Tempat wisata di Ende Nusa Tenggara Timur ini ternyata cantik-cantik, lho. Kamu pasti tidak akan bosan jika berkunjung ke sana!

Tempat wisata apa yang paling populer dan menjadi favorit wisatawan? Simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bertolak ke Timur Indonesia

Pesona Nusa Tenggara tidak pernah diragukan. Baik bagian barat atau timur, keduanya selalu membuat pelancong berdecak kagum.

Ende merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan memiliki banyak sekali potensi dan pesona alam.

Ende menjadi surga tersendiri bagi wisatawan. Terlebih kehadiran tempat wisata yang begitu eksotik siap menyambut siapa pun yang datang ke sana.

Ende bagi Indonesia tak sekadar tempat wisata. Tetapi juga menjadi saksi bisu pengasingan Presiden Soekarno di masa penjajahan. Jika sempat, tidak ada salahnya kamu singgah sebentar di surga tersembunyi ini.

Kesalahan Mengatur Keuangan 05 Liburan - Finansialku

[Baca Juga: TOP 10 Tempat Wisata Purwakarta yang Hits: Gunung, Waduk, Curug!]

 

Rekomendasi Tempat Wisata di Ende

Tempat wisata di Ende menyimpan banyak pesona. Salah satunya barangkali akan membuat kamu jatuh cinta. Berikut rekomendasi tempat wisata di Ende yang dapat kamu datangi:

 

#1 Situs Pengasingan Bung Karno

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 01 - Finansialku

Situs Pengasingan Bung Karno

 

Tiap tahun, semua rakyat Indonesia memperingati hari lahir Pancasila pada 1 Juni. Tapi, tahukah kamu jika sila-sila di dalamnya lahir ketika Sang Proklamator merenung di tempat ini?

Situs Pengasingan Bung Karno memiliki bentuk berupa rumah sederhana dengan halaman yang cukup luas. Di sini, beliau tinggal dengan salah seorang istrinya yang bernama Inggit Garnasih sekitar tahun 1934-1938.

Di sini, pengunjung akan diajak tapak tilas kenangan Bung Karno. Kamu dapat menyaksikan kamar dan ranjang yang dipakai Bung Karno. Begitu pun dengan peralatan rumah tangga dan sumur yang masih berfungsi.

 

#2 Taman Renungan Bung Karno

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 02 - Finansialku

Taman Renungan Bung Karno

 

Tak jauh dari Situs Pengasingan Bung Karno, terdapat Taman Renungan Bung Karno yang lagi-lagi menjadi saksi bisu perjuangan beliau. Awalnya, di taman ini dibangun patung Bung Karno yang sedang berdiri.

Namun, belakangan patung tersebut diubah menjadi duduk di pinggir kolam dan berada dekat dengan pohon sukun bercabang lima.

Pohon sukun itu masih ada hingga sekarang. Dahulu, di bawah pohon itulah Bung Karno merenung.

 

#3 Danau Kelimutu

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 03 - Finansialku

Danau Kelimutu

 

Tempat wisata di Ende berikutnya adalah Danau Kelimutu. Danau Kelimutu adalah salah satu ikon yang menarik perhatian. Bagaimana tidak, danau yang juga dikenal dengan Danau Tempe ini memiliki tiga warna.

Danau ini terletak di puncak Gunung Kelimutu. Selain cantik, danau ini juga terkenal karena kemistisannya.

 

#4 Pantai Tangga Alam

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 04 - Finansialku

Pantai Tangga Alam

 

Pantai Tangga Alam memiliki keistimewaannya tersendiri. Pantai berpasir hitam menjadi daya tarik yang tak dapat ditolak.

Pemandangan makin menakjubkan berkat Gunung Meja dan Gunung Iya di depannya. Singkatnya, ini adalah tempat yang tepat untuk mengisi feed Instagram.

 

#5 Pantai Mbu’u

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 05 - Finansialku

Pantai Mbu’u

 

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Maka, tak heran jika memiliki banyak pantai. Bahkan, negeri ini termasuk salah satu negara paling beruntung yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia.

Di sini, kamu akan disuguhi hamparan pasir berbatu hijau muda beraneka bentuk. Tak ketinggalan, pemandangan Gunung Meja dan Gunung Iya juga terlihat dari sini.

 

#6 Museum Tenun Ikat

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 06 - Finansialku

Museum Tenun Ikat

 

Museum Tenun Ikat adalah tempat wisata di Ende yang cocok untuk kamu yang senang wisata bermuatan edukasi. Selaras dengan tajuknya, tempat ini menyimpan dan memajang kain-kain tenun ikat serta alat pembuatannya.

Di sini, kamu tidak akan dibiarkan sendirian. Kamu bisa meminta pemandu wisata bercerita agar esensi budaya bisa kamu pahami dengan baik. Setelah selesai, kamu bisa berdonasi untuk museum.

 

#7 Museum Bahari

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 07 - Finansialku

Museum Bahari

 

Museum Bahari sedikit berbeda dari tempat sejenis di Indonesia. Museum Bahari hanya terdiri dari satu ruangan yang tidak terlalu besar.

Tapi, kamu tak perlu silap—atau buru-buru mengurungkan niat untuk berkunjung. Sebab, beberapa koleksinya akan membuatmu berdecak kagum.

Sebut saja kerangka paus dan lumba-lumba yang besar. Belum lagi koleksi biota laut lainnya yang tak kalah menarik, seperti kuda laut, ayam berkaki tiga, hingga seafan yang dikeringkan.

 

#8 Air Terjun Marundao

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 08 - Finansialku

Air Terjun Marundao

 

Tempat wisata di Ende berikutnya adalah Air Terjun Marundao yang memiliki pesona kuat. Dibalut hutan yang asri, air terjun ini tampak cantik.

Aliran air terjun ini tergolong deras dan sangat jernih. Jika berkunjung ke sini, pasti kamu tak tahan untuk mandi.

Menariknya, di lokasi yang sama, kamu bisa menemukan sumber air panas. Nah, selain mandi air dingin, kamu bisa berendam air panas, ya!

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#9 Bukit Zedha Zamba

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 09 - Finansialku

Bukit Zedha Zamba

 

Bukit Zedha Zamba menjadi alternatif bagi kamu yang sudah bosan ke pantai. Suasana di tempat ini sangat tenang. Selain itu, panoramanya sangat memanjakan mata.

Jika kamu berkesempatan bermalam di sini coba perhatikan langit. Kamu akan mendapati langit penuh bintang karena di sini sangat minim polusi cahaya.

 

#10 Pantai Penggajawa

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 10 - Finansialku

Pantai Penggajawa

 

Pantai Tangga Alam sangat ikonik berkat pasir hitamnya. Namun, Pantai Penggajawa tidak dapat ditolak berkat batu-batuannya. Batu-batu di sini sangat unik dan memberikan kepuasan tersendiri.

Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Batu Biru karena batu di sini berwarna demikian.

 

#11 Desa Wisata Sasak Ende

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 11 - Finansialku

Desa Wisata Sasak Ende

 

Tak hanya Bali yang memiliki desa wisata. Ende juga bisa unjuk gigi dengan Desa Wisata Sasak Ende.

Di sini, wisatawan akan diajak mengenal lebih dekat desa beserta kearifan lokalnya. Seusai liburan di sini, dijamin kamu akan memahami upacara adat, kerajinan khas, hingga kebiasaan masyarakatnya.

 

#12 Kampung Adat Bena

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 12 - Finansialku

Kampung Adat Bena

 

Selain Desa Wisata Sasak Ende, kamu juga bisa mengunjungi Kampung Adat Bena. Selain kearifan lokalnya, pengunjung juga akan dimanjakan dengan segarnya udara dan sejuknya suhu.

Untuk berfoto, Kampung Adat Bena juga pilihan yang baik. Semua rumah di sini berdiri dengan ciri khasnya sehingga tampak cantik dipotret.

 

#13 Kampung Adat Saga

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 13 - Finansialku

Kampung Adat Saga

 

Kampung Adat Saga memiliki adat yang erat. Itulah alasan mengapa kampung tersebut masuk di daftar ini.

Kampung Adat Saga memiliki kebudayaan unik, terutama bangunan tradisionalnya yang bernama Sa’o. Kampung ini terletak di Saga, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

 

#14 Kampung Adat Ranggase

Jarang Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata di Ende yang Wajib Dikunjungi! 14 - Finansialku

Kampung Adat Ranggase

 

Tempat wisata di Ende yang terakhir adalah Kampung Adat Ranggase yang terletak di tengah hutan kecil di Ende. Di tengahnya, kamu akan menemukan Desa Moni.

Jika beruntung, kamu bisa bertemu Mama Maria, anak kepala adat, yang siap menjelaskan banyak hal mengenai budayanya. Termasuk adanya lambang payudara di pintu masuknya.

 

Yuk, Manjakan Diri!

Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat di atas atau mencari rekomendasi sendiri mengenai tempat impian. Jangan lupa, patuhi tetap protokol kesehatan dengan menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak.

Untuk kamu yang masih bingung merencanakan keuangan untuk berlibur, jangan khawatir. Kamu bisa merencanakan dana liburan kamu dengan aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat membantu kamu mengetahui berapa dana yang harus kamu siapkan untuk liburan kamu sesuai dengan kondisi keuanganmu, lho.

Tunggu apa lagi? Ayo, download aplikasinya dan rencanakan liburan kamu dengan mengunjungi tempat wisata di Ende.

playstore icon
appstore icon

 

Sobat Finansialku, itulah rekomendasi tempat wisata di Ende yang wajib dikunjungi. Tak hanya tempatnya yang indah, namun tempat wisata di Ende di atas juga sarat akan sejarahnya.

Bagikan pula artikel ini pada kawan dan keluargamu ya, supaya bisa liburan bersama. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 01 Juni 2017. 13 Objek Wisata Di Ende. Salah Satunya Tempat Lahirnya Pancasila. Mytrip.co.id – https://bit.ly/2Gpgydt
  • Admin. 10 Tempat Wisata di Ende NTT Terbaru & Paling Hits Dikunjungi. Nyero.id – https://bit.ly/2IqoIKd
  • Admin. 10 Tempat Wisata Di Ende. Wisato.id – https://bit.ly/3lpxuqe
  • Admin. Objek Wisata di Ende. Tripadvisor.co.id – https://bit.ly/2IhPQew

 

Sumber Gambar:

  • Tempat Wisata 1 – https://bit.ly/36R2CZr
  • Tempat Wisata 2 – https://bit.ly/3ffVPwa
  • Tempat Wisata 3 – https://bit.ly/3lQmEcK
  • Tempat Wisata 4 – https://bit.ly/3nEa3Kk
  • Tempat Wisata 5 – https://bit.ly/3kHXKec
  • Tempat Wisata 6 – https://bit.ly/36ZohyW
  • Tempat Wisata 7 – https://bit.ly/3ffQmWe