Sudah tau apa tanda mesin overheat? Antisipasi setiap kemungkinan buruk yang terjadi pada kendaraan Anda dengan mengetahui tanda kerusakannya sejak dini!

Temukan informasinya melalui artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku


Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kenali Tanda Mesin Overheat serta Penyebabnya

Kendaraan Anda dikatakan mengalami overheat apabila kondisi mesin kendaraan berada pada temperatur yang sangat panas. Mesin yang panas dan terus dipaksa untuk bekerja akan menyebabkan masalah pada kendaraan tersebut.

Kondisi overheat ini bisa terjadi pada kendaraan beroda dua maupun kendaraan beroda empat.

Untuk kendaraan beroda dua, overheat dapat ditandai dengan keluarnya hawa yang terlalu panas dari mesin, sehingga untuk motor dengan mesin yang terbuka, hawa tersebut bisa terasa hingga ke paha.

Selain itu, jika Anda menggunakan motor yang dilengkapi dengan indikator suhu, Anda bisa melihat tanda mesin kendaraan overheat melalui tampilan thermometer yang menyala.

Motor yang mengalami overheat biasanya dikarenakan oleh mesin yang dipaksa untuk bekerja terlalu keras.

Hati-hati Ini Tanda Mesin Kendaraan Anda Overheat 02

[Baca Juga: Ini Dia 5 City Car Termahal di Indonesia Tahun 2020]

 

Nah… bagaimana dengan mobil?

Sama halnya dengan motor, mobil juga akan mengalami overheat apabila mesinnya bekerja terlalu lama, terutama jika Anda sedang dalam perjalanan yang jauh.

Sebagian orang mungkin merasa bahwa hal ini adalah sesuatu yang biasa saja, namun sebenarnya apabila mobil terlalu sering mengalami overheat maka akan muncul masalah yang lebih parah lagi.

Hati-hati Ini Tanda Mesin Kendaraan Anda Overheat 03

[Baca Juga: Cara Merawat Mobil yang Mudah dan Hemat untuk Anda]

 

Untuk itu perlu sekali memahami dengan baik tentang kondisi mobil yang Anda gunakan, demi mencegah terjadinya masalah yang lebih berat.

Ada beberapa tanda yang bisa memberitahu pada Anda bahwa mesin kendaraan mengalami overheat.

 

#1 Berkurangnya Tenaga

Hal pertama yang bisa menandai bahwa mobil yang Anda gunakan mengalami overheat ialah tenaga mesinnya yang semakin terasa berkurang.

Suhu mobil yang terlalu panas dapat menurunkan performa mobil, sehingga biasanya pengemudi akan merasa sedikit terganggu.

Selain itu, mobil yang mengalami overheat juga bisa ditandai dengan adanya “ngelitik” yang berkepanjangan, khususnya saat Anda telah menempuh perjalanan yang jauh.

 

#2 AC Menjadi Tidak Dingin

AC mobil tentu saja memiliki fungsi untuk membuat suhu dalam kabin mobil menjadi lebih sejuk.

Namun fungsi ini sewaktu-waktu bisa saja terganggu, dan salah satu yang bisa menjadi penyebabnya ialah mesin mobil yang menjadi sangat panas.

Hal ini karena ketika mesin terus dipacu untuk bekerja terus-menerus, maka beban mesin seperti sistem pendingin akan diputuskan. Dengan begitu mesin tidak menjadi terlalu terbebani.

 

#3 Oli Berubah Warna

Pernahkah Anda melihat oli mesin yang Anda gunakan berubah warna menjadi coklat? Jika pernah, maka hal ini bisa terjadi karena mesin mengalami overheat.

Sebab jika kondisi mesin telah menjadi begitu parah, maka silinder head bisa mengalami pembengkokan. Dengan demikian, maka air akan masuk dan bercampur dengan oli mesin tersebut.

 

#4 Perhatikan Tanda pada Gauge

Mobil juga biasanya dilengkapi dengan gauge atau alat pengukur yang bisa Anda gunakan untuk melihat apakah mesin mengalami overheat.

Apabila hal itu terjadi, maka hal paling mudah untuk mengetahui tandanya ialah dengan melihat temperatur yang ditunjukkan oleh gauge tersebut.

Hati-hati Ini Tanda Mesin Kendaraan Anda Overheat 04

[Baca Juga: Punya Mobil, Ikuti Cara Merawat Wiper di Berikut Ini!]

 

Apabila temperatur yang tertera di gauge sudah menunjuk ke garis berwarna merah, maka hal ini pertanda terjadinya overheat, dan Anda perlu melakukan tindakan yang tepat.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Bagaimana Mengatasi Overheat yang Terjadi Pada Mesin Kendaraan?

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika merasa mesin menunjukkan tanda terjadinya overheat.

 

#1 Istirahatkan Kendaraan Anda

Apabila kendaraan yang Anda gunakan terlihat mengalami overheat maka sebaiknya Anda berhenti terlebih dahulu agar mesin dapat beristirahat sejenak.

Hal ini berlaku untuk mobil maupun motor!

Sebisa mungkin Anda jangan memaksa kendaraan untuk terus jalan, sebab bisa saja menimbulkan masalah yang lebih berat lagi.

 

#2 Menambah Air Radiator

Hal ini juga bisa Anda lakukan apabila mesin mengalami overheat. Namun sebelum menambah air radiator pada kendaraan, sebaiknya tunggulah beberapa saat hingga mesin terasa mulai dingin.

Apabila mulai dingin, barula buka penutup radiator tersebut. Hal ini bertujuan agar air radiator yang panas tidak sampai mengenai Anda saat membukanya.

Memang terdapat cairan khusus untuk mengisi air radiator, namun jika saat itu Anda sedang kehabisan persediaan maka Anda bisa menggantikannya dengan air biasa.

Namun apabila tangki dari pendingin ternyata masih penuh, maka cobalah melakukan pemeriksaan yang lebih intens untuk mengetahui masalah lain yang mengakibatkan terjadinya overheat.

 

Hindari Mesin Overheat

Mesin kendaraan yang mengalami overheat tentu akan membuat Anda menjadi tindak nyaman dalam perjalanan.

Untuk itu sebaiknya hindari terjadinya overheat dengan cara tidak memaksakan kendaraan terus bekerja.

Apabila Anda mulai merasakan tanda-tanda seperti yang telah disebutkan, maka segeralah beristirahat sejenak.

Yuk rencanakan pengeluaran untuk mobil atau motor kamu dengan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa kamu download di Google Play dan App Store.

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Donny Dwisatryo Priyantoro. 28 November 2019. Ini Tanda-tanda Mesin Motor Alami Overheat. Otomotif.kompas.com – https://bit.ly/396yw3Z
  • Yogi Suherman. 6 Ciri-ciri Mobil Overheating – Penyebab dan Cara Mengatasinya. Showroommobil.co.id – https://bit.ly/2va7Rot
  • Adilan Bill Azmy. 24 September 2019. Tanda Mesin Overheat dan Cara Mengatasinya. Tirto.id – https://bit.ly/32yxk7m

 

Sumber Gambar:

  • Kendaraan 01 – https://bit.ly/38kv0Ca
  • Kendaraan 02 – https://bit.ly/2TuikTy
  • Kendaraan 03 – https://bit.ly/2Tn7DTW
  • Kendaraan 04 – https://bit.ly/2IeNtW7