Underpass terpanjang di Indonesia, New Yogyakarta International Airport (NYIA) telah resmi dibuka hari ini, Jumat (24/01) setelah dilakukan uji coba satu hari sebelumnya, Kamis (23/01).

Simak berita selengkapnya di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Hari Ini Underpass Terpanjang di Indonesia Resmi Dibuka

Terowongan atau underpass terpanjang di Indonesia yang berlokasi di bawah areal Terminal Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) Kulonprogo resmi dibuka hari ini, Jumat (24/01).

Underpass ini sudah selesai dibangun sejak Desember lalu, dan hari ini mulai kita buka.” Ucap Ahmad Cahyadi, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 7 seperti dikutip pada laman detik.com.

 

Underpass yang menghabiskan biaya konstruksi sebesar Rp293 miliar ini dinobatkan sebagai underpass terpanjang di Indonesia dengan total panjang 1,4 kilometer.

Dilansir dari laman mobil123.com, jalur underpass ini terdiri dari terowongan sepanjang 1.095 meter serta jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter dan memiliki lebar 7,85 meter, clearance atas setinggi 5,2 meter, dan clearance samping selebar 18,4 meter.

Underpass yang dinobatkan sebagai underpass terpanjang di Indonesia ini memiliki dua ruas jalur dengan masing-masing dua lajur dan dilengkapi oleh pembatas jalan di sisi tengah.

Underpass Terpanjang di Indonesia Resmi Dibuka Hari Ini, Mau Coba 02 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia Berkendara: Tips Hemat Bahan Bakar yang Tidak Buat Dompet Anda Bolong]

 

Underpass NYIA juga akan menjadi Jalan Nasional Pantai Selatan (Pansela) Jawa terbaru yang akan menghubungkan jalan Purwokerto dan Yogyakarta setelah sebelumnya jalur Pansela Jawa yang lama terpotong oleh pembangunan Bandara Kulon Progo.

Di dalamnya, disediakan sistem audio untuk menyampaikan pesan-pesan pentingnya keselamatan berkendara selama berada di dalam underpass.

Pada aspek keamanan, underpass ini dilengkapi dengan lampu flip-flop, 8 unit emergency exit atau pintu keluar darurat, dan 34 unit exhaust fan, dan beberapa titik yang bisa digunakan untuk putar balik.

“Jadi ada empat titik yang dapat digunakan untuk putar balik di dalam underpass YIA, dan itu peruntukannya hanya digunakan dalam keadaan darurat.” Papar Satker PJN Kementerian PUPR Wilayah DIY, M. Syidik Hidayat seperti dikutip dari laman jogja.tribunnews.com, Rabu (22/01).

 

Pintu ini juga dikatakannya hanya bersifat one way atau hanya bisa dibuka dari dalam underpass.

Underpass juga dilengkapi dengan rumah pompa dan dilapisi waterstop yang terbuat dari karet untuk beton dinding dan lantainya yang berfungsi untuk mengantisipasi apabila terdapat genangan air di dalam underpass.

Underpass Terpanjang di Indonesia Resmi Dibuka Hari Ini, Mau Coba 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cepet Lho! Ini Cara Membuat SIM Mobil dengan Mudah]

 

Tidak hanya faktor keamanan, underpass ini juga dihiasi dengan ornamen-ornamen indah di sisi kanan dan kiri dindingnya.

“Di sisi kanan dan kiri terowongan dihias ornament schenography tari Jathilan dan tari Angguk.” Jelas Syidik.

 

Wajib Patuhi Peraturan

Lucius Bowo Pristiyanto selaku Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo juga mengatakan berbagai persiapan untuk uji coba sudah dilakukan, salah satunya aspek keamanan.

Seperti yang dilansir dari laman tagar.id, pihaknya akan menempatkan Sembilan personel yang bertugas untuk melakukan pengendalian dan pengamanan lalu lintas di underpass.

Selain itu, penempatan personel ini juga bertugas untuk melakukan sosialisasi lapangan pada masyarakat mengenai jalur baru maupun rambu-rambu baru.

Bowo juga menambahkan, personel dari Dinas Perhubungan ini ditempatkan di pintu underpass baik di sisi sebelah timur ataupun barat dalam durasi yang tidak ditentukan, bergantung pada kemampuan masyarakat untuk membaca rambu-rambu sekaligus ketaatan masyarakat dalam berkendara.

Bagi Anda yang ingin merasakan langsung sensasi berkendara di dalam underpass terpanjang di Indonesia, diharapkan untuk mematuhi peraturan lalu lintas agar tetap aman dalam berkendara, salah satunya adalah batasan kecepatan maksimal yang disyaratkan.

“Kita syaratkan kecepatan maksimal 40 km/jam.” Kata Ahmad Cahyadi, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 7 yang dikutip dari laman wowkeren.com, Jumat (24/01).

 

Belum ada batasan waktu uji coba ini dibuka untuk masyarakat umum. Meski begitu, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan terus mematuhi peraturan yang berlaku.

 

Selain mengunjungi Underpass Terpanjang, Anda bisa juga mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini lho untuk destinasi liburan Anda. Simak tempat tersebut pada video berikut ini:

 

Bagi Anda yang sudah merencanakan jadwal kunjungan uji coba underpass terpanjang di Indonesia ini, diharapkan untuk tetap mematuhi peraturan dan tidak ugal-ugalan, ya!

Bagaimana pendapat Anda soal pembangunan underpass ini? Silakan utarakan di kolom komentar!

 

Sumber Referensi:

  • Insan Akbar Krisnamusi. 24 Januari 2020. Underpass Terpanjang di Indonesia Selesai Dibangun. Mobil123.com – http://bit.ly/2RK8HQ3
  • Gayuh Satriyo Wibowo. 23 Januari 2020. Mau Coba Underpass Terpanjang di Indonesia? Waspada Sama Hal Ini Sob. Gridoto.com – http://bit.ly/3aGIuu2
  • Gayuh Satriyo Wibowo. 23 Januari 2020. Underpass Terpanjang di Indonesia Siap Diuji coba Senin, PUPR: Sampai Waktu Yang Belum Ditentukan. Gridoto.com – http://bit.ly/2tLy0Jp
  • Admin. 22 Januari 2020. Ini Sejumlah Fasilitas dan Struktur yang Ada di Dalam Underpass YIA Kulonprogo,. Jogja.tribunnews.com – http://bit.ly/2RnQSr1
  • Admin. 24 Januari 2020. Terowongan Terpanjang Se-Indonesia Di Bawa Bandara Yogyakarta Resmi Dibuka. Wowkeren.com – http://bit.ly/36lJPmM
  • Sayoto Ashwan. 24 Januari 2020. Underpass Terpanjang di Indonesia Resmi Dibuka. Finance.detik.com – http://bit.ly/2Gnbmtm
  • Harun Susanto. 23 Januari 2020. Underpass Terpanjang di Indonesia Beroperasi. Tagar.id – http://bit.ly/3aGJdvg

 

Sumber Gambar:

  • Underpass Terpanjang di Indonesia – https://bit.ly/37v49nm, https://bit.ly/2TSxR1n, https://bit.ly/3aHUo6Y