Para calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) saat ini tengah giat mencari informasi terkait instansi mana saja yang membuka lowongan formasi. Kemarin, tepatnya tanggal 26 September 2018 pemerintah resmi membuka pendaftaran CPNS 2018.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Apakah Bisa Saya Menjadi PNS?

Terlahir dari keluarga yang mayoritas berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), saya sudah sering mendengar cerita betapa enaknya menjadi seorang PNS.

Baik ibu, kakak, kakek, paman, serta anggota keluarga lainnya yang berprofesi sebagai pegawai negara ini pun giat mengajak saya mengikuti jejaknya.

Hidup terjamin? Ya, mereka kerap kali kerap bercerita bahwa hidup seorang PNS akan terjamin hingga hari tua nanti. Berbagai tunjangan serta uang pensiun akan membuat hidup lebih tenang, meski tidak memiliki bisnis apapun untuk menghidupi diri di hari tua.

Instansi yang membuka Lowongan CPNS Lulusan SMA Finansialku 2

[Baca Juga: Formasi Penerimaan CPNS 2018 Diumumkan Besok!]

 

Beberapa kali saya diingatkan untuk mendaftarkan diri di perhelatan CPNS 2018 yang telah resmi dibuka kemarin oleh pemerintah. Saya sendiri tidak terlalu excited dengan ritme kerja di pemerintahan. Kelihatannya sih terlalu “tenang”, sementara saya suka tantangan.

Tapi, benar apa yang keluarga saya katakan, jika berbicara jangka panjang, profesi PNS ini sangat menjanjikan.

Apalagi, ada rasa kepuasan tersendiri karena tenaga serta pikiran yang kita curahkan berkontribusi untuk negara kita tercinta ini.

Kalau Anda sendiri, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk ikut perhelatan CPNS 2018 ini?

Menurut informasi yang saya baca di portal Kompas.com, Selasa (25/9/18), pendaftaran CPNS paling cepat dilaksanakan pada 26 September 2018 pukul 00.01 WIB.

Eits, tapi sebelum melamar ke instansi tujuanmu, pastikan kamu telah memiliki akun di SSCN terlebih dahulu.

Disarankan juga untuk mencari informasi lebih dalam terkait instansi yang akan menjadi tujuanmu, supaya kamu tidak menyesal di akhir.

Tapera Tabungan Perumahan Rakyat PNS Finansialku

[Baca Juga: Baca di Sini untuk Tahu Instansi Mana Saja yang Buka Lowongan CPNS Lulusan SMA!]

 

Meskipun sudah resmi dibuka serentak, jadwal pembukaan pendaftaran CPNS di setiap instansi tergantung pada kebijakan masing-masing instansi melalui situs SSCN. Jadi kamu harus sering-sering update informasi di website-nya.

Instansi yang bisa kamu pilih adalah instansi yang formasinya telah direkam SSCN dan telah diverifikasi BKN.

Namun, untuk instansi yang belum diverifikasi oleh BKN dan belum direkam dalam SSCN, pilihan instansi belum muncul dan belum dapat dipilih oleh pelamar.

Pada rekrutmen CPNS 2018 ini, pemerintah rencananya akan membuka 238.015 formasi yang tersebar untuk instansi pusat dan daerah.

Sejak 23 September 2018 pukul 19.30 WIB, BKN melalui akun Twitter resminya, @BKNgoid, menyampaikan bahwa instansi yang go live di website SSCN sejumlah 73 kementerian/lembaga dan 481 pemerintah daerah atau 92%.

 

Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018

Untuk persyaratan dasar pendaftaran CPNS 2018, ada 9 syarat, seperti dikutip dari situs Setkab.go.id yaitu:

No Persyaratan
1

Pelamar berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi berusia 35 tahun pada saat melamar. Terkait dengan batas umur ini, dapat dikecualikan untuk jabatan tertentu yang ditetapkan oleh Presiden Indonesia, yakni berusia paling tinggi 40 tahun.

2

Pelamar tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.

3

Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.  

4

Pelamar tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.

5

Pelamar tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.

6

Pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

7

Pelamar sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

8

Pelamar bersedia ditempatkan di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

9

Persyaratan lain sesuai dengan kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

 

Proses Pendaftaran Akun

Langkah pertama yang harus dilakukan pelamar adalah memenuhi form pendaftaran yang ada di situs sscn.bkn.go.id.

Isi alamat email aktif, password akun portal SSCN, dan CAPTCHA. Kemudian, isi data Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.

Hal yang perlu dicatat, pas foto yang diunggah harus berformat JPEG dengan besar arsip digital antara 120-200 KB. Baru setelah itu, pelamar bisa mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2018.

Selanjutnya, pelamar bisa masuk kembali ke portal sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. Kemudian, pelamar akan diminta untuk mengunggah swafoto ke akun SSCN.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Selfie, Salah Satu Persyaratan Daftar CPNS 2018

Ada yang berbeda dari pendaftaran CPNS tahun ini. Peserta diwajibkan untuk mengunggah swafoto/selfie dengan KTP-nya masing-masing.

Seperti dilansir dari CNN.Indonesia.com, Kamis (27/9/18) Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional Tahun 2018, setelah terdaftar memiliki akun di situs SSCN, calon pelamar harus mengunggah swafoto atau selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan cara baru dalam alur pendaftaran ini dilakukan untuk memastikan kecocokan antara pelamar dengan identitasnya.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Swafoto ini wajib dilakukan jika pelamar ingin mendapatkan kartu pendaftaran CPNS 2018. Kartu itu akan menjadi penanda pelamar bisa melanjutkan ke jenjang tes berikutnya.

Untuk teknis swafoto sendiri, pelamar bisa memilih dua cara yaitu memotret diri sendiri dengan membawa KTP dan kartu informasi SSCN di satu tangan. Atau, bisa meminta orang lain memotret pelamar yang membawa kedua identitas tadi.

Perhatikan pencahayaan sebelum melakukan selfie, ya! Lakukan selfie di tempat yang terang dan kalau bisa berfotolah dengan latar polos.

Perhatikan juga gaya berfoto, jangan melakukan gestur atau pose-pose yang tidak profesional, ya!

 

Selamat Berpartisipasi dalam Gelaran CPNS 2018!

Pendaftaran lewat situs sscn.bkn.go.id ini hanya sebatas tahap administrasi, hal yang lebih utama yakni ujian CPNS masih menunggumu.

Gunakanlah waktumu untuk belajar dan siap bertanding dengan peserta lain. Semoga berhasil!

 

Semoga informasi yang saya berikan bisa membantu kamu yang bercita-cita ingin menjadi PNS.

Jangan lupa, untuk share informasi ini untuk memudahkan teman-teman yang akan mengadu peruntungan pada pendaftaran CPNS 2018!!!

 

Sumber Referensi:

  • Inggried Dwi Wedhaswary. 26 September 2018. Pendaftaran CPNS 2018 Dimulai Hari Ini, Sudah Siap? Nasional.kompas.com – https://goo.gl/AkvkZE
  • Redaksi. 27 September 2018. Panduan Selfie dengan KTP untuk Daftar CPNS 2018. Cnnindonesia.com – https://goo.gl/4Lwkyu

 

Sumber Gambar:

  • PNS – https://goo.gl/e5BZJA