Apakah Anda tahu jika ternyata tawa anak menyimpan manfaat? Artikel ini akan mengupas manfaatnya, jadi ayah dan bunda simak ya artikel ini.

Simak yuk artikel Finansialku yang ini dipersembahkan oleh HerStory

 

Masa Kanak-kanak

Masa kanak-kanak adalah waktu anak belajar mengekspresikan emosi, mengenal hal di sekitarnya, serta periode tumbuh dan berkembang baik secara fisik maupun psikis.

Setiap orang tua tentu menginginkan tumbuh kembang anak itu baik. Maka orang tua perlu memperhatikan hal-hal yang dapat menunjang perkembangan anak itu sendiri.

Ada berbagai faktor yang mendukung proses tumbuh kembang anak, seperti partisipasi orang tua, kondisi lingkungan, aktivitas fisik, dll.

Dan ternyata ayah, bunda, ada satu faktor loh yang membantu perkembangan anak yang mungkin belum banyak disadari, yaitu tertawa.

 

Tawa Anak Menyimpan Manfaat

Ayah, bunda, ternyata tawa anak menyimpan manfaat bagi tumbuh kembang si kecil loh.

Saat anak tertawa, itu tidak hanya membuat anak menjadi lebih ceria dan bahagia, tetapi juga membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh.

Selain itu, di bawah ini ada berbagai manfaat lainnya dari tawa pada anak yang telah dirangkum oleh HerStory.

Tawa Anak Menyimpan Manfaat, Masa Iya Sih_ Simak Yuk! 02 Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Harus Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini?]

 

#1 Tawa Anak Menyimpan Manfaat, Untuk Menghilangkan Rasa Sakit

Endorfin yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisi otak karena tertawa akan merangsang perasaan senang.

Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa endorfin efektif memperlambat rasa sakit pada tubuh.

Sehingga tertawa dapat membantu anak-anak menangani rasa sakit. Jadi ayah dan bunda, kalau anak kita lagi sakit, mungkin ayah dan bunda bisa membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang lucu.

Untuk membuat si kecil tertawa, setidaknya mengurangi rasa sakit pada si kecil ya…

 

#2 Tawa Anak Menyimpan Manfaat, untuk Meringankan Stres Pada Anak

Bukan hanya orang dewasa saja yang merasakan stres. Anak-anak bisa merasa stres juga, lho. Seorang ahli penelitian juga menemukan fakta bahwa tertawa dapat meningkatkan suasana hati dan dapat menangkal stres.

Tertawa dapat menjadi mediasi antara konsekuensi negatif dari stres dan ketenangan psikologis. Hal ini disebabkan ketika tertawa berbagai sistem tubuh seperti pernapasan, otot, peredaran darah dan pencernaan bergerak.

Dengan begitu tertawa dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan membantu pernapasan. Hayo… ayah, bunda, kapan biasanya anak-anak akan merasa stres?

Yup, sepertinya begitu ya bun, jawabannya adalah waktu anak-anak kita sedang menghadapi ujian di sekolah.

Sepertinya kita perlu membuat si kecil tertawa setelah anak kita ujian, supaya stres si kecil jadi ringan dan bebannya berkurang karena sudah tertawa.

 

#3 Tawa Anak Menyimpan Manfaat, Untuk Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Tawa anak menyimpan manfaat lainnya yaitu, membuat tidur lebih nyenyak. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, tertawa dapat mengurangi kecemasan pada anak.

Ketika perasaan cemas perlahan sirna, maka organ tubuh pun akan menjadi tenang kembali. Setelahnya, anak dapat tidur nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik.

banner -asuransi pendidikan perlukah (1)

 

Ayah Bunda, Sudah Tahu Kan?

Ayah, bunda, sudah tahu kan kalau ternyata tawa anak menyimpan banyak manfaat? Jadi, sebagai orang tua usahakan anak selalu mendapatkan kebahagiaan dan bisa tertawa lepas yuk!

Semua demi sang buah hati tercinta.

 

Bunda, Ayah, setelah membaca artikel ini, bagikan yuk informasi ini ke bunda lainnya.

Supaya semakin banyak lagi tawa anak-anak Indonesia, karena semakin banyak orang tua yang sadar bahwa tawa anak menyimpan banyak manfaat.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama Finansialku.com dengan HerStory.co.id Semua isi artikel merupakan tanggung jawab dari HerStory.co.id sepenuhnya.

 

Sumber Referensi:

Sumber Gambar:

  • Tawa Anak Menyimpan Manfaat, Masa Iya Sih? Simak Yuk! 01 Finansialku – https://bit.ly/2Pav7N9
  • Tawa Anak Menyimpan Manfaat, Masa Iya Sih? Simak Yuk! 02 Finansialku – https://bit.ly/3fnfBIp