Sebentar lagi nikah? Ini tips mengurangi overbudget persiapan nikah yang bisa bikin kamu lebih hemat! Cari tahu selengkapnya di artikel video Finansialku satu ini, yuk!

 

Biar proses persiapan nikahmu maksimal, jangan lupa untuk kelola uangmu dengan menonton ribuan video gratis yang diunggah di kanal Youtube resmi Finansialku, ya!

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar kamu tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

5 Langkah Persiapan Nikah

Sobat Finansialku, menginjak usia yang sudah menginjak quarter life crisis ini, mulai banyak teman-teman  kita yang sering curhat kesal karena persiapan nikah yang nggak selesai-selesai.

Nggak jarang, ada beberapa yang sampai cari utang untuk memenuhi tagihan dari Wedding Organizer yang ternyata jumlahnya membengkak, jauh lebih tinggi dari estimasi harga awal.

Balada persiapan nikah ini tentu nggak cuma oleh satu pasangan saja yang mengalami, ‘kan?

Makanya, di video unggahan terbaru di kanal Youtube Finansialku, Minku sudah memberikan lima langkah untuk menghemat biaya persiapan nikah, ini dia!

 

#1 Tentukan Prioritas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tentukan prioritas. Semua orang tentu menginginkan pernikahan impian mereka, tapi kadang, hal itu tidak bisa diwujudkan semuanya karena adanya keterbatasan dana.

Oleh karena itu, mulailah untuk menentukan prioritas. Pikirkan apa sebenarnya esensi serta tujuan dari pernikahan yang akan kamu gelar itu.

Misalnya, kamu ingin membuat sebuah pesta pernikahan yang bisa meninggalkan impresi buat mereka yang kamu undang dengan menyajikan makanan yang enak.

Maka, kamu bisa mulai prioritaskan anggaranmu untuk konsumsi, dan cari paket yang terbaik dan sesuai dengan seleramu.

 

#2 Efektifkan Jumlah Tamu Undangan

Hal kedua yang bisa kamu lakukan agar bisa menghemat anggaran pernikahan adalah dengan mengeefektifkan jumlah tamu undangan.

Semakin efektif jumlah tamu undangannya, maka kamu bisa menekan biaya katering makanan dan sovenir.

 

#3 Gunakan Undangan Digital

Dalam persiapan nikah, salah satu yang banyak mengambil banyak jatah anggaran nikah adalah mencetak undangan.

Nah, untuk menekan biayanya, kamu bisa sepenuhnya gunakan undangan digital, atau membagi rasio undangan cetak untuk orang tua, dan undangan digital untuk teman-teman yang masih muda.

 

Masih ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya nikah, yang tentunya nggak bisa kamu lewatkan begitu saja.

Biar nggak penasaran, kamu bisa lanjut cari tahu lewat video yang tersemat di atas, ya!

Nah, untuk perencanaan dana pernikahan yang lebih detail, Sobat Finansialku juga bisa gali informasi melalui ebook Finansialku berikut ini:

Ebook GRATIS, Rahasia Bangun Pernikahan Penuh Berkah

Download Ebook Sekarang

 

Nah, setelah menonton video di atas, apakah kamu terbantu untuk menghemat biaya persiapan nikah? Yuk, kita diskusi di kolom komentar!