Situs crowdfunding telah menelurkan berbagai jenis bisnis, salah satunya adalah Pebble, smartwatch. Finansialku akan membahas sebuah studi kasus tentang kisah sukses Eric Migicovsky mengusung kampanye Pebble dan mendapat dana lebih dari $10.000.000 (setara Rp 100.000.000.000).

pebble_1 - Kisah Sukses Pebble, Modal Bisnis dari Situs Crowdfunding

 

Seputar Situs Crowdfunding

Situs Crowdfunding adalah situs yang bertujuan untuk membantu para entrepreneur untuk mengumpulkan dana. Konsep sederhananya adalah mengumpulkan uang misalnya $1 dalam jumlah 100.000 orang, sehingga jika di total jumlahnya makin besar. Selengkapnya mengenai situs crowdfunding.

 

 

Produk Pebble

Pebble adalah jam pintar (smartwatch) yang dikembangkan oleh Pebble Technology. Jam pintar ini dirilis pada tahun 2013, dengan sumber pendanaan dari kickstarter (salah satu situ crowdfunding).

Pebble watch - Kisah Sukses Pebble, Modal Bisnis dari Situs Crowfunding

Sumber: Wikipedia – Pebble

 

Berikut ini video smartwatch pebble:

 

Ide dasarnya terbilang sederhana yaitu sebuah jam tangan yang dapat menampilkan pesan sms dari ponsel pintar (smartphone). Ide ini diciptakan oleh seorang bernama Eric Migicovsky melalui idenya di Y Combinator (salah satu inkubator – tempat pelatihan teknologi).

 

eric-pebble-lead Kisah Sukses Pebble, Modal Bisnis dari Situs Crowfunding

[Baca juga : Top 10 Situs Crowdfunding untuk Pendanaan]

 

Idenya ini dikembangkan lebih besar untuk menjadi sebuah proyek teknologi. Migicovsky mencari sumber pendanaan dari berbagai cara. Migicovsky mencoba sumber pendanaan dari investor-investor, namun jumlahnya masih kurang mencukupi. Akhirnya Migicovsky mencoba sumber pendanaan melalui situs crowsfunding bernama Kickstarter.

11 April 2012 adalah bulan yang kramat untuk Migicovsky dan teman-teman, karena pada tanggal tersebut Migicosky menampilkan kampanye pendanaan pebble untuk pertama kali di situs crowdfunding – Kickstarter. Sejak penampilan di situs Kickstarter sampai penutupan, Pebble mendapatkan pendanaan sebesar $ 10.266.844 dari 68.928 orang. Nilai tersebut jika di kurs ke Rupiah, maka Migicovsky mendapatkan uang sebesar (Rp 102. 668.440.000).

Ucapan Terima kasih - Kisah Sukses Pebble, Modal Bisnis dari Situs Crowfunding

Kegiatan produksi Pebble dilakukan pada Januari 2013, dengan meluncurkan produksi sebanyak 15.000 jam tangan per minggu. Menurut Wikipedia, pada tanggal 4 Juli 2013, Pebble berhasil menjual lebih dari 85.000 unit Pebble. Menurut situs resminya Pebble dijual dengan harga $150 per unitnya.

Checkout Pebble Smartwatch iPhone Android Smartwatch - Kisah Sukses Pebble, Modal Bisnis dari Situs Crowfunding

 

Kisah Pebble di Situs Crowdfunding Kickstarter

Berikut ini adalah tampilan kampanye pebble di situs crowdfunding kickstarter (diterjemahkan dalam bahasa Indonesia)

44ceedb61fa1de6b0a98f838620c1345_large - Kisah Sukses Pebble, Modal Bisnis dari Situs Crowfunding84fbcdd37830c2a437cf6430675c9382_large - Kisah Sukses Pebble, Modal Bisnis dari Situs Crowfundingb9dc587dd191cbaecac2d43e27103f9b_large - Kisah Sukses Pebble, Modal Bisnis dari Situs Crowfunding
ddba8e25abf0d24a174e6f0e0e041dc3_large - Kisah Sukses Pebble, Modal Bisnis dari Situs Crowfunding

 

Kustom Jam Tangan Anda. Semudah Men-download App.

Pebble adalah jam tangan pertama yang dibuat pada abad 21. Pebble dapat dikustomisasi dengan watchfaces yang dapat didownload dan terhubung dengan jaringan internet. Pebble terkoneksi dengan telepon masuk, email dan sms. Pebble didesain sebagai jam tangan yang minimalis dan modis, dan sangat sesuai untuk kebutuhan sehari-hari.

Kustomisasi yang dapat dilakukan:

  • Kustomisasi dengan aplikasi
  • Kustomisasi dengan watchfaces
  • Kustomisasi dengan notifikasi
  • Kustomisasi dengan coding

 

Cara kerja Pebble

Pebble terhubung dengan Bluetooth dari perangkat iPhone atau Android. Melakukan setting pada Pebble semudah mendownload aplikasi Pebble ke ponsel Anda. Semua update aplikasi akan dilakukan tanpa menggunakan kabel.

 

Compatibility

  • iPhone 3GS, 4, 4S dengan iOS 5 atau iPod Touch dengan iOS 5.
  • Android dengan OS 2.3 atau lebih. Bekerja dengan optimal pada Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)!
  • Sayangnya pada saat ini Pebble belum dapat dijalankan di Blackberry, Windows Phone 7, atau Palm phones.

 

Bagaimana dengan perkembangan saat ini

Tim pengembang Pebble telah bekerja selama 3 tahun. Pebble yang Anda saksikan di video adalah purwarupa (prototype) yang dapat dijalankan.

Dengan dukungan Anda, kami dapat membawa Pebble ke pergelangan tangan orang diseluruh penjuru dunia. Saat ini kami mendekati fase produksi, kontribusi Anda akan membantu kami mendanai:

  • Alat-alat produksi
  • Pemesanan komponen dalam jumlah besar
  • Sertifikasi Bluetooth Global

 

Hadiah

  • $99      – Early Bird: 200 jam tangan berwarna hitam.
  • $115    – Satu buah Pebble berwarna hitam.
  • $125    – Satu buah Pebble berwarna.
  • $220    – Dua buah Pebble berwarna hitam.
  • $235    – Prototipe Pebble untuk awal pengembangan + Satu buah Pebble berwarna.
  • $240    – Dua buah buah Pebble berwarna.
  • $550    – Lima buah Pebble berwarna.
  • $1000 – Sepuluh buah Pebble berwarna.
  • $1,250 – Watchface kustom + Lima buah Pebble berwarna

 

FAQ (Frequently Ask Question)

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Sumber: http://www.kickstarter.com/projects/597507018/pebble-e-paper-watch-for-iphone-and-android

 

Membedah Kampanye Pabble di Situs Crowdfunding

Apa yang menyebabkan kampanye Pebble menjadi menarik? Finansialku melakukan sedikit perbandingan dengan kampanye di situs crowdfunding. Hasil temuannya adalah:

 

Bahasa yang Sederhana dan Jelas

Ketika Migicovsky memulai kampanyenya di Kickstarter, Dia mencoba menyampaikan pesannya dengan bahasa yang sangat sederhana dan jelas. Pesan tersebut disampaikan lewat kalimat-kalimat dan dipadukan dengan video produk serta gambar-gambar yang sangat menjual. Dalam video singkatnya Migicovsky menyampaikan tiga pesan: cara kerja Pebble untuk menerima panggilan, bagaimana Pebble dapat digunakan sebagai solusi bagi para pecinta olahraga dan kustomisasi dari Pebble.

 

Visi itu Penting

Migicovsky sebagai seorang founder dari bisnis, menuliskan visinya: Dengan bantuan Anda, kami berharap Pebble dapat melingkar dipergelangan tangan setiap orang didunia. Visi yang jelas dari seorang founder adalah salah satu hal yang mau membuat orang terinspirasi dan tergerak untuk mulai membuat tindakan nyata.

 

Mengukur Umpan dan Ikan

Tim Finansialku tidak tahu berapa harga yang harus dibayar oleh Migicovsky untuk mendapatkan video dengan ilustrasi yang menarik dan pesan yang jelas. Apakah Migicovsky menggunakan jasa seorang pembuat film atau tidak. Yang jelas apabila Migicovsky melakukan investasi pada sebuah video, hal itu adalah investasi yang baik. Dari sebuah umpan video, dia mendapatkan modal kerja untuk memproduksi Pebble.

 

Rendah Hati untuk Mengapresiasi Orang Lain

Hal yang sangat baik adalah apresiasi atau rasa penghargaan terhadap pendonor. Migicovsky menawarkan rewards atau hadiah berupa produk Pebble. Hadiah ini jelas tertulis di situs crowdfunding Kickstarter. Ada beberapa pilihan hadiah yang disesuaikan dengan jumlah dana yang didonorkan. Selain itu Migicovsky atau anggota timnya menjawab segala pertanyaan atau komentar-komentar dari orang-orang.

 

 

Finansialku akan sangat senang sekali jika Anda mau memberikan komentar atau berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar crowdfunding. Terima kasih.

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuSaat Tepat Masuk Produk DepositoBaca
finansialku5 Peluang Bisnis Sampingan untuk KaryawanBaca
finansialkuPerencanaan Keuangan: Paduan Ilmu Keuangan dan SeniBaca
finansialkuMengenal Rencana Waris (Estate Planning)Baca
finansialkuDo It Yourself – Perencanaan Keuangan PribadiBaca