Kapankah hari merdeka finansialmu tiba? Yuk cari tahu apakah kamu sudah punya tanda merdeka finansial atau belum!

Penasaran bukan? Mari bersama-sama mengecek kebebasan finansialmu dengan 7+ tanda merdeka finansial berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengetahui Kondisi Finansialmu Saat ini

Pernahkah kamu melihat orang kaya yang terus bekerja keras demi mempertahankan kekayaannya? Hal tersebut terjadi karena dia belum mencapai kebebasan finansial.

Menjadi bebas secara finansial lebih mudah daripada menjadi kaya, sehingga sebaiknya kamu menargetkan bebas finansial terlebih dahulu sebelum mengejar kekayaan.

Untuk memperoleh kebebasan finansial, kamu dapat hidup dengan pantas dan secukupnya dan bebas utang, tanpa perlu memikirkan untuk mencari uang demi hidup serba mewah.

Tetapi sayangnya masih banyak yang mengejar kebebasan finansial tanpa mengetahui kondisi finansialnya saat ini.

Mayoritas orang hanya berpikir untuk memiliki banyak uang, bebas utang, tanpa mengecek kondisi finansialnya sekarang.

Quiz Apakah Anda Sudah Bebas Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fakta Kemerdekaan Indonesia yang HARUS Kamu Ketahui]

 

Bayangkan saja, bagaimana kamu bisa tahu bagaimana cara mencapai tujuanmu jika kamu tidak mengetahui titik awalnya? Layaknya berlomba marathon tanpa tahu titik mulainya, sejauh mana kamu harus berlari?

Nah, kamu tidak perlu cemas karena kini aplikasi Finansialku sudah menyediakan fitur untuk mengecek kesehatan keuanganmu. Dengan demikian kamu bisa mengetahui kondisi keuanganmu dengan praktis dan mudah.

Jika kamu pengguna baru, kamu bisa mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau dengan meng-klik tautan berikut ini:

Selain dengan cara mengecek kesehatan keuanganmu, sebenarnya ada beberapa ciri merdeka finansial yang mudah dikenali dan disadari.

Melalui artikel berikut, Finansial ingin tahu nih apakah kamu sudah punya 7+ tanda merdeka finansial dan cara meraih kemerdekaan finansial atau belum?

Yuk kita mainkan quiz-nya berikut ini. Kamu hanya perlu menjawab ya atau tidak dalam 10 pertanyaan di bawah. Selamat bermain!

Share the quiz to show your results !


Just tell us who you are to view your results !

Quiz: Tanda Merdeka Finansial Saya benar %%score%% dari %%total%%, Kalau kamu?
0%

 

Kami yakin poin pembaca Finansialku tentu tinggi-tinggi pastinya kan? Namun betulkah kamu sudah memiliki tanda merdeka finansial? Yuk kita simak ulasan lebih jelas mengenai setiap poinnya disini:

 

7+ Tanda Bahwa Kamu Sudah Merdeka Finansial

Penasaran apakah kamu betul dalam menjawab quiz di atas? Benarkah kamu sudah merdeka secara finansial? Mari cek bersama melalui 7+ tanda merdeka finansial berikut ini:

 

#1 Hidup Tidak Mengandalkan Gaji atau Penghasilan Aktif, melainkan Penghasilan Investasi dan Pendapatan Pasif

Pertama-tama, sebaiknya hapuskan salah kaprah kamu mengenai kaya dan bebas utang sebagai kebebasan finansial dan hilangkan pikiran bahwa kamu perlu menjadi kaya dan bebas utang terlebih dahulu untuk menjadi bebas secara finansial.

Gaji-Saja-Tidak-Cukup-Untuk-Mencapai-Kebebasan-Keuangan-02-Finansialku

[Baca Juga: Mencapai Kebebasan Finansial, Kenapa Tidak? Anda Pasti Bisa Mencapainya]

 

Ketiganya tidaklah sama dan membutuhkan cara berbeda untuk mencapainya. Tanamkanlah bahwa kunci kebebasan finansial bukanlah kedua hal tersebut, melainkan hanyalah dari pendapatan pasif.

Intinya adalah kebebasan finansial baru dapat dicapai jika: pendapatan pasif kamu setiap bulannya sudah dapat mencukupi pengeluaran per bulan kamu.

Misalkan pengeluaran kamu per bulan adalah Rp10.000.000, maka kamu baru bebas secara finansial jika pendapatan pasif kamu setiap bulan adalah sebesar Rp10.000.000 atau lebih.

Setelah kamu tidak lagi mengandalkan pendapatan aktif atau gaji untuk biaya hidup, maka kamu sudah memiliki satu ciri dari merdeka finansial.

 

#2 Bebas Utang-utang Konsumtif

Dewasa ini, perekonomian semakin sulit sehingga kredit atau utang dijadikan solusi bagi kebutuhan hidup dan pengeluaran konsumtif.

Sayangnya, jika tidak digunakan dengan bijak, kredit atau utang bisa menjadi bencana keuangan. Sebelum kamu jatuh ke lubang UTANG yang dalam, lebih baik STOP semua utang dan cicilan yang bersifat konsumtif!

Kalau memang kamu belum bisa nabung, jangan pernah mikir untuk:

  • Ambil cicilan smartphone baru,
  • Ambil cicilan mobil baru,
  • Renovasi kamar,
  • Renovasi dapur, dan sebagainya

 

Jika kamu masih berpikir demikian, artinya kamu masih belum memprioritaskan menabung. Jika tidak diprioritaskan, maka artinya kamu belum merdeka secara finansial.

 

#3 Kamu Dapat Bersyukur Dan Memberi Lebih Banyak

Banyak perencana keuangan menyarankan kamu untuk menabung dan berdonasi, namun satu pertanyaan yang sering muncul adalah:

“Bagaimana saya mau memberi donasi jika gaji atau pemasukan masih pas-pasan?”

 

Jawabannya adalah: BISA, asalkan kamu tidak menjadikan minimnya pemasukan sebagai sebuah alasan untuk tidak menabung dan berdonasi.

Dalam mencapai kemerdekaan finansial, kuncinya bukanlah MENYISIHKAN, namun MEMPRIORITASKAN dan mengalokasikan pemasukan untuk hal-hal yang prioritasnya lebih tinggi terlebih dahulu.

Jika kamu hanya menyisihkan, sama saja kamu hanya menunggu ada uang sisa untuk didonasikan, dan akan sulit mencapai konsistensi dengan cara tersebut.

Cobalah kamu lihat sebuah sistem pengelolaan uang yang sedang kami sempurnakan berikut ini:

Donasi (zakat atau perpuluhan) memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada kewajiban membayar utang atau cicilan dan pengeluaran atau biaya rumah tangga.

Dengan mengikuti skema tersebut, kamu yang sudah memberi dan berdonasi tanpa khawatir akan kebutuhan sehari-hari berarti menandakan salah satu ciri merdeka finansial.

 

#4 Dapat Pensiun Kapan pun Kamu Mau

Ciri keempat dari kemerdekaan finansial adalah kamu sudah memiliki bekal dana pensiun yang cukup, sehingga kamu bisa pensiun kapanpun kamu mau.

Saat pendapatan pasif kamu sudah lebih besar dari pengeluaran kamu, maka kamu bisa mengalokasikan gaji dan kelebihan pendapatan pasif untuk mempersiapkan masa depan kamu.

Jika belum, mulailah mempersiapkan dana pensiun dan program pensiun demi masa depan yang sejahtera. Dengan demikian kamu tidak akan membebani anak dan keluarga pada masa tua kamu.

Sudah banyak kok program pensiun yang dapat kamu manfaatkan, misalnya Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa membaca artikel berikut ini:

Tak Perlu Takut Hadapi Masa Tua, Ini Produk Dana Pensiun yang Bisa Dipertimbangkan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bedanya Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan]

 

#5 Dapat Memiliki Waktu Lebih Banyak untuk Keluarga dan Berkarya

Saat Kamu sudah memiliki kebebasan finansial alias merdeka finansial, kamu tidak lagi menjadi budak pekerjaan. Intinya adalah kini uang yang bekerja bagi kamu, sehingga otomatis kamu memiliki lebih banyak waktu luang.

Kamu tidak perlu bangun pagi pulang malam setiap hari demi memperoleh upah, investasi kamu yang akan berkembang pesat setiap harinya.

Jika kamu sudah memiliki banyak waktu luang untuk keluarga tanpa kekurangan secara finansial, maka bisa dikatakan kamu sudah merdeka secara finansial. Bagaimana dengan kamu?

 

#6 Kamu Dapat Memenuhi Kebutuhan 12 Bulan Ke Depan

Seperti telah dikatakan sebelumnya, kebebasan finansial baru dapat dicapai jika: pendapatan pasif kamu setiap bulannya sudah dapat mencukupi pengeluaran per bulan kamu.

Nah, pada tahap berikutnya, kebebasan finansial memiliki ciri yaitu memiliki bekal untuk beberapa waktu ke depan.

Misalnya saja, kamu sudah memiliki bekal untuk kebutuhan 12 bulan ke depan meski kamu tidak memperoleh penghasilan pada masa itu.

 

#7 Kamu dapat Memenuhi Kebutuhan Jangka Menengah dan Jangka Panjang

Sama dengan poin #6, dimana kebebasan finansial berarti telah mampu memenuhi kebutuhan dalam jangka menengah maupun jangka panjang tanpa harus bersusah payah selama periode tersebut.

Kebebasan finansial memberikan rasa aman, dimana uang akan selalu bekerja untuk memenuhi kebutuhan kamu, bahkan dalam jangka panjang.

Kebebasan Finansial Lewat Bisnis Properti Tujuan Keuangan Finansialku

[Baca Juga: Mulai Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini Demi Meraih Kebebasan Keuangan]

 

#8 Kamu Dapat Tidur dengan Nyenyak di Malam Hari

Tahukah kamu bahwa tidur nyenyak kerap kali dihubungkan dengan ketenangan pikiran dan hati? Iya, betul bahwa kamu baru bisa tidur nyenyak saat seluruh kekhawatiran dan ketakutan kamu diredam.

Dengan kata lain, jika kamu masih kesulitan tidur setiap harinya karena memikirkan masalah keuangan, maka kamu belum merdeka secara finansial.

Jika kamu sudah merdeka secara finansial, maka setiap harinya sudah ada pemasukan pasif yang siap membiayai seluruh kebutuhan kamu. Sehingga kamu tidak perlu lagi memikirkan hari esok hingga tidak bisa tidur.

Sudahkah kamu tidur nyenyak setiap harinya?

 

Pensiun dengan Bahagia karena Telah Merdeka Finansial

Setiap orang pasti mendambakan kebebasan finansial, perbedaannya adalah bagaimana usaha dan cara yang kamu tempuh untuk mencapainya. Dengan cara yang berbeda, kamu bisa memperoleh hasil yang berbeda pula.

Melihat 8 tanda merdeka finansial di atas, apakah kamu sudah berjalan di arah yang benar dalam mencapai kebebasan keuangan? Kami yakin pembaca Finansialku sudah hampir mencapai kemerdekaan finansialnya.

Jika belum, jangan menyerah. Masih ada waktu dan kesempatan bagimu untuk mencapai kemerdekaan keuangan.

Yuk mulai dengan merencanakan keuanganmu. Jika bingung harus memulai darimana, kamu bisa menghubungi perencana keuangan Finansialku.

Perencana keuangan kami adalah pemegang lisensi CFP® aktif dan selalu siap membantu Anda secara profesional. Untuk dapat berkonsultasi secara langsung, Anda bisa menggunakan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku.

Anda bisa upgrade Aplikasi Finansialku menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 saat upgrade Aplikasi Finansialku premium tahunan.

Sehingga Anda hanya perlu membayar Rp300.000 untuk satu tahun penuh Aplikasi Finansialku Premium. Jika dihitung-hitung hanya Rp25.000/bulan, terjangkau bukan? Yuk rencanakan sekarang!

#Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True.

 

Apakah Kamu memiliki pertanyaan mengenai 7+ tanda merdeka finansial lainnya? Tinggalkan komentar Kamu di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu, agar mereka juga bisa merdeka finansial! Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Road Map to Financial freedom| 7 Steps to Financial freedom Part 1. 24hourmillionairecoach.com – http://bit.ly/31Q8Uoh
  • Admin. Road Map to Financial freedom| 7 Steps to Financial freedom Part 2. 24hourmillionairecoach.com – http://bit.ly/30ddf4b

 

Sumber Gambar:

  • Tanda Merdeka Finansial – http://bit.ly/30nV8Zm