Apa saja sih syarat buat surat nikah dan berapa biayanya? Ternyata murah dan mudah, inilah beberapa poin penting untuk prosedurnya. 

Ikuti ulasan Finansialku kali ini agar Anda bisa lebih mudah mengurusnya.

 

Summary

  • Untuk membuat surat nikah, kita harus pastikan data yang kita berikan adalah data yang valid, sehingga tidak ada kepalsuan dan kecurangan dalam pembuatannya.
  • Surat nikah bisa melindungi hak suami dan istri, serta memaparkan kewajiban keduanya di mata hukum negara dan agama. 

 

Persyaratan dan Biaya Pembuatan Surat Nikah

Setiap orang pasti punya mimpi untuk menikah dengan orang tersayang, sehingga perlu untuk mengetahui syarat buat surat nikah.

Tak hanya itu, orang-orang yang akan menikah harus mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengurusnya.

Syarat buat surat nikah adalah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh KUA bahwa orang yang tertanda melangsungkan pernikahan sah secara agama dan negara.

Surat nikah juga biasa disebut dengan akta perkawinan, gunanya adalah bukti adanya pernikahan yang sah.

[Baca Juga: Demi Menikah, Apakah Bijak Mengambil Utang di Bank?]

 

Syarat buat surat nikah penting untuk kehidupan anak juga, surat nikah ini dibutuhkan untuk menegaskan status anak. Sehingga apabila terjadi perceraian, tidak ada pihak yang dirugikan karena semua sudah memiliki posisi dan bagian masing-masing.

Surat nikah juga membantu suami dan istri saling mendapatkan hak dan mengetahui kewajiban secara jelas. Disampaikan dalam bingkai hukum, dan dilindungi setiap poinnya.

Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu cara mengurus surat nikah, pun berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Sebelum mengurus surat nikah, berikut ini dokumen yang harus dilengkapi untuk syarat buat surat nikah.

 

#1 Surat Numpang Nikah dari Tempat Mempelai Pria

Sebelum melengkapi syarat buat surat nikah, surat numpang nikah dari kelurahan calon mempelai pria harus dipersiapkan. Dalam membuat surat ini, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan oleh calon mempelai pria.

Langkah-langkah pembuatan surat numpang nikah antara lain:

  • Yang pertama adalah menyiapkan surat pengantar RT dan RW, KTP dan salinannya, serta KK dengan salinannya. 
  • Selanjutnya, dokumen tersebut dibawa ke kantor kelurahan untuk mendapat surat numpang nikah di tempat calon mempelai wanita.
  • Kantor kelurahan akan mengeluarkan beberapa surat antara lain, surat keterangan untuk menikah, keterangan asal-usul, dan keterangan orang tua. 
  • Selanjutnya, bisa dilanjut ke mempelai wanita.

 

#2 Surat Pengantar Nikah dari Tempat Mempelai Wanita

Setelah surat numpang nikah sudah siap, mempelai wanita dapat membuat surat pengantar nikah dengan menyiapkan beberapa dokumen, yaitu Surat keterangan untuk menikah, keterangan asal-usul, dan keterangan orang tua.

Lalu, KTP dan salinannya beserta KK dengan salinannya yang nanti akan di antar ke RT dan RW untuk meminta surat pengantar RT dan RW.

 

#3 Mengurus Surat Nikah ke KUA

Persyaratan selanjutnya berupa dokumen lain, yaitu surat pengantar RT/RW, KTP, KK, Akta lahir, Surat Lunas PBB, Materai, N1, N2, N4 suami, dsb.

Data dokumen ini harus diserahkan untuk mendapat surat pengantar yang akan digunakan nanti untuk mengurus surat nikah di KUA.

 

#4 Syarat Mengurus Surat Nikah di KUA

Di KUA nanti, Anda akan diminta untuk memberikan dokumen-dokumen tersebut, lalu KUA akan membuatkan surat nikah. Untuk yang bertanya berapa lama pengurusan surat nikah, prosesnya tidak memakan waktu lama.

Itulah beberapa syarat buat surat nikah yang harus dilewati calon mempelai pria dan wanita yang akan menikah.

[Baca Juga: Yuk Ketahui Syarat Menikah di KUA Lengkap dengan Biayanya]

 

#5 Biaya yang Dibutuhkan

Ketika menikah, kita pasti akan menyiapkan biaya untuk persiapan pernikahan, salah satu biaya persiapannya adalah akad nikah. Jika Anda melakukan akad di kantor KUA pada hari kerja, tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

Namun jika itu diluar kantor dan juga di luar jam kerja, maka Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 600 ribuan. Hal ini mencakup biaya akomodasi untuk orang dari KUA.

Selain itu, tidak ada lagi biaya lain, bahkan tidak ada biaya administrasi surat nikah, tidak dipungut biaya sedikitpun.

Namun jangan lupa untuk tetap memasukkan biaya membuat surat nikah pada anggaran pernikahan Anda. Cantumkan semua yang dibutuhkan tanpa terkecuali.

Untuk memudahkan perhitungan dana pernikahan, Anda bisa menggunakan fitur ‘Dana Pernikahan’ di aplikasi Finansialku atau lewat Kalkulator Finansialku dengan klik link ini.

Selain mengetahui berapa total dana yang Anda butuhkan, Anda juga bisa langsung konsultasikan pada perencana keuangan Finansialku terkait rencana pernikahan Anda. Coba sekarang, yuk!

Banner Iklan Fitur Dana Pernikahan - PC Banner Iklan Fitur Dana Pernikahan HP

 

#6 Yang Perlu Diperhatikan 

Meskipun syarat buat surat nikah terlihat gampang, jangan pernah menyepelekan salah satu dokumen yang harus dilampirkan. Karena, pengajuan surat nikah akan ditolak jika salah satu dokumen tidak terlengkapi.

Pastikan data yang Anda berikan adalah data yang valid, sehingga tidak ada kepalsuan dan kecurangan dalam pembuatannya. Jika data ditemukan tidak valid, pengajuan surat nikah tidak akan diterima.

Untuk membuat surat nikah, pastikan membuat di hari yang tidak terlalu jauh dan terlalu dekat dengan hari pernikahan.

Selain itu, jangan lupa untuk terus memperbarui pengetahuan tentang hukum dan peraturan yang saat itu berlaku.

 

Manfaat Surat Nikah

Setelah mengurus surat nikah, Anda akan merasa lebih aman dan terlindungi karena memiliki pegangan hukum. Surat nikah adalah dokumen penting yang harus dimiliki akan tercipta lingkungan pernikahan yang aman.

Surat nikah bisa melindungi hak suami dan istri, serta memaparkan kewajiban keduanya di mata hukum negara dan agama. Sehingga pernikahannya akan lebih jelas arahnya dan tetap dilindungi hukum.

Surat nikah sangat penting untuk orang-orang yang akan menikah, dengan surat nikah semuanya lebih jelas dan tertata. Jangan lupa juga untuk membuat surat perjanjian pra nikah, jika dirasa dibutuhkan.

Apalagi di zaman sekarang, kepastian hukum sangat dibutuhkan sehingga surat nikah adalah salah satu yang dibutuhkan oleh mempelai.

Sebelum menikah, ada baiknya berdiskusi dengan pasangan, tujuan apa saja yang ingin dicapai ketika menikah nanti. Sehingga, dapat menghasilkan pernikahan yang proaktif dan sehat.

Termasuk juga soal keuangan, harus dibicarakan dengan baik. Oleh karena itu, yuk ajak pasangan untuk merencanakan keuangan dengan membaca ebook gratis berikut ini.

Banner Iklan Ebook Cara Wujudkan Mimpi kamu dengan Perencanaan Keuangan - PC
Banner Iklan Ebook Cara Wujudkan Mimpi kamu dengan Perencanaan Keuangan - HP

 

Karena sejatinya, syarat buat surat nikah lebih mudah dibanding mengurus pernikahan itu sendiri.

Keseluruhan proses sebelum akad adalah hal administratif dan mudah, yang sulit dijalani dan harus dipertahankan adalah proses setelah akad.

Tanggung jawab besar yang dimiliki kedua mempelai harus ditopang bersama-sama dengan ikhlas dan berbesar hati. Membuat rencana ke depan bersama, akan membantu pernikahan menuju tujuannya.

 

Makin siap dengan segala rencana pernikahan yang mudah dan murah? Ayo bagikan artikel bermanfaat ini kepada teman-teman terdekat Anda ya, terima kasih. 

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Restu Wahyuning Asih. 17 Januari 2022. Syarat, Biaya dan Cara Daftar Pernikahan di KUA Terbaru. Kabar24.bisnis.com – https://bit.ly/3qcj7dg