Seberapa penting merencanakan dana pendidikan anak untuk masuk playgroup (PG) dan taman kanak-kanak (TK)? Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai pentingnya merencanakan dana pendidikan anak dan tipsnya. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa pendidikan adalah hal yang paling penting, untuk masa depan anak. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan dari segi pengetahuan dan pembentukan karakter. Tentunya Anda menginginkan agar anak Anda mendapatkan pendidikan yang terbaik sejak awal, kan?

Seberapa Penting Merencanakan Dana Pendidikan Anak untuk Masuk PG dan TK - Apps - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pendidikan Jalan Menuju Kesuksesan]

 

Anak-anak mulai masuk sekolah, pada usia 3 tahun (playgroup – PG). Saat ini ada beberapa lembaga pendidikan (seperti PAUD – Pendidikan Anak Usia Dini) yang mulai menerima anak-anak berusia di bawah 2 tahun. Trend terbaru pendidikan anak usia dini (balita) adalah sekolah di international school atau mengenyam pendidikan di sekolah yang menggunakan lisensi international curriculum. Biasanya orang tua yang ingin menyekolahkan anak ke luar negeri, sudah mulai mempersiapkan pendidikan dengan standar luar negeri, mulai dai usia balita.

Seberapa Penting Merencanakan Dana Pendidikan Anak untuk Masuk PG dan TK - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Kuliah di Luar Negeri?]

 

Jika ditanya mengenai harga, tentu saja menyekolahkan anak ke international school atau berlisensi international curriculum pastinya lebih mahal. Harga pendidikan yang mahal, sebenarnya dapat mulai dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Berikut ini contoh perhitungan merencanakan dana pendidikan anak mulai dari TK dan Playgroup:

 

 

Sekolah di Sekolah Formal

Berikut simulasi perhitungan, adik Malika jika sekolah formal:

Seberapa Penting Merencanakan Dana Pendidikan Anak untuk Masuk PG dan TK - Simulasi 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Kesimpulan Perhitungan

Kekurangan dana pendidikan yang diperlukan MALIKA adalah RP. 29.170.196. Anda perlu berinvestasi sebesar RP. 8.011.589 per tahun (atau RP. 692.385 per bulan) dengan asumsi hasil investasi 10% per tahun..

 

Sekolah di International School

Berikut simulasi perhitungan, adik Malika jika sekolah international:

Seberapa Penting Merencanakan Dana Pendidikan Anak untuk Masuk PG dan TK - Simulasi 2- Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Kesimpulan Perhitungan

Kekurangan dana pendidikan yang diperlukan MALIKA adalah RP. 119.417.320. Anda perlu berinvestasi sebesar RP. 32.797.946 per tahun (atau RP. 2.834.496 per bulan) dengan asumsi hasil investasi 10% per tahun.

 

Anda dapat mencoba menghitung kebutuhan dana pendidikan anak Anda, dengan menggunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Bagaimana Cara Membiayai Dana Pendidikan Anak

Tahap selanjutnya setelah melakukan perhitungan adalah, mulai berinvestasi. Berbicara mengenai produk investasi, tentu jenisnya ada banyak sekali, tetapi mana yang paling cocok untuk kebutuhan membiayai dana pendidikan anak?

[Baca Juga: Pilihan Investasi untuk Membiayai Dana Pendidikan Anak]

 

Jika dilihat hasil perhitungan di atas, periode anak masuk sekolah adalah 3 tahun, jadi idealnya uang tersebut harus tersedia pada saat anak masuk sekolah. Berdasarkan perhitungan, didapat juga asumsi hasil investasi sebesar 10% per tahun.

Nah kita dapat mulai mencari produk-produk yang seusai dengan kebutuhan. Misal kita mulai dari deposito: deposito ternyata bisa digunakan untuk memenuhi jangka waktu 3 tahun, sayangnya bunga deposito kurang dari 10%. Jadi kita coba pertimbangkan produk investasi lainnya.

Kita coba bandingkan produk reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran. Untuk mempermudah melakukan pengecekan produk, Anda dapat memanfaatkan situs www.Bareksa.com dan lakukan pengecekan dengan Barometer Bareksa.

Seberapa Penting Merencanakan Dana Pendidikan Anak untuk Masuk PG dan TK - Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Barometer Bareksa, Memilih Reksa dana dengan Mudah]

 

Agar Anda tidak repot melakukan transaksi pembelian reksa dana setiap bulannya, gunakan fitur investasi autodebet.

 

Sudahkah Anda Mulai Merencanakan Dana Pendidikan Anak?

Seperti pada penjelasan di atas, dana pendidikan anak berapa pun biayanya dapat Anda rencanakan dan segera penuhi. Mulai dari melakukan simulasi dan perhitungan, berapa biaya yang dibutuhkan untuk uang pangkal (uang gedung, uang masuk) dan uang bulanan (uang sekolah, uang ekstra kulikuler dan lain sebagainya).  

Setelah melakukan perhitungan, Anda akan mendapat gambaran berapa jumlah yang harus diinvestasikan setiap bulannya. Langkah terakhir baru mencari produk-produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan. 

 

Apakah Anda sudah merencanakan dana pendidikan untuk buah hati tercinta?

 

Sumber Gambar:

  • Toodler – http://goo.gl/I7lF7r

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang