Auto reject BEI turun jadi 7 persen, diberlakukan mulai hari ini. Eh, 296 Saham kecantol!

Simak informasi lengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

296 Saham Kena Auto Reject BEI di Pasar Saham Hari Ini!

Kemarin, Bursa Efek Indonesia (BEI) atas perintah OJK (Otoritas Jasa Keuangan), mengubah ketentuan batas Auto Rejection Bawah (ARB) menjadi 7 persen dan mulai diberlakukan mulai hari ini, Jumat (13/03).

Peraturan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Perintah Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2A Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Surat Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00025/BEI/03-2020 perihal Perubahan Batasan Auto Rejection, dan Pengumuman PT Bursa Efek Indonesia tentang Saham yang Keluar dari Daftar Saham yang Diperdagangkan pada Sesi Pra-pembukaan.

Sebelumnya, sebagaimana diketahui, beberapa hari lalu baru saja ditetapkan kebijakan batas auto rejection bawah asimetris sebesar 10 persen.

Tapi melihat pasar saham yang kritis, akhirnya OJK memerintahkan BEI untuk menurunkan lagi batas auto reject bawah menjadi 7 persen, yang mulai diberlakukan hari ini.

Saham Defensif di Saat Resesi Ekonomi Global 01 - Finansialku

[Baca Juga: IHSG Hari Ini Kembali Menukik, Kapan BEI Berlakukan Protokol Krisis?]

 

Selain itu, OJK juga memberikan BEI perintah untuk meniadakan saham-saham yang bisa diperdagangkan pada sesi pra pembukaan (pre-opening).

“Dengan perintah ini maka surat OJK No. S-273/PM.21/2020 tentang Perintah Mengubah Batasan Auto Rejection pada Peraturan Perdagangan di Bursa Efek dicabut dan tidak berlaku.” Sebagaimana tertulis dalam surat yang dikutip dari laman cnbcindonesia.com, Kamis (12/03).

 

Berikut adalah rincian langkah-langkah yang diterapkan menganut pada Surat Keputusan di atas, sebagaimana dikutip dari beberapa sumber:

  • BEI mengubah batasan auto rejection bawah menjadi 7 persen, dari sebelumnya 10 persen, sehingga Jakarta Automated Trading System (JATS) akan melakukan auto rejection apabila harga penawaran jual atau permintaan beli saham yang dimasukkan ke JATS:
    • Lebih dari 35% di atas atau 7% di bawah acuan Harga untuk saham dengan rentang harga Rp50 – Rp200
    • Lebih dari 25% di atas atau 7% di bawah acuan Harga untuk saham dengan rentang harga lebih dari Rp200 – Rp5.000.
    • Lebih dari 20% di atas atau 7% di bawah acuan Harga untuk saham dengan harga di atas Rp5.000.

  • BEI mengubah ketentuan auto rejection untuk perdagangan saham hasil Penawaran Umum yang pertama kali diperdagangkan di Bursa (perdagangan perdana) dari sebelumnya ditetapkan sebesar 2 kali dari persentase batasan auto rejection sebagaimana disebutkan di poin pertama, menjadi satu kali dari persentase batasan auto rejection.
  • BEI mengeluarkan seluruh saham dari daftar saham yang diperdagangkan pada sesi pra-pembukaan, sehingga tidak terdapat saham yang dapat diperdagangkan pada sesi pra-pembukaan.

 

Sementara itu, pada pembukaan perdagangan saham hari Jumat (13/03) ini, BEI sempat melakukan penghentian sementara perdagangan (trading halt) selama 30 menit setelah IHSG terkoreksi 5,01 persen di perdagangan pertama.

Adapun setelah kebijakan auto reject bawah 7 persen diberlakukan hari ini, Lasono W. Widodo selaku Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI melalui laman cnbcindonesia.com, mengatakan terdapat total 296 saham yang kena auto rejection.

“Last price IHSG 4.650,583. Total value transaksi Rp1,1 triliun. Jumlah saham yang terkena auto rejection bawah atau -7% sebanyak 296 saham.” Katanya, dikutip laman cnbcindonesia.com, Jumat (13/03).

 

Bagaimana pendapat sobat Finansialku fenomena ini? Menurut sobat Finansialku, butuh berapa lama pasar saham melakukan pemulihan setelah virus corona berhasil mengacak-acak ekonomi Indonesia?

Sampaikan pada kami melalui kolom komentar, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Dana Sugianto. 13 Maret 2020. Ingat! Saham Anjlok 7% Langsung Disetop BEI Mulai Hari Ini. Finance.detik.com – http://bit.ly/2IFsXy7
  • Ihya Ulum Aldin. 13 Maret 2020. Bursa Anjlok, Hari ini Aturan baru Auto Reject Berlaku Buat Saham IPO. Katadata.co.id – http://bit.ly/3aSwfKp
  • Monica Wareza. 12 Maret 2020. Bukan 10%, Mulai Besok Saham Jatuh 7% Kena Auto Reject!. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2IHlxu9
  • Monica Wareza. 13 Maret 2020. Jumat Kelabu, 296 Saham Kena Auto REject Bawah!. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/3b345N1
  • Annisa Ayu Artanti. 13 Maret 2020. Mulai Hari Ini Saham Turun 7% Langsung Auto Reject. Medcom.id – http://bit.ly/2wSmjlv
  • Admin. 13 Maret 2020. 296 Saham Kena Auto Rejection Bawah. Akuratnews.com – http://bit.ly/2Qbv94w