5 lokasi di Indonesia ini dikenal sebagai tempat paling angker. Apa saja itu? Anda pernah mengunjungi dan mengalami hal mistis di sana?

Simak dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tempat Paling Angker di Indonesia

Merinding, bulu kuduk berdiri dan ga tahan buat menjerit. Itulah kesan yang timbul ketika kita berada di sebuah lokasi yang mistis. Ada banyak tempat mistis di berbagai belahan dunia ini, termasuk di Indonesia.

Tak jarang dari kisahnya yang menyeramkan, para sutradara film horor mengangkatnya menjadi sebuah karya film.

Ada banyak saksi mata yang membuktikan keberadaan hal-hal gaib di berbagai lokasi tersebut. Percaya ga percaya, mereka memang ada!

Berikut ini 5 tempat paling angker di Indonesia & buktikan sendiri jika Anda tidak percaya!

 

#1 Tempat Paling Angker, Rumah Pondok Indah Jakarta

Rumah Pondok Indah Jakarta memang sudah dikenal sebagai tempat angker. Keangkeran dari rumah mewah ini bahkan sudah dibuat dalam sebuah film sebanyak dua kali.

Film yang pertama di tahun 2006 disutradarai oleh Rudy Soedjarwo dan dibintangi oleh artis ternama seperti Asha Shara, Ricky Harun, Arswendi, Chintami Atmanegara dan Titi Qadarsih.

Film berikutnya di tahun 2013 dengan judul Rumah Angker Pondok Indah. Dibintangi oleh Bella Shofie, Nabila Putri dan Ferly Putra.

Menurut cerita, rumah mewah tersebut kerap muncul penampakan berwujud bapak-bapak dan seorang perempuan.

Sempat beredar kabar yang menghebohkan masyarakat di akhir tahun 2002 dimana seorang tukang nasi goreng dikabarkan hilang dan hanya ditemukan gerobaknya di depan rumah mewah tersebut.

Menurut saksi, malam sebelumnya sang tukang nasi goreng mengantarkan nasi goreng yang dipesan oleh seorang perempuan dari dalam rumah angker tersebut, padahal rumah tersebut sudah lama tidak ada penghuninya.

Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, konon seisi rumah tersebut tewas terbunuh dalam sebuah peristiwa perampokan yang bermotif persaingan bisnis. Sepeninggal para penghuni, rumah tersebut tidak lagi ada yang berani melangkahkan kaki ke dalam rumah tersebut karena berbau mistis dan angker.

 

#2 Rumah Kentang

Disebut sebagai rumah kentang karena menurut cerita yang beredar, sering tercium bau kentang rebus dan suara anak kecil yang menangis dari dalam rumah tersebut.

Kabarnya, rumah yang berlokasi di daerah Prapanca, Jakarta Selatan itu pernah ada seorang anak kecil yang tidak sengaja jatuh ke dalam sebuah kuali berisi rebusan kentang. Alhasil, anak tersebut terebus hingga tewas.

Kisah dari keangkeran rumah ini juga diangkat ke layar lebar di tahun 2012 dengan judul “Rumah Kentang”.

 

#3 Hutan Halimun Salak – Jawa Barat

Tidak hanya sebuah bangunan, bahkan hutan pun disebut-sebut sebagai tempat mistis, seperti Hutan Halimun Salak yang terletak di wilayah Gunung Halimun dan Gunung Salak, Jawa Barat.

Kemistisan hutan ini juga nampak dari adanya beberapa bangunan Pura yang konon dibangun untuk menghormati Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Menurut kabar, hutan tersebut ditinggali oleh makhluk gaib, sisa prajurit Prabu Siliwangi.

5 Tempat Paling Angker di Indonesia! Pernah Kesana 2

[Baca Juga: Apakah Anda Tipe Investor yang Terlalu Percaya Diri? Kenali Gejala “Overconfidence Bias” agar Investasi Anda Aman!]

 

Tak hanya sekali, bahkan 6 kali terjadi kecelakaan pesawat yang dikabarkan sempat jatuh di kawasan hutan tersebut. Pada tahun 2002, 2003, tahun 2004 terjadi 2 kali, tahun 2008 dan yang terakhir di tahun 2012 yang adalah pesawat Sukhoi Superjet 100.

Jatuhnya pesawat-pesawat tersebut dinilai masyarakat karena kegaiban hutan Halimun Salak.

 

#4 Lawang Sewu

Mendengar lokasi tempat Lawang Sewu, tentu sudah membuat Anda merinding bukan?

Sebuah bangunan besar hasil peninggalan pemerintah Belanda ini memang sebuah wujud karya artistic yang menawan namun juga memiliki nilai mistis yang mendalam.

Bangunan yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah dan berdiri sejak tahun 1904 ini pernah difungsikan sebagai tempat penting, seperti Gedung Pemerintahan Belanda, Gedung Kereta Api, bahkan tempat penyiksaan bagi para tahanan yang dijatuhi hukuman.

5 Tempat Paling Angker di Indonesia! Pernah Kesana 1

 [Baca Juga: Ilustrasi: Orang Sukses Punya Cara Sendiri dalam Membuat Rencana. Bagaimana dengan Anda?]

 

Karena banyaknya tahanan yang meninggal di sana, gedung Lawang Sewu dikenal menjadi tempat yang menyeramkan dan angker. Beberapa saksi mata sering melihat banyaknya bayangan prajurit yang mondar-mandir di koridor dan tercium bau busuk dari ruang bawah tanah.

Karena aroma kemistisannya, Lawang Sewu sempat diangkat menjadi film layar lebar dengan judul “Lawang Sewu”.

 

#5 Mall Klender

Masih ingat dengan kerusuhan tahun 1998? karena krisis moneter dan terguncangnya tanah air karena usaha untuk menggulingkan rezim Soeharto?

Tahun 1998 merupakan masa kelam Indonesia dimana terjadi aksi penjarahan, terutama di Ibu kota Jakarta. Mall Klender, salah satu mall di bilangan Jakarta Timur yang tak luput dari sasaran para penjarah.

Mall tersebut dibakar saat terjadinya kerusuhan dan banyak orang meregang nyawa terbakar di dalamnya.

Menurut kabar, mayat-mayat yang bergelimpangan di dalam Mall Klender tidak dimakamkan dengan layak dan membuat Mall Klender menjadi menyeramkan.

Terjadi hal mistis yang terekam oleh banyak saksi mata, yaitu para warga sekitar, diantaranya seperti penampakan segeromblan orang dengan kulit menghitam yang jalan dengan tergesa-gesa dengan bau bakaran yang tiba-tiba tercium.

Cerita mistis tersebut akhirnya diangkat dalam sebuah film layar lebar di tahun 2014 dengan judul “Mall Klender”.

 

Dari ke-5 tempat paling angker di Indonesia tersebut, pernahkah Anda mengunjungi salah satunya dan memiliki pengalaman yang menyeramkan? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Liputan6. 29 Agustus 2019. 6 Tempat Paling Berhantu di Dunia, Ada Dari Indonesia. Liputan6.com – https://bit.ly/374V
  • Romi Subhan. 28 November 2019. Seram! Ini 5 Lokasi Angker di Indonesia yang Pernah Diangkat Ke Layar Lebar. Popbela.com – https://bit.ly/2NuFs2k
  • Dio Firdaus. 21 November 2019. 5 Hutan Paling Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Tempat Mati Ratusan Jiwa. Hai.grid.id – https://bit.ly/30uzP9I
  • Albert Supargo. 31 Oktober 2019. 7 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dengan Kisah Mistis. Travel.kompas.com – https://bit.ly/3aaP109

 

Sumber Gambar:

  • Tempat Angker 01 – http://bit.ly/367Qyk6
  • Tempat Angker 02 – http://bit.ly/38mDrNp
  • Tempat Angker 03 – http://bit.ly/2G1VoF4