Siapa saja kelas menengah Indonesia? Apakah hanya orang-orang di kota besar? Atau orang-orang berpenghasilan di atas UMR atau lainnya? Finansialku akan membahas fenomena kelas menengah Indonesia dalam artikel berjudul siapa saja kelas menengah Indonesia.

Siapa Saja Kelas Menengah Indonesia

 

Asian Development Bank Mendefinisikan Kelas Menengah

Banyak orang bertanya-tanya, kelas menengah itu apa ya artinya? Ada banyak ahli ekonomi dan sosial yang mendefinisikan pengertiannya, termasuk lembaga perbankan besar yaitu Asian Development Bank (ADB). Asian Development Bank mendefinisikan kelas menengah (middle class, consumer class) adalah: pengeluaran per hari di atas $2 adalah kelas menengah bawah di Amerika Serikat (AS), $2-$4 adalah kelas menengah di AS dan $10-$20 adalah kelas menengah atas di AS.

Sebagai catatan nilai Dollar yang digunakan adalah nilai Dollar yang telah dikonversikan dengan mempertimbangkan faktor keseimbangan kemampuan belanja atau dikenal dengan istilah kerennya PPP (purchasing power parity)(1). PPP dapat dikatakan nilai tukar antar mata uang dua negara (biasanya menggunakan Dollar).

 

Pertumbuhan Kelas Menengah di Indonesia

Menurut Anda, berapa sih kira-kira jumlah kelas menengah di Indonesia? Berapa kira-kira pertumbuhan kelas menengah di Indonesia?

Pertumbuhan kelas menengah Indonesia juga dapat ditandai dengan adanya kenaikan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) atau GDP (gross domestic product) dari tahun ke tahun. Menurut sumber Alumni connections(2) nilai GDP Indonesia adalah:

Siapa Saja Kelas Menengah Indonesia Data GDP Finansialku

GDP adalah nilai barang atau jasa yang dihasilkan suatu negara. Jika kelas menengah meningkat, akan meningkatkan pengeluaran rumah tangga. Kenaikan pengeluaran rumah tangga akan meningkatkan nilai GDP.

 

Seberapa Besar Kelas Menengah Indonesia

Boston Consulting Group (BCG) merilis proyeksi jumlah kelas menengah di Indonesia. Gambar berikut menunjukkan proyeksi jumlah kelas menengah di Indonesia dari tahun 2012 hingga tahun 2020.

Siapa Saja Kelas Menengah Indonesia Data Jumlah Kelas Menengah Finansialku

Keterangan:

  • Elite pengeluaran bulanan lebih besar dari Rp 7.500.000
  • Affluent pengeluaran bulanan antara Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 7.500.000
  • Upper middle pengeluaran bulanan antara Rp 3.000.000 sampai dengan Rp 5.000.000
  • Middle pengeluaran bulanan antara Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 3.000.000
  • Emerging Middle middle pengeluaran bulanan antara Rp 1.500.000 sampai dengan Rp 2.000.000
  • Aspirant middle pengeluaran bulanan antara Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 1.500.000
  • Poor middle pengeluaran bulanan lebih kecil dari Rp 1.000.000

Data di atas menunjukkan adanya pertumbuhan kelas menengah sebesar 64% (di tahun 2012 berjumlah 41,6 juta jiwa dan 2020 berjumlah 68,2 juta jiwa).

 

Mimpi Kelas Menengah Indonesia – #INDONESIANDREAM

Kelas menengah Indonesia akan menjadi target pemasaran produk-produk bank, investasi pasar modal (saham, reksadana) dan properti. Kecenderungan beberapa negara di dunia adalah kenaikan kelas menengah cenderung meningkatkan industri keuangan dan harga properti.

Kelas menengah Indonesia akan memiliki sebuah mimpi atau keinginan untuk hidup aman dan nyaman, mampu memenuhi kebutuhan jangka pendek, menengah dan panjang. Finansialku menyebut mimpi kelas menengah Indonesia dengan #INDONESIANDREAM.

 

So What’s Next?

Seperti penjelasan di atas kelas menengah sering kali disebut consumer class karena kelas menengah cenderung mampu untuk membelanjakan lebih. Kelas menengah terutama kelas menenngah atas mampu untuk membeli merk dan memenuhi keinginan-keinginan (gadget canggih, alat-alat elektornik, fashion, makanan dan gaya hidup yang modern), karena mereka memiliki pendapatan lebih.

Kesempatan besar ini bisa digunakan oleh entrepreneur atau wirausaha Indonesia untuk memasarkan produknya, menjual produk yang dibutuhkan kelas menengah Indonesia. Ingat 2015 ada tantangan besar yaitu Indonesia akan memasuki era MEA (masyarakat ekonomi ASEAN). Nah jangan sampai pasar besar ini digunakan oleh negara-negara tetangga di ASEAN untuk memanfaatkan kelas menengah Indonesia.

 

 

Kesimpulan

Kelas menengah Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Kenaikan tersbeut akan menyebabkan kelas menengah memiliki keinginan-keinginan atau mimpi-mimpinya (#INDONESIANDREAM). Para wirausaha dan pelaku usaha di Indonesia harus berusaha memenuhi keinginan-keinginan masyarakat kelas menengah.

 

 

Sumber

  1. Tiara (posted). 4 Desember 2012. Siapa Kelas Menengah Indonesia?. Pojok Bursa Widyatama. http://pojokbursa.widyatama.ac.id/siapa-kelas-menengah-indonesia/.
  2. Alumni connections. Presentasi Indonesian Economic Outlook. http://alumniconnections.com/olc/filelib/HAA/cpages/180/Library/CT%20presentation%20materials.pdf
  3. JANA. 7 Maret 2013. The Growing Indonesian Middle Class. http://www.jana.com/blog/the-growing-indonesian-middle-class/
  4. Vaishali Rastogi, Eddy Tamboto, Dean Tong dan Tunnee Sinburimsit. 5 Maret 2013. Indonesia’s Rising Middle-Class and Affluent Consumers Asia’s Next Big Opportunity. BCG Perspective. https://www.bcgperspectives.com/content/articles/center_consumer_customer_insight_consumer_products_indonesias_rising_middle_class_affluent_consumers/

 

 

Tinggalkan komentar Anda mengenai kelas menengah di Indonesia di bawah Ini. Finansialku akan sangat senang jika dapat berdiskusi dengan Anda. Jangan lupa like Finansialku di Facebook, follow Finansialku di twitter dan bergabung dengan Finasnialku di Google Plus. Terima kasih.

 

Hubungi Finansialku