Tepat hari ini, 22 Juni 2020, Indonesia memperingati ulang tahun Jakarta yang ke 493. Bagaimana sih sejarah ulang tahun ini? Berikut faktanya!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Lima Fakta yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang Ulang Tahun Jakarta

Apa yang ada di benak kita ketika mendengar Jakarta? Tentu, setiap orang mempunyai definisinya sendiri.

Tetapi secara stereotip Jakarta selalu dikaitkan sebagai kota macet, kota banjir, dan terisi oleh seabreg gedung penyundul langit.

Hari ini, DKI Jakarta berulang tahun memasuki usia 493 tahun, tua dengan sejarah panjangnya. Apakah kamu tahu mengapa 22 Juni ditetapkan sebagai hari ulang tahun Jakarta?

Sejarawan Andi Achdian menjelaskan, penetapan tanggal 22 Juni sebagai peringatan bertambahnya usia Jakarta diprakarsai oleh Wali Kota Jakarta Sudiro yang menjabat pada 1953-1960.

Saat itu Sudiro merasa perlu adanya semacam peringatan untuk Ibu Kota. Dirinya pun membentuk tim yang kemudian mengambil tanggal saat Kerajaan Demak merebut kawasan Sunda Kelapa yang kala itu tengah diduduki Portugis.

Berdasarkan sejarah, tanggal 22 Juni 1527 memang diketahui sebagai hari di mana Fatahillah beserta pasukannya merebut Sunda Kelapa.

“Pertanyaan kenapa tanggalnya 22 Juni? Saya kira itu hal praktis. Yang nulis tentang Banten si Jayadiningrat ini punya tanggal pasti bagaimana serangan Fatahillah itu dilakukan 12 Rabiul Awal jadilah itu tanggal 12 Rabiul Awal tahun 1527, lalu 22 Juni dibuat penyesuaian,” ucap Andi seperti dikutip dari Kompas, Senin (22/06).

Peringati Ulang Tahun Jakarta ke-493, Ini Fakta Kota Jakarta 02

[Baca Juga: Cara Seru Kumpulkan DP Untuk Rumah Subsidi Jakarta 2020]

 

Nah, Sobat Finansialku, merayakan kota tentu saja bisa dengan mengetahui fakta-fakta yang melingkupinya.

Berikut ini lima fakta yang mungkin kamu belum tahu sebelumnya, merangkum dari beberapa sumber.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#1 Berganti-ganti Nama

Sebelum resmi dinamakan sebagai Jakarta, ada empat nama yang pernah digunakan untuk menamakan kawasan yang dijuluki The Big Durian ini, di antaranya: Sunda Kelapa (397-1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia (1619-1942), dan Djakarta (1942-1945).

Namun setelah meraih kemerdekaan, secara berturut-turut, Jakarta berganti nama menjadi Jakarta, Kota Praja Jakarta, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, dan pada akhirnya memakai nama DKI Jakarta hingga saat ini.

 

#2 Punya Stadion Terbesar di Dunia

Beberapa bangunan dan tempat terbesar di dunia ternyata ada di Jakarta.

Ketika selesai dibangun pada tahun 1962, Stadion Senayan atau Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan satu di antara stadion terbesar di seluruh dunia dengan kapasitas awal sekitar 100.000 orang.

Tak heran, banyak pertunjukan musik bersejarah digelar di Stadion GBK tersebut, salah satunya konser supergrup Kantata Takwa yang terbesar sepanjang masa itu. Katanya Raisa juga mau bikin konser di sini, lho.

 

#3 Jakarta Punya Hutan Kota

Meskipun sudah memiliki banyak gedung-gedung megah, Jakarta juga masih mempunyai hutan penuh dengan pepohonan hijau untuk warganya yang ingin menghilangkan penat, seperti Hutan Kota Srengseng, Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Hutan Kota Cijantung, dan Hutan Kota Kemayoran.

 

#4 Kota dengan Museum Terbanyak

Setidaknya saat kamu pergi berkunjung ke Jakarta akan dengan mudah menemukan banyak museum.

Museum yang paling terkenal salah satunya adalah Museum Nasional, dan Museum Bank Indonesia.

Selain kedua museum tersebut masih ada lagi museum lainnya, yaitu Museum Sumpah Pemuda, Museum Seni Rupa, Museum Layang-Layang, Museum Polri, dan Museum Bank Mandiri.

 

#5 Kota Teraktif di Twitter

Berdasarkan data Forbes, Jakarta merupakan satu di antara kota yang penduduknya paling sering berkicau di Twitter. Saking seringnya berkicau, warga Jakarta mampu menyumbang dua trending topic Twitter setiap hari.

 

Selamat Ulang Tahun Jakarta

Beli kue harganya sejuta

Beli katak ada ekornya

Happy birthday Kota Jakarta

Marilah jaga keindahannya

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Apakah kamu punya pengalaman personal dengan Jakarta? Kamu bisa berbagi lewat kolom komentar di bawah ini, lho.

Oh iya, sebarkan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia kepada kawan atau sanak-saudaramu agar mereka tahu apa yang kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Ryana Aryadita Umasugi. 22 Juni 2020. HUT Ke-493 DKI, Begini Kisah Penetapan 22 Juni sebagai Ulang Tahun Jakarta… Megapolitan.kompas.com – https://bit.ly/3eq5Vtd
  • Admin. 22 Juni 2020. Kumpulan Ucapan dan Pantun HUT Jakarta 493 Dibagikan di WhatsApp, Instagram, Twitter dan Facebook. Wartakota.tribunnews.com – https://bit.ly/3hOHAPY
  • Dimas Andhika Fikri. 16 Juni 2019. Jakarta Kota Keras? Ini 7 Fakta Menarik yang Wajib Anda Ketahui. Lifestyle.okezone.com – https://bit.ly/2AWR9M4
  • Yolanda Deayu. 22 Juni 2018. 10 Fakta Menarik Jakarta Yang Perlu Kamu Ketahui. Herworld.co.id – https://bit.ly/2zR8w0e
  • Admin. 27 Agustus 2019. Meski Ibu Kota Pindah, Ini 5 Fakta tentang Jakarta yang Jarang Diketahui. Kompasiana.com – https://bit.ly/2NgDMZx

 

Sumber Gambar:

  • Jakarta 01 – https://bit.ly/2YZVPsm
  • Jakarta 02 – https://bit.ly/3dmA6jL