Terbaru! TKI Malaysia dan TKW Hong Kong Bisa Terima Jaminan Hari Tua, karena Mereka Bakal Ikut BPJS Ketenagakerjaan

Tahukah Anda bahwa kini para TKI Malaysia dan TKW Hong Kong dapat menerima Jaminan Hari Tua melalui program BPJS Ketenagakerjaan? Mari simak ulasannya melalui rubrik berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Upaya Menteri Ketenagakerjaan Mensejahterakan TKI Malaysia

Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mensejahterakan rakyat dalam segala aspek,

Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dakhiri meminta agar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk dapat melayani ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tersebar di luar negeri dalam program jaminan sosial.

Beliau meminta agar target tersebut dapat direalisasikan pada tahun 2017 ini.

Terbaru! TKI Malaysia dan TKW Hong Kong Bisa Terima Jaminan Hari Tua, karena Mereka Bakal Ikut BPJS Ketenagakerjaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Gunakan Jasa Calo BPJS Ketenagakerjaan untuk Cairkan Saldo Jamsostek dan JHT Anda!]

 

Hanif Dakhiri mengatakan bahwa BPJS Ketenagakerjaan kini sedang menyusun program perlindungan sosial untuk TKI Malaysia di luar negeri, terutama yang bekerja di Korea Selatan, Hong Kong, Malaysia dan Singapura.

Ia menambahkan bahwa rencana tersebut sebetulnya adalah salah satu upaya dalam merespon rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas TKI Malaysia.

Berdasarkan rekomendasi dari KPK, ada permintaan supaya perlindungan TKI Malaysia yang melalui skema asuransi dapat dialihkan ke BPJS.

Dengan demikian, TKI Malaysia yang terdaftar sebagai peserta BPJS dapat memperoleh berbagai manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan seperti, manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua.

Menurut Hanif, cukup banyak risiko yang harus ditanggung oleh Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri, diantaranya seperti gaji yang tidak dibayar, pemerkosaan dan bahkan kematian.

Kabarnya BPJS Ketenagakerjaan Beri Pinjaman untuk Beli Harga Rumah Rp500 Juta, Apakah Benar Gimana Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kabarnya BPJS Ketenagakerjaan Beri Pinjaman untuk Beli Harga Rumah Rp500 Juta, Apakah Benar? Gimana Caranya?]

 

Hal ini tentu saja perlu ditanggulangi dan rencana perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ini masih dalam tahap pembahasan dan kajian antara Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Ia berharap bahwa melalui setiap pertemuan yang diadakan dapat menghasilkan solusi untuk mewujudkan peningkatan kualitas perlindungan sosial bagi masyarakat Indonesia, terutama para pahlawan devisa, yakni para TKI Malaysia.

Selain itu, beliau pun berharap bahwa dalam waktu dekat, pihaknya dan juga BPJS Ketenagakerjaan dapat menemukan solusi yang tepat dan segera.

Ia ingin agar implementasi program perlindungan sosial bagi TKI Malaysia ini dapat segera terealisasi, setidaknya tahun ini. Ia menargetkan seluruh TKI Malaysia harus terangkul tidak terkecuali, walaupun memang diperlukan tahapan.

 

Kerja Sama Aktif dari  BPJS Ketenagakerjaan

Harapan dari Kementerian Ketenagakerjaan ternyata ditanggapi positif oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang kini tengah berencana untuk memberikan perlindungan bagi TKI Malaysia yang bekerja di luar negeri.

Dalam pemaparannya, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, M. Krishna Syarif menyatakan bahwa perlindungan ketenagakerjaan pada TKI Malaysia akan diprioritaskan bagi tenaga kerja yang ditempatkan di Asia, terutama di Korea Selatan, Hong Kong, Malaysia dan Singapura.

Kini pihaknya tengah menyusun dengan Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dakhiri untuk memberikan perlindungan kepada para TKI Malaysia yang sedang bekerja di luar negeri.

Kabar Gembira! Bayar BPJS Ketenagakerjaan Semakin Mudah dan Praktis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kabar Gembira! Bayar BPJS Ketenagakerjaan Semakin Mudah dan Praktis]

 

Namun demikian, pihaknya belum dapat menjabarkan secara terperinci dan lebih jauh mengenai bentuk perlindungannya dikarenakan saat ini skema pemberian perlindungan pada TKI Malaysia tersebut masih dalam proses pengkajian.

Senada dengan Menteri Ketenagakerjaan, ia pun menargetkan bahwa program ini perlu direalisasikan pada tahun ini.

Krishna mengatakan bahwa perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia yang sedang bekerja di luar negeri dianggap sangat perlu.

Mengingat, selama ini kecelakaan kerja pada Tenaga Kerja Indonesia masih cukup tinggi, termasuk tindakan-tindakan kekerasan yang kerap mereka diterima.

Hingga saat ini memang belum pernah ada perlindungan terhadap TKI Malaysia dari instansi yang ada dan ini adalah sebuah kesempatan yang sedang diambil oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Siapkan Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dan Kenali Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Sekarang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Siapkan Syarat Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dan Kenali Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Sekarang]

 

Hal ini merupakan salah satu strategi dalam mengembangkan manfaat dari keberadaan BPJS Ketenagakerjaan sendiri dalam memberikan manfaat perlindungan terutama bagi para Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri.

Beberapa opsi yang masih harus dikaji diantaranya seperti formulasi yang perlu dibentuk dengan instansi pemerintah, apakah melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di masing-masing negara atau bekerja sama dengan BPJS setempat.

 

TKI Malaysia Wajib Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Program peluncuran perlindungan untuk TKI yang bekerja di luar negeri telah resmi diluncurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia di Pendopo Alun-alun Tulungagung, Jawa Timur pada tanggal 30 Juli 2017 yang lalu.

Program perlindungan untuk TKI Malaysia ini mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2017 dengan skema khusus perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi TKI Malaysia.

Para TKI Malaysia ini akan diwajibkan untuk terdaftar dalam 2 program, diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Tambahan pula ada Jaminan Hari Tua yang dapat menjadi tabungan mereka saat tua nanti.

Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Harusnya Dibayar Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Harusnya Dibayar Karyawan]

 

Jaminan Sosial merupakan salah satu bentuk perwujudan perlindungan bagi seluruh rakyat Indonesia yang diberikan oleh negara.

Meski TKI ini bekerja di luar negeri, perlindungan atas risiko sosial yang potensial terjadi sudah diantisipasi oleh pemerintah dengan menyediakan suatu bentuk perlindungan.

Akibatnya, para TKI beserta keluarga dapat menjalani aktivitas pekerjaan sehari-hari dengan tenang.

Inisiatif perlindungan Jaminan Sosial kepada para TKI ini berawal dari hasil pembahasan panitia kerja (Panja) Komisi IX DPR RI, hasil kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Presiden Republik Indonesia dan rekomendasi kepada Kementerian Ketenagakerjaan, kajian oleh Bappenas dan World Bank, serta rekomendasi Kementerian Luar Negeri.

Perlindungan untuk para TKI ini dilakukan berdasarkan Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Perlindungan ini menginstruksikan seluruh pekerja agar terlindungi dalam program jaminan sosial yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Berapa Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Harus Saya Bayar dan yang Ditanggung Perusahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Harus Saya Bayar dan yang Ditanggung Perusahaan?]

 

Penyelenggara jaminan sosial ini adalah BPJS Ketenagakerjaan, sesuai dengan mandat dari Undang-undang No. 24 Tahun 2011. Selain itu, Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur hal ini juga tertera dalam PP No. 3 tahun 2013 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri dan PP No. 4 tahun 2013 tentang Tata Cara Penempatan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri oleh Pemerintah.

 

Anda Seorang TKI? Ayo Segera Daftarkan Diri!

Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan memang sedang gencar untuk menyukseskan program pemerintah dalam pemerataan dan keadilan dalam hal kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat, dalam hal ini kaitannya dengan Tenaga Kerja yang bekerja di luar negeri.

Bagi Anda para pahlawan devisa, Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri atau yang akan pergi mengadu nasib di negeri tetangga, ada baiknya Anda mendaftarkan diri.

Hal ini akan membuat Anda sebagai peserta dan penerima manfaat langsung dari setiap program dan fasilitas yang telah disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang telah bekerja sama dengan Menteri Ketenagakerjaan dalam upaya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

 

Sudahkah Anda mendaftarkan diri Anda sebagai peserta penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan? Bagikan pengalaman Anda dan tanggapan mengenai program pemerintah tersebut melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Tim Sindo News. 30 Juli 2017. Pelaksana Jaminan Sosial bagi TKI Beralih ke BPJS Ketenagakerjaan. Sindonews.com – https://goo.gl/cZbsWs
  • Aningtyas Jatmika. 30 Juli 2017. Kini TKI Wajib Ikut BPJS Ketenagakerjaan. Kompas.com – https://goo.gl/cAMWym
  • Febrianto Adi. 30 Juli 2017. BPJS Ketenagakerjaan Resmi Lindungi TKI. Republika.co.id – https://goo.gl/h9eRHb
  • Zulfi Suhendra. 30 Juli 2017. Mulai 1 Agustus 2017, TKI Terlindungi BPJS KetenagakerjaanLiputan6.com – https://goo.gl/zvwG1M
  • Fiki Aryanti. 14 Mei 2017. TKI di Malaysia dan Hong Kong Bakal Ikut BPJS Ketenagakerjaan. Liputan6.com – https://goo.gl/VSihmy
  • Fiki Aryanti. 15 Mei 2017. Menaker Ingin TKI di Malaysia dan Hong Kong Ikut BPJSTK Tahun Ini. Liputan6.com – https://goo.gl/Xn44ot
  • Citra Fitri. 14 Mei 2017. BPJS Ketenagakerjaan Bakal Sasar TKI di Singapura Hingga Hong Kong. Detik.com – https://goo.gl/wJJj6J

 

Sumber Gambar:

  • TKI dan TKW – https://goo.gl/1nfZCq dan https://goo.gl/9uAu4y

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang
By | 2017-08-16T09:18:18+00:00 August 15th, 2017|Categories: BPJS, BPJS Ketenagakerjaan|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download