Untuk Anda yang ingin travelling low budget, harus simak tips travelling tanpa bagasi berikut ini. Lengkap dengan cara mengepak barangnya.

Penasaran? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Tahu Tips Travelling Tanpa Bagasi

Di sini akan dibahas tentang tips travelling tanpa bagasi. Kenapa hal ini penting untuk diketahui? Karena, beberapa maskapai di Indonesia memutuskan untuk menghapus kebijakan bagasi gratis.

Tentunya keputusan ini membuat bingung sebagian orang yang kerap melakukan perjalanan udara. Khususnya bagi orang yang terbiasa membawa banyak barang.

Namun Anda tidak perlu khawatir, agar tidak merasa rugi untuk membayar dana tambahan membeli bagasi, maka Anda harus pandai-pandai untuk mengepak barang bawaan seefektif mungkin.

Karena ketentuan pemberlakuan biaya bagasi apabila membawa bagasi di luar tas untuk diangkut ke kabin seberat 7 kilogram.

 

Travel Light, Solusi Travelling Tanpa Beli Bagasi

Pernahkah Anda mendengar istilah travel light? Artinya adalah bepergian dengan barang bawaan yang lebih sedikit. Ini adalah salah satu tips travelling tanpa bagasi.

Anda harus mengepak barang dengan dimensi tertentu sesuai ketentuan izin membawa bagasi kabin gratis dari airlines atau biasa disebut dengan carry-on bag.

Selain itu, tips naik pesawat tanpa bagasi lainnya adalah dengan lebih kreatif dalam berpikir. Dengan cara mengenakan pakaian yang tebal dan berat saat hari keberangkatan agar pakaian tersebut tidak memakan ruang di dalam tas.

Anda juga dapat meringkas barang bawaan dengan menggunakan compression bags yang tidak menyisakan udara sehingga barang memadati tas. Sedangkan dalam memilih barang yang akan dibawa, Anda harus mengubah pola pikir yang praktis.

Tips Praktis Travelling Tanpa Bagasi (BONUS Cara Mengepak Barang) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tempat Liburan ke Bali dan Lombok, I Love It!]

 

Barang yang dibawa harus benar-benar diperlukan dan pasti akan terpakai. Bisa dengan membawa satu gadget yang multifungsi dan produk make up yang simpel.

Persiapkan dana untuk membeli atau menyewa beberapa barang agar bawaan Anda lebih minimalis.

Anda juga harus memikirkan alternatif lain yang dapat membuat barang bawaan Anda lebih ringan. Misalnya, memilih bahan pakaian yang lebih ringan dan mudah dikemas, begitu juga dengan barang lainnya.

Bila Anda harus membawa barang-barang dengan ukuran kecil seperti obat-obatan, pindahkan obat ke wadah kontainer kecil yang jumlahnya sudah disesuaikan kebutuhan.

 

Cara Efektif Saat Mengepak Barang

Selain tips naik pesawat tanpa bagasi yang sudah disampaikan sebelumnya, Anda juga harus pandai dalam mengepak barang agar tidak perlu menambah biaya lagi untuk membeli bagasi tambahan.

Berikut ini adalah beberapa langkah cara mengepak barang yang harus Anda ketahui.

 

#1 Bahan Pakaian

Pilihlah sebisa mungkin bahan pakaian yang ringan dan mudah dilipat sehingga tidak memerlukan banyak tempat saat mengepaknya.

Hindari membawa pakaian atau celana dengan bahan seperti jeans terlalu banyak karena jelas bahan jeans memiliki berat yang lebih dari bahan lainnya.

Bila destinasi tujuan Anda adalah tempat yang dingin, Anda dapat mengakalinya dengan membawa satu buah pakaian hangat berkualitas baik yang dapat menghalau hawa dingin dari tubuh, dan sisanya membawa pakaian berbahan tipis.

Tips Praktis Travelling Tanpa Bagasi (BONUS Cara Mengepak Barang) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asyiknya Menginap di 5 Hotel Kapsul di Bandung yang Tak Terlupakan]

 

#2 Pakaian Berat atau Tebal

Disarankan untuk membawa pakaian yang tipis dan ringan agar tidak melebihi jatah bagasi. Namun, jika memang ada pakaian yang berat dan tebal, ada cara untuk mengakalinya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat memakai pakaian yang berbahan berat seperti jaket, celana jeans, dan sepatu boots saat hari keberangkatan Anda.

Sehingga, tas bawaan Anda menjadi lebih ringan karena berisi barang-barang yang lebih ringan dari yang Anda kenakan.

 

#3 Warna Pakaian

Saat memilih outfit, biasanya Anda akan memakai warna yang senada mulai dari atasan dan bawahan.

Oleh karena itu, agar tidak membawa terlalu banyak pakaian dengan berbagai pilihan warna, Anda harus memilih warna pakaian yang dapat dipadupadankan agar pemakaiannya bisa seefektif mungkin.

Agar tidak terlalu pusing memilih warna, Anda dapat bermain dengan warna aman seperti monokrom atau warna bumi.

Tips Praktis Travelling Tanpa Bagasi (BONUS Cara Mengepak Barang) 03 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

#4 Perlengkapan Mandi dan Make Up

For your information, 100 ml adalah batas cairan yang diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat. Pada umumnya, barang bawaan yang berbentuk cairan adalah perlengkapan mandi dan make up.

Agar tidak melebihi batas tersebut, Anda dapat memindahkan perlengkapan mandi atau make up ke kemasan khusus travelling yang ukurannya kecil.

Jika memungkinkan, lebih baik agar Anda tidak perlu membawa perlengkapan mandi dan menggunakan fasilitas yang umumnya tersedia di hotel.

Bisa juga dengan membeli dengan ukuran khusus travelling saat tiba ditempat tujuan. Beli sesuai kebutuhan Anda agar saat pulang kembali tidak perlu membawanya.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#5 Packing Pakaian

Keahlian dalam mengepak barang atau packing perlu dikuasai agar Anda dapat bepergian dengan nyaman dan praktis. Anda dapat mengikuti tips mengepak pakaian berikut ini agar muat banyak barang.

 

#1 Mulai packing pakaian dari tumpukkan besar

Sebelum menyortir barang dan memasukkannya ke koper, kumpulkan semua baju, sepatu, peralatan pribadi, dan barang-barang lain dalam satu tumpukan besar.

Tak perlu banyak pertimbangan apakah barang tersebut cukup esensial atau tidak akan diputuskan saat kamu menyortir dan mengelompokkan barang. Ambil saja dulu semua barang yang sekiranya Anda perlukan.

 

#2 Mengelompokkan setiap barang

Setiap barang kemudian dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Pada tahapan packing baju, barang-barang selain baju, seperti pakaian dalam, peralatan mandi, make up, dan sepatu sebaiknya disimpan terpisah dalam kompartemen sendiri.

Khusus untuk peralatan mandi dan make up, gunakanlah kompartemen anti air agar tidak mengotori baju dan barang-barang lainnya.

 

#3 Gulung rapi semua baju

Gulung rapi setiap jenis pakaian sekecil mungkin. Baju berbahan linen atau katun sangat mudah kusut saat dilipat dan disusun menumpuk, teknik packing baju seperti justru menjaga baju berbahan tipis tetap rapi saat disimpan di koper.

Jika terdapat baju berbahan satin yang lebih mudah kusut atau barang lain yang mudah tergores seperti kulit tas, lapisi permukaannya dengan kertas tisu.

Trik packing baju seperti ini juga bisa ikut diterapkan untuk membagi pengelompokkan baju berdasarkan jenis bahan. Kertas tisu dapat diselipkan di antara kedua jenis bahan pakaian yang berbeda.

 

#4 Susun baju secara teratur

Yang perlu diingat dari tahapan packing baju ini adalah hindari menumpuk pakaian dan barang di dalam koper.

Menumpuk pakaian akan membuat susunan awal berubah saat kamu ingin memakainya, sehingga packing baju harus dilakukan berulang kali.

Baju yang telah digulung rapi sebaiknya disusun berhadap-hadapan secara vertikal. Susunan packing baju seperti ini juga mempermudah Anda saat mengambil dan menyimpan barang kembali ke koper.

Tips Praktis Travelling Tanpa Bagasi (BONUS Cara Mengepak Barang) 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner Bandung Favorit yang Wajib Kamu Kunjungi]

 

#6 Sepatu

Berikan batas maksimal membawa sepatu, disarankan hanya dua pasang. Cukup untuk bisa bergantian. Berat rata-rata dari sepasang sepatu adalah 0,6 kilogram.

Pakai sepasang sepatu yang lebih berat, dan Anda dapat membawa sepasang sepatu atau sandal yang lebih ringan ke dalam tas.

 

#7 Plastik Kompresi

Plastik kompresi ini dapat mengosongkan udara sehingga pakaian menjadi lebih padat dan mudah dipak. Selain itu, plastik ini dapat digunakan berkali-kali sehingga sangat efektif untuk digunakan saat packing.

Tips Praktis Travelling Tanpa Bagasi (BONUS Cara Mengepak Barang) 05 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tips Travelling Dengan Protokol Covid-19 Saat Pandemi. Lengkap!]

 

Tips Travelling Tanpa Bagasi, Aman dan Nyaman

Demikian tadi bahasan mengenai tips travelling tanpa bagasi. Mulai dari informasi tips naik pesawat tanpa bagasi, hingga cara mengepak barang yang efektif sudah Anda ketahui.

Jadi, Anda tidak perlu lagi kebingungan dan membayar biaya lebih untuk bagasi saat sedang travelling. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi Anda, khususnya para yang sering melakukan perjalanan udara.

 

Siap travelling tanpa biaya bagasi yang besar setelah membaca artikel di atas? Ayo bagikan informasi di atas pada orang terdekat Anda, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Pradita Ananda. 19 Januari 2019. Hindari Bagasi Berbayar, Ini 6 Tips Traveling Praktis Tanpa Bagasi. Okezone.com – http://bit.ly/3soq4Hm
  • Admin. 08 November 2019. 5 Tips Ketika Kamu Gak Beli Bagasi Pesawat Saat Traveling. Idntimes.com – https://bit.ly/3bxoU6A
  • Silvita Agmasari. 10 Januari 2019. 8 Cara Mengepak Barang Bawaan agar Tidak Perlu Bagasi Berbayar. Travel.kompas.com – http://bit.ly/2LleAEd
  • Admin. 18 Januari 2019. Koper Lebih Ringan dan Muat Banyak, Ikuti 5 Trik Packing Baju Ini! Dekoruma.com – http://bit.ly/2LjJY5Z

 

Sumber Gambar:

  • Travelling 1 – http://bit.ly/2LjJY5Z
  • Travelling 2 – http://bit.ly/3qmL9A7
  • Travelling 3 – http://bit.ly/39zmDW1
  • Travelling 4 – http://bit.ly/3bE7NA2