Sebagai negara yang pernah menjadi satu dengan Indonesia, ternyata Timor Leste menyimpan banyak objek wisata.

Setidaknya, Anda dapat menemukan lebih dari 7 destinasi wisata di negara tersebut. Penasaran apa saja objek wisata di Timor Leste?

Ikuti ulasannya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Berlibur ke Negara Tetangga, Timor Leste

Bingung menentukan destinasi liburan akhir tahun? Ingin liburan ke negara yang tak biasa? Timor Leste bisa jadi destinasi liburan Anda kali ini.

Secara geografis, Timor Leste berada tak jauh dari Nusa Tenggara Timur. Bahkan dulunya, Timor Leste merupakan bagian dari Indonesia, sebelum referendum di tahun 2002.

Wilayah ini dikenal dengan nama Timor-Timur. Saat itu, rakyat Timor Timur memilih untuk melepaskan diri dari Indonesia.

Setelah peristiwa itulah, Timor Leste mulai berbenah diri dan melakukan pembangunan infrastruktur yang cukup drastis.

Beberapa tempat wisata pun mulai dikelola secara profesional. Tujuannya tentu saja untuk menarik perhatian para wisatawan, baik dari Timor Leste maupun luar negeri.

Untuk menuju ke Timor Leste, Anda perlu menyiapkan keuangannya dong. Tidak mungkin Anda pergi ke sana tanpa menyiapkan keuangan. Bisa-bisa Anda terlunta-lunta di negeri orang.

Oleh sebab itu, Anda butuh yang namanya Rencana Keuangan untuk Liburan ke Timor Leste. Salah satu aplikasi yang mudah dan praktis untuk Anda gunakan yaitu Aplikasi Finansialku. Coba cek video berikut ini:

 

Jika Anda tertarik menggunakannya sendiri dalam menghitung liburan ke manapun, Anda bisa langsung download di Google Play Store.

 

Sebagai tambahan, Anda juga bisa membaca buku Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True. Buku ini menjelaskan banyak langkah-langkah praktis dalam merencanakan dan mengatur keuangan demi mewujudkan tujuan keuangan Anda.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

MAU BUKU FINANSIALKU

 

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Berbicara soal Timor Leste, tak lengkap kalau kita tak membahas 7 tempat wisata yang wajib dikunjungi. Apa saja deretan tempat wisata indah nan mempesona tersebut?

Berikut daftar tempat wisata memukau di Timor Leste.

 

#1 Cristo Rei, Patung Yesus Terbesar

Patung Yesus terbesar ini bukan berada di Rio De Janeiro, tapi Dili. Masyarakat sekitar menyebutnya Kristus Raja Dili. Berada di Semenanjung Fatucama, Anda harus menaiki 500 anak tangga untuk sampai ke puncak.

Dari atas, Anda bisa melihat keindahan pantai berpasir putih yang sulit ditemukan di Indonesia. Jangan lupa untuk mengabadikan foto dari situs Kristus Raja Dili dengan latar pemandangan indah tersebut.

Wajib Kunjungi 7+ Lokasi Ini Saat Berkunjung Ke Timor Leste 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Destinasi Wisata Selfie Kekinian yang Ada di Bandung]

 

Berdasarkan sejarah, patung Yesus merupakan pemberian Presiden Soeharto ke rakyat Timor-Timur. Pada saat itu, Timor-Timur tercatat sebagai provinsi ke-27 Indonesia.

Angka 27 ini turut menyimbolkan tinggi dari patung Yesus, yakni 27 meter. Timor Leste sendiri melakukan referendum di tahun 2002. Mereka memutuskan untuk melepaskan diri dari Indonesia dan membentuk negaranya sendiri.

 

#2 Pulau Atauro dan Jaco, Spot Diving Terbaik

Kalau Anda pencinta biota laut, menyelam bakal jadi aktivitas menyenangkan. Beranjak sedikit dari Dili, Anda bisa mengunjungi Pulau Atauro dan Jaco. Disini, kehidupan bawah lautnya masih benar-benar terjaga dan lestari.

Wajib Kunjungi 7+ Lokasi Ini Saat Berkunjung Ke Timor Leste 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Liburan Ke Korea Selatan? Yuk Cek Dulu Dana Perjalanan (Plus Info Liburan Murah dan Wisata Gratis)]

 

Tanpa harus menyelam sekalipun, Anda sudah bisa melihat berbagai ikan dan terumbu karang yang sangat indah. Pulau Atauro sendiri memang dikenal sebagai segitiga karang dunia.

 

#3 Santa Cruz, Pemakaman Para Fretilin

Jika Anda ingat kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) Santa Cruz, Anda mungkin tertarik mengunjungi taman makam pahlawan ini. Seperti yang kita ketahui, insiden tersebut menelan banyak korban jiwa dari Timor-Timur.

Pada saat itu, rakyat Timor-Timur memperjuangkan kemerdekaan dan ingin lepas dari Indonesia. Sayangnya, insiden menyedihkan justru mewarnai perjuangan rakyat Timor-Timur.

Wajib Kunjungi 7+ Lokasi Ini Saat Berkunjung Ke Timor Leste 04 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp5 Juta Sebulan, Mau Liburan Keliling Eropa? Ini Caranya]

 

Untuk memperingati perjuangan para pahlawan kemerdekaan tersebut, pemerintah Timor Leste mengelola taman makam Fretilin.

Fretilin merupakan singkatan dari Frente Revolucionaria de Timor-Leste Independente. Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti gerakan pertahanan untuk memperjuangkan kemerdekaan Timor Leste.

 

#4 Marobo, Pemandian Air Panas

Lelah berkeliling kota Dili, cobalah mampir sebentar ke Marobo yang berada di ujung Barat Dili.

Untuk sampai kesana, Anda harus menempuh perjalanan darat selama 4 jam. Jangan khawatir bosan, sebab Anda bakal disambut pepohonan rimbun nan hijau di sepanjang jalan.

Wajib Kunjungi 7+ Lokasi Ini Saat Berkunjung Ke Timor Leste 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Dunia atau Kerja Di Luar Negeri? Buat Paspor Dulu Dong!]

 

Marobo sendiri masuk dalam wilayah Maliana yang dikenal dengan suhu dinginnya.

Di Marobo, Anda akan menemukan 3 kolam dengan ukuran dan warna air berbeda.

Kolam pertama berisi air panas dari mata air pegunungan langsung. Selanjutnya, kolam berwarna hijau dengan air bertemperatur hangat. Terakhir, ada kolam berwarna putih yang didominasi air bersuhu dingin dan tinggi kandungan kapur.

 

#5 Gunung Ramelau, Puncak Tertinggi Timor Leste

Bukan hanya menyaksikan keindahan Timor Leste dari ketinggian, disini Anda bisa pula berwisata religi.

Pasalnya, di puncak gunung terdapat patung Bunda Maria yang suci bagi umat Katolik. Puncak Gunung Ramelau sendiri berada di ketinggian 2986 mdpl.

Wajib Kunjungi 7+ Lokasi Ini Saat Berkunjung Ke Timor Leste 06 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

Dari sini, pemandangan kota Dili terlihat jelas, setelah matahari terbit. Kebanyakan wisatawan memang datang untuk berburu sunrise atau matahari terbit.

Jalur pendakiannya pun sangat mudah, cuma butuh 2-3 jam saja.

 

#6 Ai Pelo, Penjara Peninggalan Portugis

Seperti yang kita ketahui, Timor Leste merupakan salah satu negara bekas jajahan Portugis. Tak perlu heran kalau Anda melihat banyak bangunan peninggalan bangsa Portugis di sini.

Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Ai Pelo. Sayangnya, bangunan penjara sudah tidak utuh, hanya menyisakan puing-puing saja.

Wajib Kunjungi 7+ Lokasi Ini Saat Berkunjung Ke Timor Leste 07 - Finansialku

[Baca Juga: Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It!]

 

Meskipun demikian, masih terlihat sisa-sisa kemegahan bangunan penjara yang disinyalir memiliki ruang bawah tanah. Untuk dapat pengalaman tak terlupakan, datanglah di saat senja guna mengabadikan foto.

 

#7 Baucau, Kota Lama Portugis

Kota terbesar kedua di Timor Leste ini masih didominasi oleh bangunan mediterania kuno dari Portugis.

Anda benar-benar menyaksikan kota tua yang sangat indah. Di setiap sudut, Anda bisa melihat bangunan-bangunan tua yang masih berdiri kokoh.

Wajib Kunjungi 7+ Lokasi Ini Saat Berkunjung Ke Timor Leste 08 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Murah: Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker? Lihat Perhitungannya!]

 

Beberapa diantaranya adalah o mercado (pasar) dan pousada (hotel). Dulunya, Baucau sempat dijadikan pusat pemerintahan Portugis.

Sebelum dinamakan Bacau, pemerintah Portugis kerap menyebutnya Vila Salazar yang terinspirasi dari seorang dictator Portugis.

 

#8 Konis Santana, Taman Nasional dengan Keragaman Hayati

Timor Leste ternyata juga punya taman nasional yang sangat luas. Disini, berbagai keragaman hayati masih bisa Anda temui, seperti burung kakatua, merpati hijau, merpati kaisar timor, dan lain sebagainya.

Dari catatan ditemukan ada lebih dari 200 spesies yang dilindungi oleh pengelola Taman Nasional Konis Santana.

Tertarik mengajak buah hati liburan kesini?

Wajib Kunjungi 7+ Lokasi Ini Saat Berkunjung Ke Timor Leste 09 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Barang yang Harus Dibawa Untuk Menghemat Biaya Liburan]

 

Mengatur Itinerary untuk Berlibur di Timor Leste

Nah, itu tadi 7 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berlibur di Timor Leste.

Bukan hanya menyajikan keindahan, beberapa lokasi juga sarat akan sejarah. Dengan begini, Anda tak cuma menyegarkan pikiran, tetapi juga belajar banyak hal.

Kapan lagi menemukan tempat menarik dengan keindahan luar biasa, seperti Timor Leste? Jangan sia-siakan kesempatan Anda berlibur kesini tanpa mengunjungi tempat-tempat terindahnya!

Jadi, atur ulang itinerary liburan Anda bersama pasangan, keluarga, atau teman-teman terdekat.

Jangan lupa pakai Aplikasi Finansialku juga ya..

 

Jadi, objek wisata mana yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu? Bagikan informasi seru di atas dengan sesama traveler sejati.

Ajak mereka menyelami indahnya negara tetangga, Timor Leste. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Primadita Rahma. 25 April 2019. 11 Destinasi Wisata Timor Leste Yang Luar Biasa, Pesonanya Dikenal Dunia. Tripzilla.id – https://bit.ly/2NALwWd
  • Cornelio Aniceto Menezes. 7 Destinasi Wisata Timor Leste yang Akan Membuat Para Traveler Dimabuk Kepayang! Hipwee.com – https://bit.ly/2pFCSO5
  • Ludhy Cahyana. 11 September 2019. Wisata Timor Leste: Jembatan BJ Habibie, Pantai, dan Selam. Tempo.co – https://bit.ly/33q31yY

 

Sumber Gambar:

  • Timor Leste – https://bit.ly/33bWqbq
  • Cristo Rei – https://bit.ly/2Nes6rh
  • Pulau Atauro dan Jaco – https://bit.ly/32dnFkP
  • Santa Cruz – https://bit.ly/34sU8F0
  • Marobo – https://bit.ly/2pFjh0r
  • Gunung Ramelau – https://bit.ly/36rRyBf
  • Ai Pelo – https://bit.ly/2WBJ9GO
  • Baucau – https://bit.ly/2raslem
  • Konis Santana National Park – https://bit.ly/2oJs7Kl