Ini yang ditunggu-tunggu, strategi jitu siapkan dana darurat ala Finansialku! Super mudah dan aplikatif untuk ditiru!

Simak selengkapnya pada artikel rangkuman Finansialku di sini, ya!

 

Di kanal youtube resmi Finansialku, masih banyak video-video informatif lainnya, lho! Bisa sobat Finansialku akses kapan pun dan di mana pun secara cuma-cuma, lagi! Jangan lupa mampir, ya!

 

 

Untuk mendapatkan video-video informatif lainnya, tunjukan dukungan sobat Finansialku dengan menekan tombol subscribe yang ada di bawah ini, ya! Terima kasih!

 

 

 

Strategi Siapkan Dana Darurat

Kalau mendengar kata ‘dana darurat’, pasti sobat Finansialku sudah bisa mengasumsikan kalau dana darurat diperuntukkan ketika menghadapi kondisi darurat tertentu.

Biasanya, dana darurat dikumpulkan untuk mengatasi keadaan darurat yang membutuhkan cadangan finansial mendadak dan se-segera mungkin.

Nah, untuk bisa mengumpulkan dana darurat, Finansialku punya beberapa strategi untuk siapkan dana darurat. Simak sampai akhir, ya!

 

Strategi Siapkan Dana Darurat #1 Menerapkan Tujuan Dana Darurat

Strategi pertama adalah, sobat Finansialku harus menentukan tujuan dana darurat terlebih dahulu.

Setelah menentukan tujuan, sobat Finansialku juga harus menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai jumlah dana darurat yang dituju.

Jangan lupa untuk disesuaikan dengan kemampuan finansial dari sobat Finansialku sendiri, ya!

 

#2 Membuat Rekening Khusus

Selanjutnya, Finansialku rekomendasikan untuk membuat rekening terpisah khusus untuk dana darurat.

Dengan membuat rekening sendiri secara terpisah, maka dana darurat akan terencana lebih matang dan aman.

 

#3 Aktifkan Auto-Debit

Otomatiskan proses pengambilan uang dari rekening utama sobat Finansialku untuk rekening dana darurat, ya!

Fitur otomatis atau auto-debet ini sendiri bisa mengatasi sobat Finansialku yang sering lupa untuk memenuhi kewajiban dana darurat setiap bulannya!

 

#4 Tambah Pemasukan, Kurangi Pengeluaran

Cobalah untuk ubah kebiasaan impulsif sobat Finansialku yang selalu kalap untuk mengeluarkan anggaran secara berlebihan, ya!

Kalau sobat Finansialku merasa tidak bisa lagi menekan pengeluaran setiap bulannya, itu artinya, sobat Finansialku perlu mencari pemasukan tambahan, seperti berbisnis atau mencari side-job yang bisa membantu menambah pemasukan, ya!

 

#5 Melakukan Investasi

Untuk beberapa orang, investasi terdengar sangat menakutkan, ya? Mengingat risikonya pun lebih tinggi daripada menabung di bank.

Selain itu, dalam dunia investasi memang tidak akan asing dengan high risk high return.

Dalam konteks pengelolaan dana darurat, hindari mencari keuntungan tinggi, tapi lebih pertimbangkan unsur keamanan dan kemudahan dalam melakukan pencairan, ya, sobat Finansialku!

 

Bagaimana menurut sobat Finansialku mengenai strategi siapkan dana darurat dari Finansialku? Berikan pendapat sobat Finansialku di kolom komentar di bawah ini, ya!

Agar terstruktur dan tidak impulsif, #HargaiKerjaKerasmu, ya! Jangan lupa untuk selalu lakukan pencatatan keuangan setiap hari di aplikasi Finansialku yang bisa didownload di Google Play Store dan Apple App Store, ya!