Siapa yang perlu belajar keuangan keluarga? Apakah bapak, ibu atau anak-anak juga perlu? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas lebih dalam siapa yang perlu belajar keuangan keluarga?

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengapa Belajar Keuangan Keluarga?

Belajar keuangan keluarga adalah hal yang penting, agar kita mampu mengelola keuangan dengan bijak, tahu batasan antara kebutuhan dan keinginan, mampu mengelola investasi serta mengelola risiko.

 

Idealnya topik keuangan keluarga dikenalkan dengan baik dan benar sejak dini. Tujuannya sederhana agar anak-anak mengenal uang dan tidak salah dalam berpikir mengenai uang.

 

Bagaimana Cara Belajar Keuangan Keluarga?

Banyak orang berkata: “belajar keuangan keluarga adalah hal yang memusingkan dan membosankan”. Nah mana yang lebih pusing:

  • Belajar keuangan keluarga atau pengeluaran yang selalu lebih besar daripada pendapatan?
  • Belajar keuangan keluarga atau ditipu investasi bodong?
  • Belajar keuangan keluarga atau kekurangan dana untuk pendidikan anak?
  • dan lainnya

 

Jika Anda menjawab lebih baik belajar keuagan keluarga daripada menghadapi permasalahan, maka Anda sudah ada di jalur yang tepat. Bagaimana cara belajar keuangan keluarga?

Pendidikan keuangan keluarga dapat diperoleh melalui buku, seminar, artikel di website, permainan dan konsultasi. Saran Finansialku alokasikan 5% pendapatan Anda untuk pengembangan diri (self development). Seorang ahli bernama Edgar Gale melakukan penelitian bagaimana cara belajar yang paling efektif?

 Piramida Pembelajaran - Perencana Keuangan Independen Finansialku - Belajar Keuangan Keluarga

 

Berdasarkan hasil penelitian Gale, ternyata cara belajar yang efektif adalah dengan menggunakan simulasi atau permainan. Di Amerika terdapat permainan yang mengajarkan keuangan keluarga. Berikut ini contoh permainan yang mengajarkan keuangan keluarga. Permainan ini dikembangkan dan dijual oleh RichDad Company oleh Robert T. Kiyosaki.

 

Apa itu Melek Keuangan Keluarga?

Selengkapnya

 

Anda dapat mendownload permainan tersebut di Google Play Store dan Apple Store di smartphone atau tablet Anda. Sayangnya permainan tersebut masih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Secara keseluruhan permainan ini mengajarkan banyak hal mengenai keuangan keluarga.

 

OJK dan Strategi Nasional Literasi Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan strategi nasional literasi keuangan Indonesia dengan tujuan: meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keyakinan konsumen serta masyarakat luas mengenai keuangan, khususnya keuangan keluarga.

Masyarakat yang memiliki pengetahuan diharapkan mampu mengelola keuangan lebih baik dengan memanfaatkan produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan. Masyarakat sekaligus sebagai konsumen mampu mengenali manfaat dan risiko serta mengenali hak dan kewajibannya selaku konsumen jasa keuangan.

 

[/fusion_builder_column]

OJK Sikapi – Launching SNLKI OJK

Courtesy of Youtube

 

OJK meluncurkan situs http://sikapiuangmu.ojk.go.id/ sebagai media pembelajaran dan literasi keuangan. Berikut ini contoh video mengenai literasi keuangan:

 

OJK Sikapi – Video Literasi Keuangan – Perencanaan Keuangan

Courtesy of YouTube

 

OJK Sikapi – Video Literasi Keuangan – Sikapi Uangmu dengan Bijak

Courtesy of YouTube

 

Kesimpulan

Belajar keuangan keluarga penting untuk siapapun, bapak, ibu dan anak-anak. Pendidikan keuangan keluarga bertujuan agar kita mampu mengelola keuangan dengan baik. Saran Finansialku alokasikan 5% pendapatan Anda untuk pengembangan diri (self development).

Finansialku sebagai perencana keuangan independen juga mengembangkan pendidikan keuangan. Kami meyakini teknologi internet mempermudah dan memperluas jangkauan pendidikan keuangan keluarga dengan biaya yang lebih murah dan mudah. Teman-teman jangan lupa tetap update dengan Finansialku.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Febuari 2015

Baca E Magazine Sekarang!