Untuk kamu lulusan ekonomi, yuk ketahui tips karir lulusan ekonomi berikut ini sebelum kamu memasuki dunia kerja. Supaya, kamu lebih mudah meraih kesuksesan berkarier.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Lulusan Ekonomi: Peluang di Tengah Persaingan Berkarir

Luasnya prospek karir di bidang ekonomi kerap menjadi daya tarik masyarakat untuk menekuni bidang keilmuan ini.

Tidak hanya perbankan, dunia pemerintahan, BUMN, perusahaan swasta, hingga industri digital pun telah menyediakan tempat untuk para sarjana ekonomi agar menjajal peruntungannya.

Tentunya, hal ini membuka peluang yang bisa kamu manfaatkan, apalagi jika selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi kamu sudah menentukan prospek berkarier yang sesuai dengan passion.

Jika tertarik dengan dunia analisis, kamu bisa menekuni profesi risk analyst atau credit analyst.

Ada juga bidang kerja yang membuat kamu bisa terkoneksi dengan banyak orang, seperti menjadi investor relation associate, financial planner, dan berbagai profesi di bidang ekonomi lainnya.

Tips Karir Lulusan Ekonomi, Wajib Baca untuk Cetak Karir Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ekonomi Digital Adalah, Yuk Bahas Secara Lengkap!]

 

Kendati prospek kariernya beragam, namun perlu diingat bahwa lulusan ekonomi itu selalu bertambah setiap tahunnya bahkan dengan angka relatif tinggi.

Mengingat beberapa rumpun keilmuan di bidang ekonomi, seperti Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi, bisa dibilang menjadi jurusan-jurusan primadona di perguruan tinggi negeri ataupun swasta.  

Alhasil, persaingan di dunia kerja akan semakin ketat. Karena itulah, kamu harus mempersiapkan diri sebaik dan semaksimal mungkin.

Selain mengantongi keilmuan yang dipelajari selama di bangku kuliah, akan lebih baik jika kamu membekali diri dengan pengetahuan dan pengalaman tambahan untuk menunjang kesuksesanmu dalam berkarier.

 

Tips untuk Lulusan Ekonomi Mengejar Karir Gemilang

Sobat Finansialku, mengantongi ijazah dan transkrip nilai setelah lulus kuliah adalah salah satu modal untuk menyelami dunia kerja.

Namun, seiring berkembangnya zaman yang menambah sengitnya persaingan di dunia kerja, agaknya tidak cukup jika hanya membekali diri dengan pengetahuan yang dipelajari saja.

Apalagi dalam dunia kerja, nilai bukan tolok ukur utama diterimanya seseorang pada suatu pekerjaan. Melainkan, banyak aspek lain yang menjadi pertimbangan dan bisa jadi nilai tambah, hingga menjadi jalan untuk kamu bisa meraih karir gemilang yang diimpikan.

Nah, apa yang harus dipersiapkan untuk bisa menambah nilai positif pada diri kamu sebelum memasuki dunia kerja? Kali ini Finansialku akan bagikan tips karir Lulusan Ekonomi sebagai berikut:

 

#1 Pelajari Skill dalam Diri

Tips karir Lulusan Ekonomi yang pertama adalah pelajari skill dalam diri. Skill atau keterampilan, adalah kemampuan yang pada dasarnya sangat diperlukan untuk berbagai pekerjaan.

Pengetahuan yang kamu peroleh saat kuliah memang menjadi bagian dari skill, lebih tepatnya adalah hard skill karena sifatnya dapat dipelajari.

Namun di samping itu, kamu juga harus membekali diri dengan soft skill. Berbeda dengan hard skill, soft skill ini merupakan sifat bawaan dalam diri yang tidak dapat dipelajari secara formal.

Salah satu soft skill yang sangat mempengaruhi kesuksesan berkarier yaitu kemampuan dalam berkomunikasi.

Selain itu ada beberapa soft skill lainnya yang sangat diperlukan di dunia kerja, yaitu pemikiran kritis, kerja sama tim, kepemimpinan, etos kerja, dan perilaku.

So, jangan hanya fokus pada hard skill yang sudah kamu pelajari. Tapi perhatikan juga soft skill tidak boleh diabaikan saat bersaing di dunia kerja.

Tips Karir Lulusan Ekonomi, Wajib Baca untuk Cetak Karir Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Prospek Karir Ekonomi Pembangunan yang “Dibayar Tinggi”]

 

#2 Perkaya Pengalaman Organisasi

Jika semasa kuliah kamu aktif berorganisasi, maka beruntunglah. Pengalaman yang kamu dapatkan selama mengikuti organisasi bisa menjadi nilai tambah saat memasuki dunia kerja.

Apalagi jika organisasi yang kamu ikuti, berkaitan dengan bidang kerja yang sedang kamu jajal saat ini. Secara tidak langsung, dari pengalaman tersebut bisa memberikan sedikit banyak gambaran mengenai alur bekerja meski tidak seratus persen sama.

Selain itu, kelebihan orang yang aktif berorganisasi bisa dilihat dari cara mengatur waktu supaya dua kegiatan (kuliah dan organisasi) bisa tetap berjalan.

Inilah yang diharapkan perusahaan agar karyawannya mampu mengatur waktu sebaik dan seefektif mungkin.

 

#3 Ciptakan Personal Branding

Kamu seorang lulusan ekonomi? Ingin dikenal sebagai apa, sih? Ahli menganalisis? Pandai menginvestigasi? Senang memberikan advice keuangan untuk orang lain? Jago marketing?

So, tips karir Lulusan Ekonomi berikutnya adalah ciptakan personal branding, yaitu apa yang orang lain lihat dari dirimu.

Personal branding ini mungkin ada yang sengaja dibangun, tapi ada juga yang tercipta begitu saja karena kuatnya karakter atau keahlian tertentu yang melekat pada dirimu.

Jika kamu ingin membangun personal branding yang sebelumnya tidak menjadi bagian dari dirimu, kamu bisa mendalami keahlian tersebut dengan mempelajarinya. Misalnya, dengan kursus, upgrade ilmu, dan sebagainya.

Jangan sepelekan tentang personal branding ini, karena dalam dunia kerja keahlian yang melekat dalam diri sangat berpotensi membuka banyak kesempatan untuk mengembangkan karir.

Bahkan, jika personal branding yang dibangun begitu kuat, bisa saja industri atau perusahaan yang akan mencarimu, bukan sebaliknya, karena mereka memerlukan keahlian tersebut.

 

#4 Membangun Networking

Koneksi dan kolaborasi saat ini menjadi keharusan, sehingga disarankan agar pandai membangun networking dengan banyak orang.

Entah menjaga hubungan baik dengan teman-teman lama, ataupun membangun koneksi dengan rekan yang baru.

Semakin luas networking yang terjalin, biasanya akan lebih memudahkan kamu dalam mengerjakan sesuatu.

Oh ya, perlu diketahui bahwa networking ini bukan dengan mereka yang ada di luar kantor saja, tetapi juga dengan rekan atau pimpinan yang ada di lingkungan kantormu.

Tips Karir Lulusan Ekonomi, Wajib Baca untuk Cetak Karir Sukses 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Ekonomi Normatif? Ini Bedanya Dengan Ekonomi Positif]

 

#5 Jadilah Proaktif dan Continuous Learning

Tips karir Lulusan Ekonomi berikutnya, bersikap proaktif dalam dunia kerja adalah kelebihan yang harus dipertahankan.

Orang-orang yang proaktif biasanya sangat bertanggungjawab dan menghindari segara sesuatu yang sifatnya “menunda” apalagi soal pekerjaan, karena segala sesuatunya terorganisir dengan baik.

Selain proaktif, kamu pun harus membekali diri dengan prinsip continuous learning atau pembelajaran berkelanjutan.

Apalagi di zaman saat ini yang erat dengan perubahan, artinya kamu pun harus selalu upgrade pengetahuan untuk bisa menyesuaikannya sebagai bentuk adaptasi pada tuntutan pekerjaan dan kehidupan.

 

Sudah Membekali Diri? Kesuksesan Karir pun Menanti

Setiap lulusan ekonomi pada dasarnya dibekali ilmu pengetahuan yang kurang lebih sama sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Namun, yang membedakan saat mempraktikannya di lapangan atau dunia kerja.

Wawasan keilmuan yang dimiliki memang jadi modal untuk bisa menjajal peruntungan berkarier. Tapi, untuk meraih masa depan karir yang cerah harus dibekali aspek-aspek lain sehingga dapat menambah nilai positif dan meningkatkan kinerjamu.

Selain membekali diri dengan pengetahuan seputar berkarier. Jangan lupa untuk mengedukasi diri dalam hal pengelolaan keuangan pribadi.

Apalagi lulusan ekonomi yang notabene identik dengan hitungan, penting lho menjaga cashflow keuangan supaya tetap positif.

Buat kamu yang ingin menambah wawasan tentang pengelolaan keuangan pribadi kamu bisa dengarkan audiobook Cara Sukses Atur Gaji Ala Karyawan di bawah ini.

banner -cara sukses atur gaji ala karyawan

 

Dengan mendengarkan audiobook ini, kamu akan menjadi karyawan yang stand out dan punya karir cemerlang, cerdas mengatur keuangan, multitasking, bisa punya bisnis sampingan yang menjanjikan, dan bisa mencapai tujuan keuangan dengan mudah.

Selagi masih ada kesempatan, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk selalu upgrade kualitas diri. Good luck!

 

Semoga apa yang sudah kamu baca bisa bermanfaat untuk karir kamu kedepan. Supaya manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang, kamu boleh share artikel ini kepada orang-orang di sekitar kamu! Jangan lupa di share ya!

 

 

Sumber Gambar:

  • Karir 1 – http://bit.ly/3auhqQQ
  • Karir 2 – http://bit.ly/3s6lZqG
  • Karir 3 – http://bit.ly/3s4LubH