Tahukah kamu, kalau ternyata sepatu pantofel memiliki jenis yang berbeda-beda? Apa saja, yuk kita simak biar gak kudet…

Penjelasannya ada dalam artikel berikut ini, jadi simak sampai tuntas ya…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Jenis-jenis Sepatu Pantofel Pria

Untuk menghadiri acara formal, pantofel merupakan jenis sepatu yang paling cocok untuk digunakan, sebab memiliki model yang sangat pas dipadukan untuk pakaian formal.

Sepatu pantofel juga tersedia untuk pria maupun wanita, serta memiliki bahan dasar yang berbeda-beda.

Nah… berikut ini beberapa jenis sepatu pantofel pria diantaranya:

 

#1 Penny Loafers

Saat ini Penny Loafers sudah menjadi salah satu sepatu street style dan sangat cocok bagi kamu yang senang berpenampilan rapi sekaligus terlihat lebih santai.

Ciri khas yang membedakan sepatu ini dari jenis lainnya ialah adanya ban tali pada bagian “lidah” sepatunya.

Ada juga celah berbentuk wajik sebagai detil tambahan bagian dalam kulit. Untuk jenis ini, akan sangat cocok apabila kamu memadukannya dengan celana panjang yang digulung ujung bawahnya.

 

#2 Oxford

Sepatu pantofel jenis Oxford sangat banyak digemari oleh kaum pria, termasuk oleh para eksmud.

Pasalnya, Oxford memiliki tampilan yang klasik, dan juga menggunakan closed lacing yang menjadikannya tidak terlalu lentur sehingga pemakainya akan terlihat lebih formal sekaligus elegan.

Pantofel 1

[Baca Juga: 11 Item yang Bakalan Jadi Tren Fashion Pria 2020]

 

Untuk model yang seperti itu, Oxford bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang sering menghadiri acara formal.

 

#3 Derby

Derby memiliki bentuk yang hampir sama dengan Oxford, sehingga banyak orang yang menjadi kesusahan untuk membedakannya. Sebenarnya hal yang membedakan dari keduanya ialah pada bagian ikatan tali sepatu tersebut.

Jika Oxford menggunakan closed lacing, maka Derby menggunakan open lacing sehingga kesan yang diberikan pun lebih ke smart-casual dan tidak terlalu formal. Sepatu jenis Derby sangat cocok digunakan pada berbagai acara, sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk “ootd” kamu.

 

#4 Monk Strap

Ingin tampil dengan gaya yang ala Eropa? Monk Strap bisa menjadi sepatu pantofel yang tepat untuk kamu gunakan.

Sesuai dengan namanya, sepatu ini menggunakan strap untuk mengencangkan sepatu dengan jumlah tali bahu yang berbeda-beda, yaitu satu atau dua tali.

Dengan modelnya yang stylish, sepatu pantofel ini tidak hanya cocok untuk acara formal saja tetapi juga pada acara semi kasual.

 

#5 Moccasin

Moccasin sangat cocok digunakan oleh kamu yang masih muda, ataupun yang ingin tampil smart-casual. Tidak seperti empat sepatu pantofel sebelumnya, moccasin menggunakan bahan dasar yang lebih lembut namun tetap kuat.

Sepatu ini bisa kamu gunakan baik untuk ke kantor, ke kampus, atau bahkan saat acar pesta sekalipun.

Pantofel 2

[Baca Juga: 5 Inspirasi Fashion Hijab 2020 yang Harus Kamu Coba]

 

Sebab memiliki model yang cocok digunakan di berbagai situasi. Bila ingin tampil lebih stylish, kamu bisa memadukannya dengan celana chino maupun celana katun yang berwarna netral serta dengan kemeja lengan pendek yang berwarna cerah.

Apabila hendak menggunakannya saat malam hari, kamu bisa memilih warna sepatu yang gelap. Sedangkan jika menggunakannya dari pagi hingga sore, kamu bisa memilih warna yang netral seperti warna coklat tanah.

 

#6 Saddle

Saddle memiliki bentuk yang terlihat sangat mirip dengan sepatu pantofel jenis Oxford, hanya saja lebih terlihat casual sehingga terkadang disebut sebagai Oxford versi kasual.

Yang membedakan Saddle dengan Oxford yang formal ialah tambahan kulit yang terdapat pada bagian tengah sepatu Saddle dengan posisi yang sedikit miring.

Tambahan kulit tersebut biasanya memiliki warna yang berbeda dengan warna dasar sepatu, namun terkadang ada juga yang memberi warna yang sama dengan warna dasar. Pada dasarnya Saddle didesain untuk acara yang berbeda dengan Oxford.

Sebab jika Oxford lebih cocok untuk acara formal, maka Saddle lebih cocok untuk acara yang sebaliknya yaitu acara kasual atau setindaknya untuk nuansa smart-casual.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

 

#7 Plain Toe

Bentuknya hampir sama dengan Oxford maupun Derby, tetapi memiliki lipatan yang membedakannya. Sepatu pantofel jenis ini paling cocok buat kamu yang ingin tampil lebih sederhana dan tidak terlalu heboh.

Namun meskipun begitu, menggunakan sepatu pantofel jenis ini mampu menambah nilai penampilan tersendiri bagi penggunanya, sebab akan terlihat sebagai orang yang rapi dan teratur.

 

Sepatu Pantofel Mana yang Menjadi Andalanmu?

Semua jenis pantofel tentu bagus saat digunakan, tergantung bagaimana kita bisa menentukan waktu yang pas untuk menggunakannya.

 

Nah… dari ke-7 jenis pantofel diatas, yang mana yang paling kamu sukai? Kamu bisa membagikan jawabanmu pada kolom komentar.

Jangan lupa membagikan artikel ini, agar orang lain juga bisa tau jenis-jenis sepatu pantofel.

 

Sumber Referensi:

  • Rayi Dwitiya Larasati. 16 Januari 2019. 11 Jenis Sepatu Formal Pria Terbaik untuk Dipakai ke Kantor. Review.Bukalapak.com – https://bit.ly/2vGLG9B
  • Varel Mahatma. April 2018. Apa yang Dimaksud dengan Sepatu Pria Pantofel?. Dictio.id – https://bit.ly/3ajRwfM

 

Sumber Gambar:

  • Pantofel 1 – http://bit.ly/2vhVqH0
  • Pantofel 2 – http://bit.ly/2QdkIxa
  • Pantofel 3 – http://bit.ly/2TN3cCd