Memiliki rumah cluster adalah dambaan setiap orang, namun banyak sekali pilihan yang sering membuat bingung.

Pada artikel kali ini, Finansialku akan membahas serba serbi mengenai rumah cluster beserta keuntungan dan kerugiannya. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rumah Cluster

Pernahkah Anda melihat komplek perumahan yang hampir setiap rumahnya memiliki bentuk yang sama dan tidak memiliki pagar? Komplek perumahan tersebut dinamakan perumahan cluster.

Biasanya perumahan cluster berada di sebuah komplek perumahan besar dan di dalam komplek tersebut terdapat beberapa cluster yang berbeda.

Ciri-ciri rumah cluster biasanya tidak memiliki pagar, memiliki desain dan bentuk yang serupa serta memiliki fasilitas umum, seperti taman umum, security, pusat kebugaran, dan lain-lain.

Tentu setiap jenis pemukiman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan rumah cluster.

 

Kelebihan Rumah Cluster

Terdapat beberapa kelebihan yang dapat Anda rasakan dengan tinggal di rumah cluster. Mulai dari lingkungan yang lebih aman, terawat hingga nilai investasi yang lebih tinggi.

 

#1 Keamanan 24 Jam

Salah satu kelebihan yang selalu menjadi daya tarik perumahan cluster adalah keamanannya. Pintu masuk ke dalam dan keluar dari cluster biasanya akan dijaga oleh satpam dan memiliki pos satpam.

Bahkan ada beberapa cluster yang memisahkan pintu penghuni dengan tamu. Para tamu yang mengunjungi cluster dapat meninggalkan kartu identitas jika hendak memasuki area cluster.

Selain itu, biasanya satpam akan melakukan ronda berkala mengelilingi cluster untuk memastikan keamanan rumah. Dengan adanya keamanan maksimal ini, anak-anak pun dapat bermain dengan aman di lingkungan rumah.

Keuntungan dan Kekurangan Rumah Cluster, Harus Beli Gak Ya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Rumah Over Kredit. Yakin Aman? CEK Penjelasannya!]

 

#2 Lingkungan yang Terpelihara

Selain keamanan, rumah cluster biasanya dilengkapi dengan perawatan dan pemeliharaan area cluster. Ini termasuk jalanan di dalam cluster, taman umum, hingga pemungutan sampah.

Lingkungan cluster juga biasanya dilengkapi dengan taman kecil yang dilengkapi dengan tumbuhan dan tanaman hijau. Fasilitas penghijauan ini sudah termasuk dalam biaya pemeliharaan lingkungan yang Anda bayarkan tiap bulannya.

Desain rumah cluster juga rata-rata serupa. Hal ini membuat lingkungan rumah terlihat lebih tertib dan terurus. Kemiripan bentuk dan warna rumah ini juga yang membuat rumah cluster terlihat rapi.

 

#3 Nilai Investasi Tinggi

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan adalah properti. Salah satunya adalah rumah cluster.

Rumah cluster biasanya akan memiliki nilai investasi yang tinggi apalagi jika fasilitas yang diberikan sesuai dengan yang dijanjikan.

Selain itu, tingginya nilai investasi ini juga biasanya disebabkan oleh lokasi rumah cluster. Di awal launching, harga rumah cluster biasanya lebih rendah karena lingkungan yang masih belum ramai.

Semakin ramai dan lengkap fasilitas yang diberikan, nilai investasinya pun akan meningkat.

 

 

#4 Ruang Bersosialisasi yang Tidak Terbatas

Untungnya rumah tanpa pagar? Anda dan anggota keluarga lebih mudah bersosialisasi dengan tetangga. Tidak hanya membantu aktivitas sosial, mudahnya bersosialiasi dengan tetangga juga memungkinkan Anda untuk dapat saling membantu.

 

Kekurangan Rumah Cluster

Selain kelebihan di atas, terdapat beberapa kekurangan rumah cluster yang harus Anda pertimbangkan.

 

#1 Diperlukan Biaya Tambahan

Selain biaya air dan listrik yang Anda gunakan setiap bulan, tinggal di perumahan cluster juga mengharuskan Anda untuk membayar biaya pemeliharaan lingkungan.

Biaya ini biasanya sudah mencakup biaya keamanan, biaya pemungutan sampah, biaya kebersihan jalanan dan sebagainya. Jumlah biaya yang harus dibayar juga beragam, bergantung pada jenis dan luas rumah Anda.

Biaya ini biasanya akan dipungut setiap bulannya. Namun terkadang ada beberapa biaya ekstra yang digunakan untuk aktivitas sesama warga cluster. Misalnya ketika pesta menyambut tahun baru, biaya pungutan untuk RT dan semacamnya.

Keuntungan dan Kekurangan Rumah Cluster, Harus Beli Gak Ya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Rumah Mewah Minimalis & Rahasia Dapat Rumah Impian!]

 

#2 Harga yang Cenderung Tinggi

Kekurangan selanjutnya adalah harga rumah cluster yang cenderung tinggi. Karena fasilitas dan keamanan yang ditawarkan oleh perumahan cluster, biasanya harga yang dibanderol oleh para pengembang perumahan cukuplah tinggi.

Rumah cluster pun biasanya telah siap huni, dan bahkan ada beberapa yang dijual beserta dengan furniturnya. Jika dibandingkan dengan membangun rumah di area pemukiman, rumah cluster harganya akan lebih tinggi.

 

#3 Keterbatasan Akses

Memang perumahan cluster biasanya dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Namun jika perbedaan perumahan cluster dan pemukiman warga adalah akses untuk ke minimarket atau restoran yang lebih jauh.

Jika pada pemukiman warga, Anda mungkin dapat menemukan tempat tinggal yang bersebelahan dengan restoran, hal tersebut tidak berlaku pada perumahan cluster.

Tempat umum seperti rumah makan dan minimarket biasanya akan berada cukup jauh dari komplek perumahan. Tentu selain tempat umum, para penjual keliling tidak akan boleh masuk ke dalam perumahan.

Keuntungan dan Kekurangan Rumah Cluster, Harus Beli Gak Ya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Rumah? Ketahui Dulu Penjelasan KPR Di Sini!]

 

#4 Desain Rumah yang Monoton

Rumah cluster biasanya memiliki desain rumah yang sama satu dengan lainnya. Ini berarti para penghuni akan dibatasi dalam hal bentuk, warna rumah hingga desain rumahnya.

Hal ini mungkin merupakan kekurangan terutama bagi Anda yang menginginkan rumah dengan desain interior dan eksterior unik.

Namun Anda tetap dapat melakukan renovasi ulang setelah beberapa tahun jika memang rumah Anda telah membutuhkan perbaikan.

Keuntungan dan Kekurangan Rumah Cluster, Harus Beli Gak Ya 04 - Finansialku

[Baca Juga: AWAS Ketipu! Ketahui Dulu Tips Jitu Beli Rumah Bekas di Perumahan]

 

Bijak Memilih Hunian yang Tepat

Setelah melihat kekurangan dan kelebihan perumahan cluster di atas, pastikan Anda sudah mengetahui hunian yang tepat untuk Anda dan keluarga. Bijaklah dalam memilih rumah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

Jika Anda masih bingung memilih hunian yang cocok, konsultasikanlah dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi yang tepat. Anda bisa terhubung dengan ahli keuangan dalam fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang tercatat dan diawasi OJK.

Download aplikasinya sekarang dan manfaatkan promonya karena ada potongan harga hanya dengan memasukkan kode promo: CUAN50 untuk jadi member PREMIUM dan memanfaatkan semua fasilitas Aplikasi Finansialku dengan leluasa.

playstore icon
appstore icon

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari hunian yang tepat. Bagikan artikel ini kepada teman atau keluarga Anda dan berikan pertanyaan Anda di kolom bawah ini.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Tinggal di Rumah Cluster? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya! Sejasa.com – https://bit.ly/32ZUcyB
  • Bernandine Natasha. 16 Maret 2020. Sedang Mencari Rumah? Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Rumah Cluster! Popmama.com – https://bit.ly/3f85P92
  • Elmi Rahmatika. 2 Mei 2019. Belum Banyak Yang Tahu, Ini 7 Keuntungan Tinggal Di Rumah Cluster. 99.co – https://bit.ly/2OYQf56

 

Sumber Gambar:

  • Rumah 1 – https://bit.ly/3gkSLig
  • Rumah 2 – https://bit.ly/3fgOkDG
  • Rumah 3 – https://bit.ly/2DtTb78
  • Rumah 4 – https://bit.ly/2D4TPbI