5 sumber aset ini sudah terbukti bisa menghasilkan passive income (pendapatan pasif) bagi keuangan Anda! Selain properti, apa saja sumber aset lainnya?

Simak informasi selengkapnya pada rubrik artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5 Sumber Aset yang Bisa Dijadikan Passive Income

Sejatinya, ada dua jenis pendapatan, yaitu pendapat aktif dan pendapatan pasif. Dua pendapatan ini merupakan konsep yang sangat berbeda.

  • Pendapatan aktif: pendapatan yang diperoleh karena seseorang bekerja, menukar waktu, tenaga dan pikiran untuk mendapatkan penghasilan.
  • Pendapatan pasif: pendapatan yang diperoleh karena aset seseorang telah menghasilkan penghasilan.

 

Ada 5 sumber aset yang bisa dijadikan sebagai passive income (pendapatan pasif), yaitu penyewaan properti, pendapatan dari investasi, bisnis, network marketing (pemasaran jaringan) dan royalty.

Berikut ini pembahasan selengkapnya dari 5 sumber aset yang dapat dijadikan sebagai passive income:

 

Sumber 1: Penyewaan Properti

Seperti yang sudah disebutkan pada judul artikel ini. Properti bisa menjadi salah satu sumber passive income (pendapatan pasif). Cara yang bisa Anda lakukan dengan properti, yaitu menyewakan properti milik Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki rumah, kosan, apartemen, ruko atau jenis properti lainnya yang sedang tidak Anda gunakan atau tidak Anda manfaatkan, Anda bisa membuka iklan ke dalam sebuah media sosial untuk menyewakan properti tersebut.

Sumber Aset yang Dapat Dijadikan Passive Income 02 Sewa Properti - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Investasi Properti Memberikan Kebebasan Keuangan Untuk Anda?]

 

Sewakan properti yang Anda miliki sebagai mesin penghasilan keuangan Anda. Biasanya orang yang ingin menyewa akan membayarkan sejumlah uang kepada Anda, baik dalam periode bulanan maupun tahunan.

Uang yang Anda peroleh inilah yang disebut sebagai passive income. Aset Anda telah menghasilkan pendapatan bagi Anda.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Sumber 2: Pendapatan dari Investasi

Apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan investasi? Investasi berbeda dengan tabungan.

Untuk mengenal investasi, mudahnya, Anda perlu menyimpan sejumlah uang kepada suatu produk investasi. Biarkan investasi ini bekerja untuk Anda sehingga menghasilkan keuntungan/pendapatan.

Keuntungan yang Anda peroleh bisa Anda gunakan kembali untuk dijadikan  modal investasi berikutnya. Hal ini akan membuat investasi Anda lebih menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Alternatif Investasi Bulanan untuk Karyawan Kantoran yang Selalu Menunggu Tanggal Gajian 02 Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dengan Menggunakan Uang dan Aset Anda]

 

Ada berbagai macam instrumen atau jenis investasi yang dapat Anda lakukan di Indonesia. Jenis investasi ini juga dibedakan berdasarkan besarnya keuntungan yang diperoleh dan besarnya tingkat risiko yang akan Anda hadapi.

  • Ada investasi yang menghasilkan pendapatan lebih besar dengan tingkat risiko yang lebih tinggi, seperti: investasi saham, forex, surat-surat berharga, dan sebagainya.
  • Ada juga investasi yang memiliki tingkat risiko yang lebih rendah namun pendapatan yang lebih kecil, seperti investasi emas, reksa dana, deposito, dan lain-lain.

 

Keuntungan yang diperoleh dari hasil investasi inilah yang bisa Anda sebut sebagai passive income bagi keuangan Anda.

Terlebih lagi jika Anda berinvestasi pada saham dari perusahaan sekuritas yang benar, Anda akan mendapatkan dividen sebagai pendapatan pasif.

Untuk menjelaskan lebih banyak lagi tentang instrumen atau jenis atau produk investasi, Anda bisa membaca ebook yang Finansialku miliki.

Ada 3 ebook terkait tentang investasi untuk investor pemula. Silakan download ebook-nya secara gratis!

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Sumber 3: Bisnis

Sumber aset selanjutnya adalah bisnis yang sudah berjalan secara otomatis.

Jenis bisnis yang bisa Anda lakukan yaitu bisnis sendiri atau franchise (waralaba). Dalam pembahasan artikel ini, bisnis yang difokuskan untuk dibahas secara lebih lanjut adalah bisnis waralaba.

Mungkin Anda sudah tahu secara sekilas apa yang dimaksud dengan bisnis waralaba.

Bisnis waralaba merupakan sebuah bisnis yang mudah untuk Anda lakukan karena seluruh sistem sudah ada, tinggal Anda pakai. Namun, Anda perlu menyediakan modal yang cukup besar untuk membeli izin pemakaian sistem tersebut serta properti sebagai tempat/lokasi yang strategis.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bisnis waralaba, yaitu:

  • Bisnis sudah siap dijalankan,
  • Sistem yang terbukti berjalan dengan baik,
  • Bisnis memiliki merek yang sudah dikenal oleh masyarakat,
  • Kemungkinan sukses lebih tinggi,
  • Dukungan berkepanjangan.

 

Mau Buka Bisnis? Ini Dia Tipe Mitra Bisnis 1 Finansialku

[Baca Juga: Dijamin Berhasil! 10 Strategi Meningkatkan Bisnis Waralaba]

 

Namun, yang harus Anda perhatikan adalah bisnis waralaba yang terpercaya. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali peluang bisnis waralaba.

Pilihlah bisnis waralaba yang sudah teruji dan terbukti kredibilitasnya. Jangan sampai Anda tergiur dengan modal sedikit dengan keuntungan yang diperoleh sangat besar. Hal ini sulit untuk diraih, ditengah-tengah banyaknya persaingan.

Oleh sebab itu, hati-hati dalam memilih bisnis waralaba mana yang terpercaya. Beberapa jenis waralaba yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Bisnis waralaba makanan dan/atau minuman
  • Bisnis waralaba minimarket
  • Bisnis waralaba apotik
  • Bisnis waralaba kecantikan dan spa
  • Dan bisnis waralaba lain sebagainya

 

Jika memang Anda tertarik untuk memiliki bisnis waralaba seperti itu, maka Anda perlu menyiapkan modal yang sangat besar dan sebuah properti yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menjalankan bisnis tersebut.

Baik kelebihan maupun kekurangannya, berbagai bisnis waralaba (franchise) bisa menghasilkan passive income bagi Anda.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Sumber 4: Network Marketing (Pemasaran Jaringan)

Sumber aset keempat yaitu network marketing (pemasaran jaringan). Network marketing, biasanya disebut sebagai direct selling, atau bisa juga disebut sebagai MLM (multi level marketing).

Di Indonesia sendiri konsep dari network marketing memiliki banyak kontroversi, padahal sebenarnya jenis bisnis ini mampu menghasilkan passive income bagi Anda.

Konsep dari network marketing ini sering disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang biasanya berujung kepada penipuan atau investasi bodong.

Sistem bisnis ini sebenarnya sudah dikenal lebih dari 60 tahun dan sudah terbukti banyak miliarder dunia berhasil dengan adanya sistem ini.

Perhatikan Biaya Tambahan Saat Mengajukan Kredit Multi Guna 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Hati-Hati dengan Penipuan Ponzi Berkedok Multi Level Marketing (MLM)]

 

Apa sih asetnya? Aset yang dimaksud adalah sebuah jaringan pelanggan yang sudah berkembang baik dan menghasilkan aset lainnya.

Aset ini perlu didukung oleh sebuah support system agar aset tetap terjaga dengan baik. Kabar buruknya, tidak semua perusahaan memiliki sistem tersebut.

Maka dari itu, Anda perlu memilih network marketing yang benar dan sudah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Tips memilih network marketing yang benar, yaitu:

  • Produk yang bagus
  • Produk dikonsumsi oleh banyak orang
  • Produk memiliki pesanan berulang yang tinggi

 

Jika Anda sungguh-sungguh memilih dengan benar sistem ini, maka dari jaringan inilah akan menghasilkan passive income bagi Anda.

 

Sumber 5: Royalty

Sumber aset terakhir yang bisa dijadikan sebagai passive income yaitu royalty.

Khususnya di Indonesia, royalty biasanya diberikan kepada para seniman, pembuat film, atau penulis buku yang sudah berhasil memberikan karyanya untuk dinikmati oleh masyarakat.

Misalnya, pencipta lagu akan mendapatkan penghasilan dari royalty karena sudah memberikan karya lagu yang baik untuk dinikmati oleh orang banyak.

8 Tips Memilih Kredit Multi Guna yang Paling Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menciptakan Pasif Income Untuk Generasi Millenial]

 

Untuk mendapatkan royalty, Anda harus berhasil memberikan sebuah karya yang dapat diterima oleh masyarakat. Semakin orang menyenangi karya Anda, semakin banyak pula “royalty” yang akan diterima oleh Anda.

Jadi, royalty dapat diartikan sebagai rasa terima kasih atas dedikasi hak cipta kepada seseorang yang telah berhasil memberikan karyanya untuk dinikmati oleh banyak orang.

 

Pilihan Ada di Tangan Anda

Dari 5 sumber aset yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, tentu Anda harus mempertimbangkan aset mana yang perlu Anda kembangkan sebagai penghasilan passive income Anda.

Pilihlah mana yang paling cocok dan sesuai dengan kemampuan dan keadaan Anda sekarang.

Jika Anda terus konsisten mengembangkan aset tersebut, maka Anda akan memperoleh keuntungan yang besar dan hal itu akan memperbaiki bahkan meningkatkan keuangan Anda ke arah yang lebih baik lagi.

5 sumber aset ini merupakan bagian yang paling umum di Indonesia untuk Anda kembangkan, karena sudah banyak orang yang sukses dan berhasil dalam mencapai finansialnya melalui salah satu dari 5 sumber aset tersebut.

 

Apakah Anda terinspirasi melalui artikel ini? Apakah Anda ingin memberikan informasi yang bermanfaat ini kepada orang terdekat Anda?

Jangan tunggu nanti, mereka juga perlu tahu informasi ini supaya mereka terselamatkan dari bahaya yang menanti!

 

Sumber Referensi:

  • Chandra Putra Negara. 31 Mei 2017. 5 Jenis Sumber Aset yang Bisa Menjadi Passive Income Bagi Anda. Successbefore30.com – https://goo.gl/mN2KWj

 

Sumber Gambar:

  • Aset, Passive Income – https://goo.gl/Mfgp1B
  • Penyewaan Properti – https://goo.gl/DujFwo