Sudah sangat familiar di telinga masyarakat, tapi apa sebenarnya pengertian dari seminar?

Mari simak penjelasan selengkapnya dari istilah ini dalam artikel Finansialku berikut!

 

Summary:

  • Kata seminar berasal dari kata latin “seminarium”, yang berarti “tanah tempat menanam benih”.
  • Istilah seminar tidak hanya digunakan di bidang pendidikan tetapi juga di bidang profesional, seperti di tempat kerja atau bisnis.

 

Definisi Seminar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, seminar adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli. 

Dalam hal ini, ahli tersebut seperti dosen, guru besar, pakar, peneliti, dan sejenisnya.

Dari segi etimologis, seminar berasal dari kata atau bahasa latin yaitu seminarium, yang artinya adalah tanah tempat menanam benih.

Sedangkan dari segi definisi secara harfiah, seminar adalah suatu bentuk pengajaran akademis, yang biasanya diselenggarakan oleh universitas atau organisasi.

seminar

Ilustrasi Seminar. Sumber: Kompas.com

 

Istilah seminar tidak hanya lekat dengan dunia pendidikan, tetapi juga di ranah profesional seperti dalam pekerjaan ataupun bisnis.

Umumnya, seminar berfokus pada suatu objek atau topik tertentu yang khusus, di mana mereka yang hadir nantinya dapat berpartisipasi langsung secara aktif.

Dalam rangkaian acara seminar, peserta juga dapat melakukan interaksi tanya jawab dengan narasumber atau pemateri yang bertindak sebagai ahli di bidangnya.

[Baca Juga: 15+ Contoh Surat Pemberitahuan Kegiatan Berbagai Acara]

 

Tujuan dan Fungsi Seminar

Seminar sering kali menjadi kegiatan yang belakangan ini memiliki banyak peminat untuk menambah ilmu pengetahuan.

Adapun tujuan seminar adalah untuk menyebarluaskan pengetahuan, pendapat, atau inovasi kepada peserta seminar.

Pertemuan ini terselenggara dengan teknik-teknik tertentu yang sarat informasi, termasuk diskusi ilmiah untuk membahas masalah tertentu dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Di sisi lain, seminar berfungsi sebagai media untuk menyampaikan gagasan maupun sesuatu yang baru terhadap para peserta seminar. 

Harapannya agar para peserta dapat memperoleh ilmu yang nantinya bisa mereka kembangkan dengan baik guna menyelesaikan masalah.

Selain itu, seminar juga dapat memberikan wawasan baru dan meningkatkan kompetensi dari para peserta.

Bahkan, beberapa seminar tertentu akan memberikan sertifikat pengakuan kehidupan profesional atau kualifikasi bagi para peserta yang hadir. 

Sehingga, hasil dari seminar tersebut dapat melengkapi portofolio peserta dan memperkuat rasa percaya diri untuk bersosialisasi di forum resmi.

 

Perbedaan Seminar dan Workshop

Banyak orang masih salah mengartikan seminar sebagai workshop. Bahkan tak jarang mereka menganggap bahwa keduanya merupakan hal yang sama.

Walaupun seminar dan workshop terlihat sama, namun keduanya merupakan dua hal yang berbeda.

Seminar merupakan kegiatan yang memungkinkan para peserta mendapatkan pengetahuan baru terkait tema yang diangkat.

Sedangkan workshop adalah kegiatan di mana peserta tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tapi juga praktik langsung. Peserta workshop juga tidak sebanyak seminar.

Nah, salah satu contoh workshop seperti tayangan berikut ini yang kegiatannya pernah diadakan oleh Finansialku. Simak, yuk!

 

 

Ciri-ciri Seminar

Kegiatan seminar memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berbentuk forum ilmiah dengan interaksi dua arah.
  • Pembahasan materi pada seminar mengacu pada makalah, karya ilmiah, atau laporan yang telah disusun sebelumnya.
  • Membahas permasalahan atau isu ilmiah yang aktual, relevan, dan sesuai fakta di lapangan.
  • Melibatkan pemateri, peserta, moderator, di bawah pengawasan para ahli di bidangnya.
  • Adanya interaksi dengan peserta forum. Peserta memperoleh kesempatan untuk menyampaikan tanggapan, komentar, ataupun pertanyaan.

 

Unsur Seminar

Berikut ini adalah unsur-unsur yang ada di dalam kegiatan seminar:

  • Ada materi pembahasan, baik berupa penelitian ilmiah, artikel ilmiah, atau dokumen ilmiah lainnya.
  • Ada moderator yang menjadi presenter seminar.
  • Mempersiapkan buku catatan atau notepad untuk mencatat hasil pembahasan seminar dalam hitungan menit.
  • Berdiskusi dengan saling mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang ada.
  • Ada masalah yang sedang menjadi pembahasan. Masalah biasanya menjadi judul seminar yang menarik dan sebagai sumber pertanyaan.
  • Ada solusi berupa jawaban atau kesimpulan yang bisa menjadi pengetahuan baru.
  • Ada sertifikat yang menjadi bukti bahwa seseorang pernah menghadiri seminar serta membuktikan bahwa peserta seminar telah memiliki pengetahuan baru.

[Baca Juga: Pengertian Kontribusi, Manfaat, dan Contohnya di Berbagai Aspek]

 

Syarat Seminar

Seminar juga mempunyai beberapa persyaratan, di antaranya:

  • Seminar melibatkan peserta seperti forum pada umumnya. Ada seminar umum tanpa batasan jumlah peserta, ada pula yang terbatas menyesuaikan durasi atau kapabilitas penyelenggara.
  • Tema atau topik permasalahan sudah ada dan disiapkan sebelumnya.
  • Rancangan seminar yakni secara sistematis dan ilmiah.
  • Pemateri sudah mengetahui permasalahan yang akan mereka sampaikan. Pemateri ialah narasumber yang menyampaikan makalah atau karya ilmiah.

Biasanya, seminar juga memberi ruang sama besar untuk penyanggah makalah seperti dosen, guru besar, pakar, peneliti, dan sejenisnya.

  • Ada moderator yang menjembatani komunikasi antara pemateri dan peserta. Moderator juga berfungsi sebagai penjaga waktu. Ia dapat mengingatkan pada pemateri atau peserta bila pembahasan melenceng atau keluar konteks.
  • Waktu pelaksanaan seminar terjadwal dari jauh-jauh hari. Hal ini berguna agar pemateri dan peserta dapat mempersiapkan diri untuk terlibat dalam forum ilmiah tersebut.

 

Pihak yang Terlibat dalam Seminar

Kunci keberhasilan sebuah seminar tidak terlepas dari pihak-pihak yang memegang peran dan terlibat secara langsung untuk mensukseskan kegiatan seminar.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam seminar antara lain:

 

#1 Master of Ceremony (MC)

Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara adalah orang yang membuka seminar, memperkenalkan pembicara atau narasumber, memoderasi risalah, dan mengakhiri kegiatan seminar.

 

#2 Moderator

Moderator adalah pihak yang akan bertanggung jawab dengan segala proses berjalannya seminar dan mengatur agar kegiatan seminar berjalan sesuai jadwal kesepakatan.

 

#3 Pembicara

Pembicara atau pemateri dapat kita sebut juga sebagai narasumber, merupakan pihak yang akan mempresentasikan materi seminar sesuai dengan keahliannya.

 

#4 Audience

Peserta seminar atau audience adalah pihak yang menerima presentasi materi seminar dan memberikan tanggapan mengenai isi materi yang pembicara sampaikan.

 

#5 Notulen

Notulen adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mencatat dan merangkum hal-hal penting yang berkaitan dengan pembahasan materi seminar.

[Baca Juga: Jangan Salah! Contoh & Format Penulisan Notulen Rapat]

 

Contoh Kegiatan Seminar

Seminar dapat berlangsung pada berbagai jenis bidang dan terbagi berdasarkan maksud dan tujuan tertentu. 

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan seminar:

 

#1 Seminar Nasional

Lembaga tertentu yang bekerja sama dengan pihak lain biasanya menyelenggarakan seminar nasional

Mereka yang mengikuti seminar umumnya bertindak sebagai peneliti, dan berbicara kepada masyarakat umum.

 

#2 Seminar Internasional

Secara umum, seminar internasional sama seperti seminar nasional. Perbedaannya terletak pada ruang lingkup seminar.

Biasanya, lembaga internasional akan menyelenggarakan seminar jenis ini dengan peserta dari berbagai pihak di berbagai negara.

 

#3 Seminar Proposal

Contoh seminar yang selanjutnya adalah seminar proposal. Saat menjadi mahasiswa akhir, kamu mungkin pernah menjadi salah seorang yang menyelenggarakan seminar proposal ini.

Tujuan seminar proposal adalah untuk menyampaikan rencana penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing.

Peserta seminar adalah dosen penguji, dosen pembimbing, dosen wali, serta mahasiswa dari prodi yang sama dan sebagainya. 

Seminar ini biasanya menjadi syarat kelulusan seorang mahasiswa di perguruan tinggi.

 

#4 Seminar Skripsi

Berikutnya, ada seminar skripsi yang merupakan lanjutan setelah seminar proposal. 

Bedanya, jika seminar proposal berlangsung di awal, maka seminar skripsi ini adalah seminar yang kegiatannya berlangsung di akhir.

Tujuannya adalah untuk menyampaikan hasil penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing dan dosen penguji.

Selain beberapa seminar di atas, ada juga kegiatan seminar lainnya seperti seminar teknologi, matematika, budaya, keperawatan, kefarmasian, dan seminar kewirausahaan.

 

Ikuti Seminar untuk Menambah Portofolio

Itu tadi penjelasan mengenai seminar dan contoh-contohnya sesuai tujuan dan maksud tertentu.

Semoga informasi di atas dapat membantu Sobat Finansialku memahami lebih dalam betapa pentingnya seminar. 

Terutama untuk menambah wawasan, meningkatkan kompetensi, dan mendapatkan solusi dari suatu masalah, termasuk masalah keuangan.

Jika Sobat Finansialku ingin menambah referensi seputar keuangan, yuk, download ebook gratis Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah.

Lebih lanjut, kamu pun bisa berdiskusi secara langsung bersama ahlinya melalui sesi konsultasi secara 1 on 1.

Kabar baiknya, Finansialku punya layanan FREE konsultasi bersama Perencana Keuangan Finansialku selama 20 menit (seharga Rp250.000).

Manfaatkan kesempatanmu sekarang juga dengan cara klik banner di bawah ini atau hubungi WhatsApp 0851 5866 2940. 

Free FCU

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Apakah Sobat Finansialku sering mengikuti kegiatan seminar? Tuliskan jawaban kamu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini ke berbagai platform media sosial kamu, ya! Terima kasih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Awalia Ramadhani. 20 Desember 2022. Seminar Adalah Pertemuan untuk Membahas Topik Tertentu, Ini Tujuan & Unsurnya. Detik.com – https://shorturl.at/mpuK2 
  • Chairunisa. 03 Januari 2023. Seminar: Pengertian, Tujuan, hingga Fungsi dan Pihak yang Terlibat. Dailysocial.id – https://shorturl.at/tFHW1 
  • Meirza Anggakara. 23 Oktober 2022. Seminar: Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya. Linovhr.com – https://shorturl.at/chBGN 
  • Tim Redaksi. 29 Desember 2020. Seminar: Pengertian, Tujuan, Syarat, Ciri, Fungsi, dan Unsur. Kompas.com – https://shorturl.at/asI24