Mulai 1 Juli 2020, pemegang Kartu Kredit wajib menggunakan PIN 6 digit saat bertransaksi. Urus segera kartumu agar bisa digunakan!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Per 1 Juli 2020, Transaksi Menggunakan Kartu Kredit Tidak Lagi Bisa Gunakan Tanda Tangan

Mulai besok (01/07), Bank Indonesia mewajibkan seluruh pemegang Kartu Kredit untuk menggunakan Personal Identification Number (PIN) 6 Digit dan tidak lagi memakai tanda tangan saat bertransaksi untuk autentikasinya.

Hal ini merupakan keputusan Bank Indonesia dalam aturan Perubahan Atas Surat Edaran BI No 11/10/DSAP tentang penyelenggaraan kegiatan pembayaran dengan menggunakan kartu.

Dalam penjelasannya, BI menyebut penggunaan PIN online 6 digit berlaku bagi kartu baru maupun pemegang kartu lama yang sudah ada pada konsumen saat ini.

Bagi kamu yang belum memiliki PIN kartu kredit disarankan untuk menghubungi call center bank penerbit kartu agar diproses secepatnya.

“Pengguna kartu kredit tidak boleh lagi menggunakan tandatangan sebagai sarana verifikasi dan autentikasi transaksi, kecuali untuk transaksi dengan kartu kredit dari Penerbit luar negeri atau transaksi di negara lain yang masih menerapkan verifikasi dan autentikasi dengan tandatangan,” ujar BI dalam penjelasannya seperti dikutip Selasa (30/06).

_Mending Bayar Tagihan Kartu Kredit Daripada Utang Lain_, Bijak_ 01

[Baca Juga: Jangan Panik!! Gini 5 Cara Jitu Melunasi Utang Kartu Kredit]

 

Untuk diketahui, penggunaan enam digit ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan saat masyarakat bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Direktur Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta mengungkapkan sesuai dengan peraturan bank sentral.

“Penggunaan PIN pada kartu kredit memang belum 100%. Karena ketentuannya kan sampai akhir Juni 2020. Jadi kalau setelah itu masih belum pakai PIN maka kartunya nggak bisa dipakai,” kata Steve sebagaimana mengutip dari Detikcom.

Asal tahu saja, BI juga membatasi kepemilikan Kartu Kredit di Indonesia berdasarkan pendapatan.

Mereka yang berpendapatan di bawah Rp 3 juta tidak diizinkan memiliki kartu tersebut.

Sementara mereka yang memiliki pendapatan Rp 3 juta hingga Rp 10 juta hanya dibolehkan memiliki kartu dari dua penerbit dengan plafon kredit maksimal 3 kali pendapatan per bulan.

Sedangkan bagi mereka yang berpenghasilan di atas Rp 10 juta tidak dibatasi kepemilikan kartu kreditnya namun bank harus mempertimbangkan analisis risiko masing-masing.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Filianingsih Hendarta mengatakan peningkatan penggunaan PIN 6 digit salah satunya karena situasi pandemi virus corona.

Sebab masyarakat lebih memilih bertransaksi menggunakan PIN ketimbang tanda tangan.

“Dengan adanya Covid-19 penggunaan PIN akan terus meningkat di era new normal,” jelasnya seperti dikutip kumparan.com, Selasa (30/06).

Berdasarkan catatan Bank Indonesia hingga hari ini, pemegang Kartu Kredit yang sudah menggunakan PIN 6 digit mencapai 99,8 persen.

 

Gunakan Kartu Kreditmu Dengan Bijak

Yuk gunakan Kartu Kreditmu dengan bijak! Kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku yang bisa membantu mengelola keuangan secara menyeluruh! Download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store untuk mendapatkan manfaat luar biasa dari mengatur keuangan.

Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang telah tercatat dan diawasi OJk serta memperoleh sertifikasi ISO 27001 untuk keamanan data penggunanya.

Di dalamnya, kamu bisa mencatat, menganggarkan, merencanakan keuangan kamu, juga belajar keuangan lewat artikel, video, podcast, hingga kelas online Finansialku.

Kamu juga bisa cek keuangan kamu, apakah sehat atau tidak, yang sangat berguna sebelum kamu memutuskan untuk membeli sesuatu, dan yang lebih keren lagi, kamu bisa terhubung langsung dengan Financial Planner Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan!

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Kamu bisa dapatkan semua fiturnya secara gratis dengan upgrade aplikasi Premiumnya seharga Rp 350 ribu untuk SATU TAHUN! Harga yang fantastis untuk fasilitas komplit dan praktis ini bukan?

Dengan menyisihkan kurang dari seribu rupiah per hari, kamu bisa memperoleh impianmu akan keuangan yang kamu idam-idamkan. Oh, ya! Khusus untuk kamu yang baca hari ini, dapatkan potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 untuk upgrade aplikasi Premiumnya yaa..

Ayoo raih cita-cita keuanganmu dan beli barang apa pun yang kamu mau dengan mengelola keuangan bersama Finansialku!

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Athika Rahma. 30 Juni 2020. Ingat, Mulai 1 Juli 2020 Belanja Pakai KartuKredit Wajib Gunakan PIN. Liputan6.com – https://bit.ly/2BdSrmb
  • Sylke Febrina Laucereno. 30 Juni 2020. Transaksi Kartu Kredit Wajib Pakai Pin Mulai 1 Juli, Jangan Lupa Ya! Finance.detik.com – https://bit.ly/3gesiT8
  • Admin. 30 Juni 2020. Mulai 1 Juli Transaksi KartuKredit Wajib Pakai PIN 6 Digit. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3dOg95s
  • Angga Sukmawijaya. 30 Juni 2020. Ingat! Mulai 1 Juli Transaksi KartuKredit Wajib Pakai PIN 6 Digit. Kumparan.com – https://bit.ly/2YHLWRj