANID 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ngobrol Bareng Muhammad Hanif Co-Founder TANAMDUIT Yuk!]

 

Nah… mengatur keuangan ini biasanya dilakukan dengan mencatat pada sebuah buku ataupun dengan menggunakan Excel. Hanya saja, untuk era saat ini, kedua cara tersebut sepertinya sudah kurang efektif.

Salah satu alasannya ialah kamu tentu tidak dapat selalu membawa komputer kemana-mana.

Karenanya, kamu bisa mengganti cara itu dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Pada aplikasi ini, pengguna dapat merencanakan keuangan secara mendetail, dan mengatur keuangannya dengan baik.

Aplikasi Finansialku memiliki berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan hal tersebut, seperti fitur budgeting, pencatatan pemasukan, pencatatan keuangan, fitur rencana keuangan seperti dana menikah hingga dana perjalanan, hingga fitur Finansialku Check Up yang akan memberi laporan mengenai seberapa sehat keadaan finansial kamu.

Selain itu, dengan berlangganan Aplikasi Finansialku, kamu juga berkesempatan untuk berkonsultasi mengenai masalah keuangan yang sedang kamu hadapi kepada perencana keuangan yang telah ahli di bidangnya.

Nah… itulah beberapa alasan mengapa kamu perlu menggunakan Aplikasi Finansialku sekarang juga!

playstore icon
appstore icon

 

Ingin Sukses? Usaha dari Sekarang!

Menurut Rizky Wirogo, pebisnis yang sukses adalah mereka yang mampu mengeksekusi setiap yang ada.

Jadi bagi kamu yang ingin sukses, maka mulailah usaha kamu secepat mungkin, dan tentunya mulai mengatur keuangan dengan baik bersama Aplikasi Finansialku.

Yuk simak wawancara tim Finansialku dengan Rizky Wirogo pada video di bawah ini!

 

Nah… begitulah cara sukses ala Rizky Wirogo, founder INSTANID, serta alasan pentingnya mengatur keuangan, dan bila ada silahkan beri tanggapan kamu di kolom komentar.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar semakin banyak orang yang juga terinspirasi.

 

Sumber Gambar:

  • INSTANID 01 – https://bit.ly/30lHjO1
  • INSTANID 02 – https://bit.ly/2Ah8kYf
  • INSTANID 03 – https://bit.ly/2BN20IB