Pengin beli emas murni buat investasi, tapi nggak tahu tempat beli yang aman? Sini, sini!

Finansialku punya rekomendasi tempat beli emas murni yang dijamin aman dan nyaman. Selengkapnya, kamu bisa cek di artikel ini, ya!

 

Summary

  • Kegiatan ‘mengoleksi’ emas fisik berbagai bentuk, seperti perhiasan dan emas murni, sudah dilakukan dari zaman nenek moyang kita dahulu.
  • Dengan paparan teknologi, kini kita bisa mengoleksi emas murni batangan atau perhiasan dalam bentuk digital.

 

Tempat Beli Emas Murni yang Aman

Sejak zaman dulu, bahkan saat Indonesia belum terpapar teknologi yang masif, nenek moyang kita selalu menumpuk emas dalam berbagai bentuk, mulai dari membeli perhiasan atau membeli emas murni.

Sifatnya yang safe haven ini pun dimanfaatkan untuk simpanan, menukar nilai mata uang rupiah, seolah-olah paham betul kalau emas bisa melindungi uang dari gerusan inflasi.

Budaya ini terus berjalan hingga sekarang, dengan sedikit perubahan, di mana kita tidak perlu lagi mengoleksi perhiasan, atau membeli emas murni batangan untuk punya aset emas, karena kita bisa ‘mengoleksi’nya secara digital.

[Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Orang Suka Berinvestasi Emas]

 

Bukan cuma itu, modal yang harus kita keluarkan juga jauh lebih ringan dibandingkan zaman dulu, yang rasanya harus menyiapkan modal besar untuk bisa beli emas.

Biar begitu, meski paparan teknologi cukup masif, nyatanya nggak sedikit pula orang-orang yang lebih memilih untuk membeli emas murni secara konvensional, menjadikannya sebagai koleksi fisik.

Sebelum masuk ke pembahasan tempat beli emas yang aman, yuk perbanyak pengetahuan soal investasi emas supaya kita makin paham.

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS Untuk PEMULA

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

 

Lewat artikel ini, Finansialku ingin memberikan beberapa rekomendasi tempat beli emas murni yang jelas aman. Ini dia daftarnya:

 

#1 Butik Emas ANTAM

Tempat beli emas murni yang pertama adalah Butik Emas LM yang bertempat di Gedung Antam.

Lengkapnya, Butik Emas LM bertempat di Gedung Aneka Tambang, Lantai 1, Jalan Letjen. T.B. Simatupang No. 1 Lingkar Selatan, Tanjung Barat, Jakarta 12530.

Melalui butik ini, kamu bisa melakukan transaksi secara langsung, tapi yang harus kamu perhatikan adalah harganya yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan harga di Unit Bisnis Antam.

Kamu bisa mengecek harga emas Antam setiap harinya di laman Harga Emas Hari Ini.

Untuk membeli emas murni di butik emas ANTAM, kamu hanya perlu melakukan proses transaksi seperti biasa, mendatangi butik ANTAM terdekat, lalu kamu akan dilayani oleh petugas.

Setelah itu, kamu tinggal memilih produk yang kamu suka, kemudian menyelesaikan pembayaran.

[Baca Juga: Kapan Sih Waktu Terbaik Jual Beli Emas Supaya Cuan Maksimal?]

 

#2 Unit Bisnis Antam

Masih satu induk dengan tempat beli emas yang pertama, selanjutnya adalah Unit Bisnis Antam, yang juga memberikan layanan jual beli emas murni yang aman.

Terletak di daerah Pulogadung, Jakarta Timur, harga yang ditawarkan oleh Unit Bisnis Antam diklaim menjadi yang paling murah dibandingkan dengan tempat beli emas murni lainnya.

Lengkapnya, Unit Bisnis Antam ini terletak di Gedung Graha Dipta, Jalan Pemuda, No. 1 Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta 13250.

Kemudian mulai 3 Agustus 2020 lalu, Unit Bisnis Antam juga membuka cabang di kota luar Jakarta, seperti:

  • Makassar
  • Bali
  • Balikpapan
  • Banjarmasin
  • Bandung

[Baca Juga: Apakah Investasi Emas Menguntungkan di Tahun 2022? Ini Kata Ahli!]

 

Adapun, proses pembeliannya meliputi:

  • Registrasi awal dan pengambilan nomor antrian.
  • Registrasi ulng data pembeli dan pemeriksaan stok di loket. Pemeriksaan ini sekaligus dilakukan dengan perhitungan jumlah uang yang harus dibayarkan.
  • Melakukan pembayaran di booth Bank yang bekerjasama, kemudian kamu akan mendapatkan bukti pelunasan.
  • Memberikan bukti pelunasan ke loket yang sama seperti registrasi untuk dilakukan validasi.
  • Masukkan form order yang sudah divalidasi ke loket selanjutnya untuk penyiapan barang yang dibeli.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung membawa pulang emas yang kamu beli setelah nomor antreanmu dipanggil.

 

#3 UBS Gold

Tempat beli emas murni yang aman selanjutnya adalah UBS Gold, yang merupakan perusahaan milik PT Untung Bersama Sejahtera yang memproduksi emas dan logam mulia sejak 1981.

Selain emas murni, UBS Gold juga menyediakan emas berbentuk perhiasan yang memiliki berbagai pilihan gramasi dan model.

UBS Gold memiliki toko fisik yang terletak di beberapa kota di Indonesia, di antaranya:

  • Jakarta: Blok M Square Upper Ground DKS 39.
  • Surabaya: Atom Mall LT.1, Atom Mall PMN 88 Tahap V LT. 1, BG Junction, Ground Level, C-1.
  • Jember: Jalan Diponegoro No. 32A
  • Bandung: Jalan Terusan Pasir Koja No. 5
  • Semarang: Jalan Wachid Hasyim No. 35
  • Solo: Jalan Dr. Rajiman No. 62
  • Cirebon: Jalan Kebon Balok No. 32 Pekalangan.
  • Denpasar: Jalan Hasanuddin No. 49 G
  • Makassar:  Somba Opu No. 60
  • Medan: Jalan Nibung Baru No. 56 Kel. Petisah Tengah.

 

#4 Pegadaian

Bukan hanya memberikan kemudahan untuk beli emas murni secara digital, Pegadaian juga memberikan pelayanan beli emas murni secara offline lewat outlet Galeri 24. 

Lewat outlet ini, kamu bisa beli emas murni dengan berbagai pilihan, juga perhiasan dengan desain yang trendi, dan batu mulia bersertifikat.

Outlet Galeri 24 sendiri sudah tersebar di banyak daerah di Indonesia, sehingga nggak sulit untuk menemukan outlet-nya di kotamu.

Untuk membeli emas murni di Galeri 24, kamu hanya perlu dating dengan membawa kartu identitas dan melakukan transaksi seperti biasa.

Pembayarannya sendiri bisa dilakukan secara cash atau menggunakan mesin EDC.

Kalau kamu masih ragu beli emas di Galeri 24, kamu bisa dengarkan Podcast Finansialku berikut ini supaya nggak was-was.

 

#5 Bank Syariah

Kini, kamu juga bisa membeli emas murni di bank Syariah, seperti Bank Syariah Indonesia atau Bank Syariah Mandiri.

Selain memberikan layanan pembelian emas murni, kedua Bank Syariah ini juga memberikan layanan gadai untuk nasabah. Proses pembeliannya sendiri bisa dilakukan secara kredit dengan menggunakan akad murabahah.

 

Walaupun sudah banyak tempat beli emas online yang aman, tapi maraknya penipuan dengan berbagai modus yang bahkan nggak terpikirkan sama sekali, membuat banyak orang kemudian ragu.

Nah, di video berikut ini ada penjelasan ciri-ciri investasi emas bodong. Tonton videonya, ya, biar kita tidak ikut terjerumus.

 

Apakah kamu pernah melakukan transaksi di salah satu dari kelima tempat beli emas murni ini? Yuk, bagikan pengalamanmu kepada Sobat Finansialku lainnya di kolom komentar!

Kamu juga bisa membagikan informasi kepada teman-temanmu yang tertarik untuk invesstasi emas lewat pilihan platform media sosial di samping!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Denis Riantiza Meilanova. 10 Juli 2019. Berminat Investasi Emas, Ini Sejumlah Tempat dan Cara Beli Emas. Finansial.bisnis.com – https://bit.ly/36uZTZq
  • Admin. Januari 2015. Pengalaman Membeli Emas Di Antam Pulogadung. Alaurang.com – https://bit.ly/3weDUAr
  • Alya Zulfikar. 03 Februari 2022. 5 Cara Beli Emas Antam Secara Langsung Dan Online. Dilengkapi Syarat Dan Ketentuannya!. 99.co – https://bit.ly/3Jo2tyM
  • Gita Rossiana. 15 Januari 2021. Bank Syariah Mandiri Luncurkan Layanan Gadai dan Beli Emas Online. Investor.id – https://bit.ly/3KOhYAn
  • Admin. 11 Mei 2020. Awas Tertipu, Ini 5 Tempat Pembelian Logam Mulia yang Paling Aman. Galeri24.co.id – https://bit.ly/3wlKZ2a