Ingin tahu apa saja tips membuat rumah kos nyaman? Saat ini banyak sekali kos-kosan di setiap daerah dengan bentuk dan fasilitas yang beragam.

Bagi para pencari rumah kos, kenyamanan tentu jadi alasan utama. Agar lebih jelas yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bisnis Bidang Properti “Rumah Kos”

Memiliki investasi di bidang properti memang dapat dikatakan sangat menjanjikan. Selain harga properti yang semakin naik, rumah juga merupakan salah satu kebutuhan utama manusia.

Salah satunya dengan bisnis rumah kos. Rumah kos merupakan sebuah bisnis yang menawarkan sebuah kamar atau tempat untuk ditinggali dengan sejumlah pembayaran tertentu untuk setiap periode tertentu.

Biasanya pembayaran tempat kos dilakukan per bulan namun ada juga yang dibayar per enam bulan sekali atau langsung satu tahun.

Apakah Bijak Jika THR Digunakan Membayar Utang 1 Finansialku

[Baca Juga: Cara Sederhana Memulai Bisnis Rumah Kost Minim Dana yang Mudah Dipraktikkan]

 

Pembayaran ini sudah termasuk dengan biaya fasilitas air, listrik, atau fasilitas makan dan cuci sesuai perjanjian di awal.

Selain mendapatkan pendapatan yang bersifat pasif setiap bulannya dari para penyewa kamar kos, para pemilik bisnis properti rumah kos hanya memiliki tanggung jawab kepada pemerintah untuk membayar biaya Pajak PBB dan PPh saja.

Namun disamping keuntungan besar yang sangat menjanjikan, ternyata ada juga berbagai tantangan yang perlu Anda hadapi jika Anda berminat untuk membuka bisnis rumah kos.

Rumah kos ini biasanya jadi incaran para rantauan, seperti mahasiswa, atau mereka yang sedang bekerja di tempat yang jauh dari rumah tinggalnya.

Bagi orang-orang yang merantau tentu mereka akan mencari kosan yang dekat dengan kampus atau tempat mereka bekerja, atau dekat dengan pusat keramaian seperti mall.

Maka dari itu jika Anda ingin membuat usaha kos-kosan, Anda harus memikirkan dan mencari tempat yang strategis.

 

Tips Membuat Rumah Kos Nyaman

Agar rumah kos yang Anda miliki terasa nyaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tips membuat rumah kos nyaman:

 

#1 Buatlah Desain Tertentu Di Dalam Kos-kosan

Dalam membangun sebuah rumah kos, tentu Anda tidak bisa sembarangan dalam membuat sketsanya. Rumah kos harus dibangun dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi para penghuni kos.

Desain rumah kos yang sederhana juga merupakan bagian yang tidak boleh dilupakan. Tetapi saat ini, semakin banyak desain rumah kos yang dibuat dengan model modern.

Bagi Para Juragan Indekos, Simak Tips Dapatkan Uang Lebih Dari Kost-Kostan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Kesalahan Umum Saat Memulai Bisnis Kos]

 

Desain rumah kos pun harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika Anda tidak memiliki pengalaman desain, Anda bisa meminta bantuan arsitek untuk menghitung RAB atau rencana anggaran biaya.

 

#2 Buat Pondasi Bertingkat

Meski Anda berniat untuk membangun kos satu lantai, tapi mintalah ahli bangunan untuk membuat pondasi bangunan yang kuat yang bisa menopang 2-3 lantai.

Hal ini dilakukan, jika Anda ingin menambah lantai lebih banyak untuk menampung para penyewa, konstruksi bangunan Anda bisa tetap kokoh dan kuat.

Terlebih lagi jika Anda membangun rumah kos di daerah yang padat penduduk. Otomatis Anda harus menambah kamar di lantai 2 atau lantai 3.

 

#3 Pilihlah Gaya Rumah Kos yang Minimalis

Rumah kos dengan gaya minimalis selalu terlihat nyaman dan bersih. Rumah minimalis memang tidak berarti biaya pembuatannya minim, tetapi dengan gaya minimalis ini biaya yang dikeluarkan pun akan lebih murah.

Gunakan material finishing yang sederhana, mudah didapat dan tahan lama seperti cat dinding yang murah perawatannya dan kusen alumunium yang relatif tahan lama.  

 

#4 Perhatikan Pemilihan Lokasi

Ketika Anda memilih lokasi untuk membangun rumah kos, pilihlah lokasi yang memiliki lingkungan yang aman dan dekat dengan area yang menjual makanan, warga sekitar yang ramah, dan juga tidak terlalu terjepit di jalan kecil.

Selain sulit diketahui oleh orang-orang, kos-kosan yang ada di dalam jalan kecil dan berhimpitan dengan rumah warga dapat meningkatkan risiko kebakaran.

Lokasi tentu merupakan faktor utama yang menentukan profit sebuah rumah kos. Akan tetapi jangan lupakan arah hadap bangunan, khususnya deret pintu kamar kos.

Penyewa, khususnya wanita, umumnya akan memilih kosan yang pintunya dekat atau menghadap jalan, terkena cukup sinar matahari, dan tidak tersembunyi atau gelap.

 

#5 Fasilitas Kamar Memadai

Di setiap rumah kos pasti akan menawarkan fasilitas yang beragam. Ada yang memiliki fasilitas seperti kasur dan lemari saja, ada yang hanya menyediakan kasur, atau bahkan mungkin ada yang dalam keadaan kamar kosong.

Harga dari kamar kos bisa meningkat jika Anda tidak membiarkan kamarnya kosong. Maka dari itu lengkapi setiap kamar dengan furnitur sederhana seperti ranjang, lemari kecil, dan yang paling dibutuhkan saat ini adalah Wi-Fi.

Sebelum Membangun, Pelajari Dulu Tips Membuat Rumah Kos Nyaman 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagi Para Juragan Indekos, Simak Tips Dapatkan Uang Lebih Dari Kost-Kostan]

 

Perhatikan juga area parkir untuk para penyewa yang membawa kendaraan. Jangan biarkan kendaraan mereka terparkir di sepanjang jalan, selain tidak aman, itu juga akan menyulitkan akses jalan bagi warga sekitar.

Tentunya Anda tetap harus memperhatikan daerah dan sasaran penyewa rumah kos Anda untuk menentukan sarana yang akan Anda sediakan.

 

#6 Buat Area Terbuka

Agar kosan Anda tidak pengap, buatlah area terbuka agar para penyewa kos dapat menghilangkan penat dan menghirup udara segar.

Jika rumah kos Anda memiliki lahan yang luas, Anda bisa membuat halaman besar di depan kos atau membuat taman di rooftop.

Area rooftop ini juga dapat digunakan sebagai lokasi menjemur pakaian. Manfaat lain dari pembuatan area terbuka ini, kosan Anda akan terhindar dari lembab apalagi jika matahari bisa langsung masuk ke setiap kamar kos.

Rumah kos yang diminati umumnya memiliki ventilasi silang yang baik sehingga udara segar dan tidak pengap, juga pencahayaan alami yang baik sehingga ruang dalam dan kamar mandi tidak lembab.

 

#7 Nyaman dan Bersih

Faktor penting lainnya agar rumah kos layak untuk ditempati yaitu soal kenyamanan dan kebersihan.

Saat Anda akan membangun rumah kos, pastikan bahwa Anda sudah memikirkan bagaimana cara perawatan kos-kosan ketika sudah jadi.

Buatlah suasana dalam rumah kos senyaman mungkin agar para penyewa kos selalu merasa nyaman dan betah. Kos juga harus dirawat sedemikian rupa agar selalu terjaga kebersihannya.

Anda bisa membayar orang untuk merawat rumah kos, seperti rutin untuk membuang sampah, sapu-sapu dan lainnya.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

 

Jangan Lupa Harga Rumah Kos Harus Diperhatikan!

Selain faktor pendukung yang telah dibahas di atas, masih ada faktor lainnya yang dapat mempengaruhi profit rumah kos Anda. Salah satunya adalah harga.

Harga adalah faktor pertama yang jadi bahan pertimbangan para calon penyewa. Setelah itu, diikuti oleh kemudahan, kenyamanan dan keamanan.

Kemudahan pengurusan izin tinggal dan hadirnya penjaga 24 jam kini menjadi faktor yang sering dicari calon penyewa.

Semoga artikel ini dapat meluaskan wawasan Anda sebelum mulai berinvestasi dengan membangun rumah kos. Selamat membangun rumah kos yang nyaman!

Oh iya, membuat sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, terutama dalam mengelola keuangan pribadi dan bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar keuangan pribadi dan bisnis Anda bisa dikelola dengan tepat. Yuk baca ebook berikut.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

Anda dapat membagikan artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan. Anda dapat menuliskannya di kolom yang tersedia di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Shabrina Alfari. Tips Membuat Rumah Kos yang Nyaman. Arsitag.com – https://bit.ly/2lGv8cn
  • Admin. 7 Juni 2017. Tips Bangun Rumah Kost yang Sehat dan Aman. Mitrarenoc.com – https://bit.ly/2m6LbAw

 

Sumber Gambar:

  • Tips Membuat Rumah Kos Nyaman 1 – http://bit.ly/2krzMuJ
  • Tips Membuat Rumah Kos Nyaman 2 – http://bit.ly/2lJG6hi