Bunyi kretek – kretek saat kita membunyikan leher memang terasa melegakan. Tapi, ternyata ada pro kontra terhadap perilaku membunyikan leher ini. Yuk, simak agar kita lebih berhati – hati!

 

Dampak Dari Membunyikan Leher

Pernahkah kalian membunyikan leher saat terasa pegal? Kebiasaan ini ternyata memiliki efek positif dan negatif, lho. Orang-orang umumnya suka membunyikan leher untuk menghilangkan ketegangan atau hanya sekadar kebiasaan. Lantas seperti apa efek yang dihasilkan jika kita membunyikan leher?

 

Manfaat

Ada tiga manfaat dari membunyikan leher, diantaranya:

 

#1 Efek Positif Pada Mental

Berdasarkan penelitian, membunyikan leher akan membuat mental kita lebih sehat. Bunyi yang dihasilkan akan dianggap sebagai sinyal pelepasan penat pada leher. Dengan begitu ketegangan pun menghilang.

 

#2 Efek Plasebo

Saat membunyikan leher mungkin kita menganggap ada sesuatu yang terjadi pada sendi atau tulang. Faktanya tidak ada efek khusus dari hal tersebut. Melainkan suara yang ditimbulkan memberikan sugesti kita untuk merasa lebih baik. Efek inilah yang dinamakan efek plasebo.

Ternyata Ada Plus Minus Membunyikan Leher, Penasaran 02-Finansialku

Sumber: Unsplash – https://bit.ly/2SAsbee

 

#3 Melepaskan Endorfin

Endorfin dikenal sebagai hormon penghilang stres. Gunanya untuk membantu mengatasi rasa sakit dan membuat perasaan lebih baik. Saat membunyikan leher, kelenjar pituari akan melepaskan hormon endorfin ke area sendi dan leher sehingga merasa lega.

 

Risiko

Selain membahas ketiga manfaat tadi, ada baiknya kita juga mengetahui sisi buruk dari kebiasaan ini. Kebiasaan ini memiliki risiko yang dapat berpengaruh pada kesehatan.

 

#1 Menyebabkan Saraf Terjepit

Apabila membunyikan leher terlalu kuat berisiko menyebabkan saraf terjepit pada leher. Kondisi ini menyebabkan leher menjadi sulit digerakkan atau bahkan tidak bisa sama sekali.

[Baca Juga: Apa Bisa Daftar BPJS Kesehatan Untuk 1 Orang Saja Dalam 1 KK? ]

 

#2 Otot semakin tegang

Sebagian besar membunyikan leher untuk mengurangi ketegangan pada otot leher. Tetapi, jika membunyikan leher terlalu kuat justru berpotensi memperparah ketegangan otot leher.

 

#3 Meningkatkan risiko pembekuan darah

Terdapat banyak pembuluh darah penting yang berkaitan dengan otak di sekitar tulang leher. Membunyikan leher terlalu kuat dan sering dapat meningkatkan risiko tertusuknya pembuluh darah area leher. Kondisi ini dapat menyebabkan pembekuan darah yang berpotensi menghalangi aliran darah ke otak.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

 

Sobat Finansialku, sekarang kalian sudah tahu kan, dampak baik dan buruk dari membunyikan leher. Bagikan artikel ini dengan teman dan sanak saudara kalian, agar mereka tahu apa yang kamu ketahui juga.

 

Artikel ini merupakan kerjasama antara Finansialku.com dengan Herstory.co.id. Isi dari artikel ini merupakan tanggung jawab sepenuhnya oleh Herstory.co.id

 

Editor: Julius Fallen

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar: https://bit.ly/3dqr0VO