Ternyata biaya persalinan selama pandemi ini justru semakin mahal. Lalu, bagaimana cara menghemat biayanya?

Di saat melahirkan, tentunya Moms memerlukan dan memikirkan biaya. Kali ini Finansialku akan membahas mengenai tips menghemat biaya persalinan.

 

Biaya Persalinan Meningkat Selama Pandemi

Biaya menjadi masalah yang tentu harus dipersiapkan sejak dini, tetapi kenaikan biaya persalinan sejak pandemi siapa yang tahu?

Bahkan, persiapan persalinan pun memerlukan waktu seminggu sebelum hari perkiraan lahir. Belum lagi Moms harus menyiapkan pakaian, botol susu, popok, alat mandi, pompa ASI dan perlengkapan lainnya bagi Moms dan si bayi.

Tentu saja kebutuhan tersebut penting dan memerlukan biaya.

Waduh, banyak banget ya pengeluarannya, Moms. Jadi gimana cara tepat menghemat biaya persalinan di masa pandemi ini? Cari tahu di sini, yuk!

Siapa Sangka, Selama Pandemi Biaya Persalinan Justru Makin Mahal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menyiapkan Dana Persalinan yang Mudah, Ya?]

 

#1 Jangan Boros Untuk Beli Baju Hamil dan Baju Bayi

Membeli pakaian untuk Moms dan si bayi memang penting. Namun, lebih baik jika tak membeli baju dalam jumlah yang cukup besar.

Selain itu, di bulan pertama kelahiran pun bayi akan tumbuh dengan cepat sehingga lebih baik Moms jangan membeli banyak pakaian.

Sia-sia bila membeli banyak pakaian untuk bayi karena semakin bertambah umur bayi tak lama lagi tidak bisa dipakai.

 

#2 Asuransi

Agar menghemat biaya persalinan, Moms dapat memanfaatkan asuransi. Asuransi sangat penting untuk dimiliki. Jika ingin memiliki buah hati, orang tua harus menyiapkan biaya sekitar 10 hingga 80 juta dari masa kehamilan hingga melahirkan anak.

Maka dari itu, gunakanlah asuransi seperti BPJS tentu akan sangat membantu mengurangi biaya persalinan. Tak hanya tu, Moms juga dapat memeriksa kehamilan secara gratis tiap bulannya, jadi hemat, kan?

 

#3 Menyewa Perlengkapan Bayi

Agar lebih hemat, Moms juga bisa menggunakan jawa sewa perlengkapan dan peralatan bayi. Dengan menggunakan jasa sewa ini bisa menghemat biaya hingga 50-80 persen.

Moms dapat menyewa tempat tidur bayi. Seperti yang diketahui tempat tidur bayi tidak akan digunakan hingga ia besar nanti, karena tempat tidur bayi tidak bisa digunakan hingga ia besar nanti. Jadi, gak akan rugi kan jika menyewanya saja?

 

Nah, begitu Moms cara menghemat biaya persalinan. Di masa pandemi ini perekonomian memang kurang bagus, Moms. Maka dari itu, mulailah berhemat mulai sekarang. Semoga bermanfaat, ya!

 

banner_cara_mengelola_keuangan_keluarga_dengan_tepat_dan_benar (1)

 

Jadi, apakah Moms sudah siap dengan biaya persalinan nanti? Semoga artikel ini bisa membantu Moms untuk menghemat biaya, ya.

Download Aplikasi Finansialku, agar Moms bisa memperhitungkan rincian pengeluaran untuk persalinan nanti!

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Herstory.co.id. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Herstory.co.id

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3rGTAql