Validasi adalah istilah yang mengacu pada pengujian terhadap kebenaran akan sesuatu.

Dalam artikel ini, Finansialku akan membahas pengertiam, jenis, serta dampaknya dari ketidaksesuaian validasi. Simak, yuk!

 

Summary:

  • Validasi merupakan proses yang penting untuk memastikan kebenaran, keabsahan data dalam berbagai aspek, serta menjaga kualitas produk dan layanan.
  • Ketidaksesuaian validasi dapat berdampak pada tidak akuratnya suatu hasil atau reliable.

 

Pengertian Validasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), validasi adalah pengesahan atau pengujian kebenaran atau sesuatu. Validasi sebagai kata kerja berarti mengesahkan atau menguji.

Validasi berasal dari kata validation dalam Bahasa Inggris, yang artinya sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya.

Istilah validasi tentu tidak terlepas dari kaitannya dengan penelitian atau karya ilmiah.

validasi adalah 1

Ilustrasi Validasi/Pengujian. Sumber: Glints.com

 

Dalam penelitian, validasi data berhubungan erat dengan penanganan teknik pengumpulan data saat Anda berada di lapangan.

Hal ini berguna untuk mengumpulkan informasi, menganalisis data, atau mempersiapkan diri untuk menyajikan data.

Kegiatan validasi berupa suatu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai. 

Mengutip dari buku Belajar Sendiri Mengolah Database dengan Borland Delphi 7, validasi adalah proses pemeriksaan untuk mengetahui suatu data itu valid (sah) atau tidak.

Sementara itu, menurut BPOM RI, validasi adalah tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai. 

Hal ini bahwa tiap bahan, proses, prosedur, kegiatan, sistem, perlengkapan, atau mekanisme yang termasuk dalam produksi dan pengawasan akan mampu mencapai hasil yang diinginkan.

[Baca Juga: Kenali Mind Mapping: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya]

 

Pentingnya Validasi

Sebelum membahas lebih jauh tentang validasi, ada baiknya Sobat Finansialku memahami dulu pentingnya validasi berikut ini.

Validasi adalah proses memverifikasi keabsahan atau kebenaran suatu data, informasi, atau metode. 

Validasi juga mengacu pada proses verifikasi kebenaran atau keabsahan suatu pernyataan, argumen, atau klaim.

Ini perlu untuk memastikan bahwa informasi yang tercantum sudah benar dan didukung oleh fakta yang valid.

Dalam beberapa bidang, validasi berperan penting untuk mencegah kesalahan fatal yang mungkin dapat terjadi.

Misalnya, dalam bidang kesehatan, perlu adanya validasi untuk memastikan bahwa obat atau peralatan medis telah melewati semua pengujian sebelum digunakan oleh pasien.

Dalam dunia bisnis, validasi dapat membantu memastikan bahwa produk yang perusahaan hasilkan secara konsisten berkualitas tinggi dan memenuhi harapan pelanggan.

Hal ini sejalan dengan pentingnya validasi guna melindungi konsumen dari produk atau layanan yang tidak memenuhi standar kualitas atau keamanan.

Dengan melakukan validasi, perusahaan dapat memastikan bahwa produk atau layanannya telah melewati proses uji coba dan memenuhi standar persyaratan.

 

Jenis-jenis Validasi yang Umum Digunakan

Validasi terbagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut:

 

#1 Validasi Isi

Merupakan validasi pada isi atau bahan pengujian sehingga relevan dengan pengalaman, kemampuan, dan pengetahuan atau latar belakang dari orang yang tes.

Jika bahan pengujian berada di luar yang dipelajari, maka tes itu tidak memiliki validitas isi.

Misalnya, menguji kemampuan mengenai Bahasa Inggris, maka pengujiannya adalah vocabulary, reading, grammar, writing, listening, dan lain sebagainya.

 

#2 Validasi Prediktif

Merupakan kesesuaian antara ramalan mengenai perilaku seseorang terhadap perilaku yang nyata.

Jika suatu tes memiliki nilai prediktif yang tinggi, maka apa yang diperkirakan oleh tes mengenai perilaku seseorang dapat terbukti dilakukan oleh orang tersebut.

 

#3 Validasi Eskternal

Merupakan jenis validasi yang timbul melalui cara mengkorelasikan alat pengukur baru dengan tolok ukur eksternal berupa alat ukur yang valid.

Misalnya, ketika mengukur kualitas penduduk dapat kita korelasikan antara angka kelahiran/harapan hidup dengan angka kematian bayi.

Namun, jika kedua angka tersebut berkorelasi secara signifikan, maka kedua jenis pengukuran tersebut sudah memiliki validasi eksternal.

 

#4 Validasi Konstruk

Merupakan validasi yang berguna pada beberapa sifat yang tidak langsung terlihat perwujudannya dalam perilaku manusia, seperti kepribadian seseorang.

 

#5 Validasi Budaya

Merupakan validasi yang sangat penting bagi penelitian di negara yang suku bangsanya bervariasi.

Alat pengukur yang valid dalam penelitian di suatu negara, tidak menentukan akan valid jika digunakan di negara-negara lain yang memiliki budaya yang jelas berbeda.

 

#6 Validasi Rupa

Merupakan validasi yang hanya menunjukkan rupa suatu alat ukur dalam mengukur sesuatu.

Validasi rupa ini sangat penting dalam mengukur kemampuan individu, seperti pengukuran kecerdasan dan bakat.

[Baca Juga: 100 Kata-kata Motivasi Belajar Singkat yang Bikin Produktif Setiap Hari]

 

Proses Validasi

Proses validasi setidaknya terdiri dari empat langkah konkret, yaitu:

  • Verifikasi Perangkat Lunak (Software Verification).
  • Verifikasi Perangkat Keras/Peralatan (Equipment/Hardware Verification).
  • Verifikasi Metode.
  • Kompatibilitas Sistem.

 

Proses verifikasi bermula dari perangkat lunak yang divalidasi dan sistem yang disertifikasi, serta metode yang divalidasi, kemudian berkembang menggunakan sistem yang disertifikasi. 

Akhirnya, verifikasi penuh dapat tercapai dengan menyesuaikan sistem.

Setiap tahapan proses validasi adalah proses yang bertujuan untuk berhasilnya validitas secara keseluruhan (Gholib, Ibnu: 2008). 

Ada beberapa alasan untuk mengembangkan metode analisis baru seperti berikut ini:

  • Tidak ada metode yang cocok untuk analisis tertentu dalam matriks sampel tertentu.
  • Metode yang ada terlalu banyak kesalahan, metode tersebut reliable atau tidak reliable (akurat dan kurang akurat).
  • Proses yang ada mahal, memakan waktu, energi intensif, atau tidak otomatis.
  • Metode yang ada tidak memberikan sensitivitas atau spesifisitas yang cukup untuk sampel yang bersangkutan.
  • Alat dan teknik baru menawarkan peluang untuk meningkatkan kinerja metode, termasuk peningkatan identifikasi objek yang akan dianalisis, peningkatan batas deteksi, dan peningkatan akurasi.
  • Untuk alasan hukum atau ilmiah, perlu adanya pengembangan metode alternatif.

 

Validasi dalam Berbagai Aspek

Validasi adalah proses pengecekan keabsahan atau kebenaran suatu hal. Hal ini dapat terjadi dalam berbagai aspek, seperti penelitian, pengolahan data, dan pengujian produk.

Dalam penelitian, validasi adalah proses pengecekan keabsahan data yang telah terkumpul, baik melalui wawancara, kuesioner, atau observasi.

Validasi dalam pengolahan data adalah proses pengecekan kebenaran data sebelum data tersebut berguna untuk analisis atau keperluan lainnya.

Sedangkan validasi produk adalah proses pengecekan kebenaran produk sebelum dipasarkan. 

Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kebenaran dan keabsahan suatu hal, sehingga dapat menghindari kesalahan dan meningkatkan kualitas hasil.

Selain melakukan validasi produk, dalam menjalankan bisnis juga ada hal yang tak kalah penting yaitu aspek pengelolaan keuangannya.

Melalui ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis dari Finansialku, Anda bisa memperluas wawasan seputar keuangan bisnis yang tentunya bisa diterapkan dalam kegiatan operasional.

Selain itu, Finansialku juga punya tayangan berikut untuk Anda yang sedang kebingungan mengelola modal usaha. Simak, yuk!

 

 

Dampak dari Ketidaksesuaian Validasi

Ketidaksesuaian validasi dapat berdampak pada kualitas hasil. Dalam penelitian, ketidaksesuaian validasi dapat mengarah pada kesimpulan yang salah atau tidak akurat.

Validasi data memastikan bahwa data dalam penelitian adalah akurat dan reliable

Dengan memvalidasi data, kesalahan atau ketidak konsistenan dalam data dapat teridentifikasi, untuk kemudian melakukan perbaikan.

Hal ini penting agar hasil penelitian mencerminkan keadaan yang sebenarnya dan dapat dipercaya oleh komunitas ilmiah.

Selain itu, ketidaksesuaian validasi dapat mengakibatkan kesalahan dalam proses pengolahan dan analisis data.

Ini nantinya akan berakibat pada kesalahan dalam pengambilan keputusan dan merugikan perusahaan atau organisasi yang mengandalkan data tersebut.

 

Proses Validasi untuk Memastikan Keandalan Data

Validasi adalah langkah penting untuk memastikan kebenaran dan keabsahan data dalam berbagai aspek.

Dengan melakukan validasi, kita dapat memastikan keandalan data, melindungi pengguna, mencegah kesalahan fatal, dan menjaga kualitas produk atau layanan.

Oleh karenanya, jangan pernah lewatkan proses validasi saat menghadapi situasi yang membutuhkannya.

Nah, bagi Sobat Finansialku yang sedang struggle dalam mengurus keuangan, percayakan rencana keuangan Anda bersama Perencana Keuangan Finansialku.

Perencana Keuangan Finansialku yang tersertifikasi akan membantu Anda dalam memberikan advice terbaik seputar masalah keuangan yang Anda hadapi.

Caranya, cukup menghubungi Customer Advisory via WhatsApp 0851 5866 2940 dan buat janji temu konsultasi secepatnya atau klik banner berikut ini!

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Demikian penjelasan seputar validasi dari Finansialku. semoga informasi di atas dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang validasi bagi Sobat Finansialku.

Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar dan bagikan artikel ini ke media sosial Anda! Terima kasih.

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Belila Mega. 18 Juli 2022. Validasi adalah: Pengertian, Jenis-Jenis, Manfaat & Contohnya. Superapp.id – https://shorturl.at/jlvOT 
  • Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang. 30 Juli 2022. Validasi Adalah: Pengertian, Konsep, dan Contohnya. Detik.com – https://shorturl.at/gptU8 
  • Husnul Abdi. 10 Mei 2023. Validasi adalah Pengujian Kebenaran Atas Sesuatu, Ketahui Jenis-jenisnya. Liputan6.com – https://shorturl.at/efhRV 
  • Nanda Akbar Gumilang. Pengertian Validasi: Tipe, Proses, dan Parameter. Gramedia.com – https://shorturl.at/fCDIO