Keberadaan tanaman sering kali dapat membantu melepaskan rasa jenuh dan lelah. Karena itu, tidak ada salahnya untuk membuat taman minimalis di rumah.  

Ada banyak konsep taman minimalis sederhana yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi rumah Anda. Beberapa di antaranya akan diulas dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inspirasi Taman Minimalis di Rumah

Bagi Anda yang menyukai suasana alami di rumah, memiliki taman minimalis sederhana di rumah akan sangat membantu.

Ada banyak inspirasi taman minimalis yang bisa Anda pilih. Tentu saja inspirasi mana yang Anda gunakan akan sangat tergantung kepada kondisi Anda.

Namun, tidak ada salahnya untuk menggunakan referensi yang menurut Anda menarik. Setelah membahas 5 inspirasi taman minimalis pada artikel sebelumnya, berikut ini 5 inspirasi taman minimalis lainnya:

 

#6 Kombinasi Berbagai Bahan dan Elemen

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil (Part 2) 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tanaman Indoor yang Cocok Dipasang Di Rumah]

 

Bicara tentang taman, Anda tidak harus menggunakan satu elemen saja.

Selain tanaman, taman minimalis juga bisa semakin terlihat cantik jika Anda menggabungkan beberapa elemen. Misalnya kayu dan batu, atau elemen lain yang menurut Anda menarik.

Yang terpenting, bagaimana Anda menempatkan elemen-elemen ini pada tempat yang tepat.

Perpaduan dan penempatan yang tepat untuk setiap elemen dapat memberikan suasana yang segar dan taman minimalis yang mempesona di rumah Anda.

Untuk memperkuat kesan ini, Anda perlu menentukan bagian yang akan menjadi titik pusat taman. Keberadaan titik pusat ini akan membantu Anda lebih mudah menentukan elemen apa yang cocok untuk taman Anda.

Titik pusat taman bisa berupa kelompok vegetasi kecil atau objek dengan ukuran besar seperti pohon besar di tengah-tengah area taman.

 

#7 Taman Vertikal

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil (Part 2) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Caranya, Punya Taman di Rumah dan Tetap On Budget]

 

Salah satu masalah yang umum ditemukan dalam rumah modern adalah keterbatasan lahan. Rumah yang minimalis sering kali juga berarti ruang yang terbatas dan lahan yang sempit.

Untuk membuat taman di rumah seperti ini tentu saja bisa menjadi satu tantangan tersendiri.

Namun, lahan yang terbatas bukan berarti tidak bisa membuat taman minimalis. Anda bisa menerapkan konsep taman vertikal di rumah. Taman vertikal membutuhkan ruang yang lebih sedikit dibandingkan taman biasa.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membuat taman vertikal, pot-pot gantung atau menempatkan pot bunga di dinding belakang rumah bisa menjadi alternatif untuk dilakukan.

 

#8 Furnitur yang Serasi

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil (Part 2) 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tanaman Hias Gantung Paling Cantik dan Indah]

 

Selain penempatan elemen yang tepat, Anda juga bisa menambahkan furnitur-furnitur yang menurut Anda sesuai. Penempatan furnitur di taman bisa membantu membuat taman kecil Anda terasa semakin nyaman.

Menggunakan furnitur yang tepat juga dapat membantu memaksimalkan fungsi taman sesuai dengan keinginan Anda.

Anda bisa menempatkan kursi taman atau meja kecil untuk bersantai. Atau sebuah ayunan kecil jika memungkinkan.

Penggunaan furnitur ini sangat tergantung dengan kebutuhan dan selera Anda. Jika mau, Anda juga bisa menambahkan sentuhan pribadi di area taman Anda. Seperti tanda tangan, patung, atau Pernik yang menggambarkan diri Anda.

 

#9 Memperluas Area Taman

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil (Part 2) 05 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips dan Trik Sukses Cara Dekorasi Rumah Minimalis]

 

Kadang kala, ada beberapa rumah yang memiliki halaman dengan teras berlantai yang jarang digunakan. Daripada dibiarkan begitu saja, Anda bisa memanfaatkan area ini sebagai taman kecil.

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki area taman, halaman atau teras berlantai ini bisa Anda manfaatkan untuk memperluas lahan taman kecil Anda.

Misalnya dengan membongkar bagian lantai dan menanam beberapa tanaman yang Anda suka.

Selain itu, Anda juga bisa menutupi bagian lantai tersebut dengan batu-batu kecil lalu menghiasnya dengan tanaman dalam pot bunga.

Perhatikan juga kombinasi tinggi-rendah tanaman pada taman Anda agar komposisinya menjadi lebih menarik. Area ini bisa menjadi tempat Anda bersantai dan mencari inspirasi.

 

#10 Tata Lampu

10 Inspirasi Taman Minimalis Sederhana Untuk Lahan Kecil (Part 2) 06 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Jika Budget Anda Terbatas]

 

Biasanya, seseorang akan lebih sering di rumah pada malam hari sepulang kerja. Karena itu, Anda bisa mempertimbangkan dekorasi dan suasana taman pada malam hari.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan cahaya lampu. Jangan mengabaikan efek cahaya lampu taman pada malam hari.

Anda bisa mengatur beberapa bagian taman dengan memanfaatkan efek cahaya lampu. Cahaya lampu taman dapat membuat suasana taman jadi lebih memikat dan menyenangkan.

Selain itu, jika Anda senang melakukan pesta kecil, pengaturan lampu yang tepat bisa membuat taman belakang Anda jadi area pesta yang menyenangkan.

Cahaya lampu yang temaram di area taman bisa menjadi tempat yang menyenangkan juga untuk bersantai atau berkumpul bersama teman dan keluarga.

Itulah inspirasi-inspirasi taman minimalis yang bisa Anda terapkan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya keuangan Anda ya!

Jangan sampai melebihi rencana dan mengganggu keuangan Anda. Anda bisa merencanakan keuangan dengan membaca ebook dari Finansialku di bawah ini. Yuk baca dan gapai tujuan sesuai rencana yang tepat.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda memiliki inspirasi mengenai taman minimalis yang ingin Anda terapkan di rumah?

Anda bisa memilih salah satu inspirasi taman minimalis dalam artikel ini atau menggabungkan beberapa inspirasi untuk taman minimalis di rumah Anda. Selamat berkreativitas sesuai dengan selera Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Dyah Swastantika. 7 Mei 2018. 22 Desain Taman Kecil Untuk Lahan Terbatas. Homify.co.id – http://bit.ly/35b3PYT

 

Sumber Gambar:

  • Taman 1 – http://bit.ly/2QvYsOC
  • Taman 2 – http://bit.ly/2sp13ly
  • Taman 3 – http://bit.ly/35bBguh
  • Taman 4 – http://bit.ly/2tfzBqp
  • Taman 5 – http://bit.ly/2F8v4bL
  • Taman 6 – http://bit.ly/2ZBTxja