Walapun doa qunut sunnah ab’adl berarti jika doa qunut subuh tidak dilakukan maka tidak akan membatalkan sholat, tidak salah juga jika kita hafal doa tersebut.

Baca selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Tata Cara dan Bacaan Doa Qunut Subuh

Salat subuh merupakan salat fardu yang dikerjakan sebelum matahari terbit. Pada saat melakukan salat subuh, sebagian umat muslim menggunakan doa qunut pada sholat subuh.

Walapun doa qunut sunnah ab’adl, yang berarti jika doa qunut subuh tidak dilakukan maka tidak akan membatalkan sholat. Namun tidak salah juga jika kita hafal doa tersebut.

Apalagi shalat Subuh bisa membuka pintu rahmat dari Allah SWT. Hal tersebut sesuai dengan doa Rasulullah SAW yang terangkum dalam hadist riwayat Tirmidzi berikut ini:

“Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.” (HR> Tirmidzi).

Selain hadist tersebut. Ada keutamaan lain shalat Subuh sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Isra’ berikut ini:

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Aqimiṣ-ṣalāta lidulụkisy-syamsi ilā gasaqil-laili wa qur`ānal-fajr, inna qur`ānal-fajri kāna masy-hụdā.

 

Artinya:

“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan oleh malaikat).” (QS. Al-Isra: 78).

Oleh karena itu, mari kita tingkatkan ibadah kita selama Ramadhan ini. Shalat Subuh jangan sampai terlewatkan.

Tata Cara Qunut dan Bacaan Qunut Dalam Sholat Subuh 02

[Baca Juga: Daftar 5+ Aplikasi Jadwal Sholat untuk Android dan IOS]

 

Tata Cara

Berikut tata cara doa Qunut Subuh, melansir dari laman tribunnews.com;

  • Membaca doa ini dilakukan ketika memasuki rakaat kedua, tepat saat masih berada di posisi berdiri setelah membaca bacaan iktidal, sebelum beranjak ke posisi sujud pertama dalam rakaat tersebut.
  • Jika dalam shalat berjamaah, imam dianjurkan untuk mengeraskan suara, sedangkan makmum mengamini doa yang dibacakan imam.
  • Imam dianjurkan mengubah lafal “ihdinî (berilah aku petunjuk)” dalam doa Qunut Subuh menjadi “ihdinâ (berilah kami petunjuk)”.
  • Ini terjadi karena sang imam dalam posisi sedang memimpin shalat serta berdoa bukan untuk dirinya saja, melainkan bersama seluruh jemaah shalat Subuh yang diimaminya.
  • Ketika doa yang dibacakan berisi permohonan (harapan) atau permintaan, maka dianjurkan posisi telapak tangan menghadap ke atas.
  • Sebaliknya, jika sampai pada doa yang berisi menolak bala, maka posisi punggung tangan yang menghadap ke atas (membalikkan telapak tangan).

 

Bacaan Doa

للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ

مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa’a finii fiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a’thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya’izzu man ‘aadait, tabaa rakta rabbanaa wata’aalait.

Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa’atuubu ilaik, Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi wasallam.

 

Artinya:

Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara, dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada mereka, dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

 

Selamat menunaikan ibadah puasa, ya, Sobat Finansialku. Marhaban ya ramadhan.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

banner -zakat, infaq, dan sedekah

 

Sumber Referensi:

  • Anindya Fauziah. 13 April 2021. Jangan Sampai Lupa, Berikut Ini Bacaan Doa Qunut Subuh. Mediajabar.com – https://bit.ly/3wR9OBe
  • Sri Juliati. 12 April 2021. Bacaan Doa Qunut saat Shalat Subuh, Dilengkapi Lafal Latin, Arti, dan Tata Caranya. Tribunnews.com – https://bit.ly/3dcAMLL

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3uMMhPM
  • 02 – https://bit.ly/3ddcVvl