Sebelum belanja, pahami dulu yuk sejarah Hari Pelanggan Nasional yang diperingati hari ini biar wawasan kamu semakin luas.

Jangan heran kalau tanggal 4 September ini banyak diskon atau promo di mana-mana. Pasalnya, tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional. Gimana sejarahnya? Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa Itu Hari Pelanggan Nasional?

Pastinya, banyak di antara kita yang masih asing dengan peringatan Hari Pelanggan Nasional pada 4 September tiap tahunnya. Padahal, masyarakatlah yang menjadi objek dari peringatan tersebut.

Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) merupakan momen dimana para perusahaan di seluruh negeri memberi pelayanan yang istimewa kepada pelanggan.

Yuk Pahami Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia 01 -Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Angela Ahrendts: Membangun Hubungan Dengan Pelanggan]

 

Ini merupakan hari untuk mengapresiasi, menghormati, dan menghargai loyalitas para pelanggan dari sebuah produk, merek, perusahaan, dan industri lain yang berhubungan dengan layanan dan penjualan.

Bukan hanya perusahaan swasta saja, tetapi juga BUMN pun turut berpartisipasi.

Bentuk pelayanan istimewa yang diberikan untuk pelanggan berbeda-beda. Setiap perusahaan memiliki bentuk apresiasinya masing-masing.

Mulai dari pemberian diskon atau promo sampai para pimpinan perusahaan yang terjun langsung di garda depan untuk menyambut konsumen.

Dengan begitu, diharapkan aspirasi dari konsumen dapat langsung didengar. Ini bisa menjadi motivasi bagi perusahaan supaya menjadi lebih baik lagi.

 

Sejarah Hari Pelanggan Nasional

Sebetulnya, bagaimana sejarahnya Hari Pelanggan Nasional sampai ditetapkan untuk diperingati setiap tanggal 4 September? Untuk memahaminya, kamu harus tahu sejarahnya terlebih dahulu.

 

#1 Awal Mula Ide Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional pertama kali dicetuskan oleh Handi Irawan pada tahun 2003.

Ia merupakan seorang pengusaha Indonesia, yang memulai kariernya di dunia pakar pemasaran pada Frontier Consulting Group, sebuah perusahaan riset dan konsultasi marketing yang dirintisnya sejak tahun 1997.

Ia juga dikenal sebagai content & knowledge based speaker terbaik di Indonesia.

Selain itu, Handi Irawan merupakan pemrakarsa dari berbagai penghargaan popular di Indonesia seperti Top Brand Award, IMAC (Indonesia’s Most Admired Companies), ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award), dan Marketing Award.

Yuk Pahami Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia 03 -Finansialku

[Baca Juga: Ampuh! Manajemen Kinerja EFEKTIF untuk Bisnis Anda]

 

Saat dicetuskan pertama kali, Ide Hari Pelanggan Nasional ini didukung oleh banyak pihak. Pasalnya, tujuan Hari Pelanggan Nasional cukup menarik.

Harpelnas bertujuan untuk menjadi momen untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.

Tujuan ini tentu saja tujuan yang baik bagi kedua belah pihak, baik perusahaan maupun pelanggan, sama-sama mendapat keuntungan.

 

#2 Dicanangkan oleh Megawati Soekarno Putri

Pada 4 September 2003 Hari Pelanggan Nasional diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Sejak itulah Harpelnas diperingati setiap tanggal 4 September.

Handi pun dijuluki sebagai Bapak Kepuasan Pelanggan oleh Harian Bisnis Indonesia.

 

 

#3 Logo Khusus Hari Pelanggan Nasional

Harpelnas memiliki logo. Logonya melambangkan senyum manusia dengan warna dasar hijau. Logo ini dibuat oleh The Best Ad Designer di Indonesia.

Alasan logo ini dibuat adalah mewakili sebuah senyuman tulus yang menandakan sebuah kepuasan.

Sementara itu, pemilihan warna hijau sendiri melambangkan kesejukan, rasa bersahabat, dan keramahan. Sedangkan tipologi huruf kecil melambangkan sifat rendah hati dan keinginan untuk selalu berkembang. Sangat filosofis sekali, kan?

 

Jangan Kalap di Hari Pelanggan Nasional

Di Hari Pelanggan Nasional, rangkaian diskon dan promo ditawarkan oleh berbagai perusahaan, baik online maupun offline.

Sejumlah gerai makanan, minuman, operator telekomunikasi, bank, penyedia jasa, dan banyak perusahaan lainnya memberikan promo, diskon, dan voucher bagi para pelanggannya.

Di sinilah kita diuji. Mumpung ada diskon, mumpung ada promo, dan sebagainya merupakan jebakan. Sering kali, kita jadi tidak bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Kalau sudah begini, anggaran jadi terganggu.

Yuk Pahami Sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia 02 -Finansialku

[Baca Juga: Penuhi Kepuasan Pelanggan Dengan Mengenali Karakter Pelanggan Agar Strategi Promosi Berhasil]

 

Oleh karena itu, ada baiknya kita bisa mindfull di Hari Pelanggan Nasional. Kalau kamu ada barang yang perlu dibeli, sebaiknya anggaran disiapkan dulu sebelumnya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu membuat anggaran. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan, mengecek kesehatan finansial dan membaca artikel-artikel bermanfaat lainnya.

Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia. Sekarang, sudah paham kan asal usul hari yang spesial untuk pelanggan ini.

Menurutmu, Hari Pelanggan Nasional cukup memberikan manfaat? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar di bawah ini!

 

Yuk Bertanggung Jawab Dengan Penghasilan Sendiri!

Saksikan Video Playlist SEKARANG! Gratisss!!!

Video Finansialku 3

Tonton Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Yandri Daniel Damaledo. 4 September 2018. Sejarah Hari Pelanggan Nasional yang Jatuh pada 4 September 2018. Tirto.id – https://bit.ly/2YGVzzw
  • Ananda Dimas Prasetya. 4 September 2019. Hari Pelanggan Nasional, Ketahui Sejarah dan Tokoh di Baliknya. Merahputih.com – https://bit.ly/2D59Z4G
  • Virgina Maulita Putri. 4 September 2019. 5 Fakta Hari Pelanggan Nasional yang Jatuh pada Hari Ini. News.detik.com – https://bit.ly/31CjstU

 

Sumber Gambar:

  • Harpelnas 1 – https://bit.ly/3ljGKMK
  • Harpelnas 2 – https://bit.ly/2G8q6jj
  • Harpelnas 3 – https://bit.ly/3jly5rj