Jangan diam saja, lalu tiba-tiba merana! Cepetan baca! Ini ciri-ciri keuangan sudah aman! Finansialku sudah aman. Kalau kamu?

Ketahui informasi selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini.

 

Pahlawan adalah mereka yang berjuang sampai akhir. Kalau kamu benar-benar pahlawan untuk orang tersayang, buktikan kalau kamu belum menyerah, dengan tetap berada di rumah kalau tidak ada keperluan yang mendesak.

Tenang, kamu tidak perlu bingung bagaimana menghabiskan waktu selama di rumah, karena kanal youtube Finansialku punya ratusan video informatif yang akan menemanimu. Jangan lupa mampir, ya!

 

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar kamu tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

Ciri-Ciri Keuangan Sudah Aman

Sebelum masuk ke pembahasan tentang ciri-ciri keamanan sudah aman, apakah kamu sudah tahu apa, sih, yang dimaksud dengan keamanan keuangan? Apakah maksudnya kita harus menitipkan semua uang kita kepada badan atau lembaga khusus?

Eits, kalau kamu berpikir begitu, lebih baik kamu tarik lagi persepsi kamu, dan ubah bersama Finansialku.

Singkatnya, keamanan keuangan adalah kondisi di mana kamu tidak lagi harus mengkhawatirkan keadaan keuangan ketika keadaan darurat melanda.

Keadaan darurat itu sendiri mencakup banyak hal, seperti misalnya ketika kita sakit, kehilangan pemasukan, atau terjadi hal tak terduga lainnya.

Apabila kita kesulitan memenuhi kebutuhan untuk keadaan darurat tersebut, maka bisa disimpulkan kalau keuangan kita belum benar-benar aman.

Nah, ada beberapa ciri-ciri keuangan sudah aman yang harus kamu ketahui sekarang sebelum terlambat. Ini dia:

 

#1 Punya Anggaran Bulanan

Ciri-ciri pertama keuanganmu sudah sehat adalah, kamu sudah punya anggaran bulanan, dan cenderung mengeluarkan dana sesuai dengan anggaran yang sudah kamu atur.

Anggaran bulanan ini kadang bikin kita menghela nafas karena enggak jarang, untuk mengaturnya, benar-benar buat kita menghabiskan waktu yang enggak sedikit dan membuat kita harus menyisihkan waktu khusus hanya untuk mengatur anggaran bulanan.

Padahal, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Finansialku, karena dengan aplikasi ini kamu hanya perlu menghabiskan waktu kurang dari 5 menit untuk membuat anggaran!

Kok bisa? Jelas, karena semua perhitungan dilakukan secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu lagi berkutat dengan kalkulator dan catatan, deh! Tinggal masukkan besaran masing-masing posnya saja!

 

#2 Punya Catatan Keuangan Harian

Kalau kamu punya anggaran keuangan tapi tidak melakukan pencatatan keuangan setiap harinya, ini sama saja dengan keadaan di mana kamu sedang jatuh cinta sendirian.

Kenapa? Karena Finansialku yakin, mengubah suatu kebiasaan yang baru bukanlah hal yang mudah, perlu usaha dan niat yang maksimal.

Lalu, ketika kamu berhasil mengubah satu kebiasaan burukmu menjadi kebiasaan baik, kemudian kamu tidak melakukannya secara maksimal, ini tidak akan membawamu ke hasil yang kamu inginkan.

Kamu seperti jatuh cinta sendirian, tidak akan berakhir bahagia dengan orang yang kamu suka, malah semakin menderita karena memendam perasaan yang tidak tersampaikan.

Jadi, jangan sampai kamu alami cinta bertepuk sebelah tangan, lakukan pencatatan keuangan sekarang di aplikasi Finansialku!

Tunggu, memang bisa?

Jelas bisa, dong! Dengan aplikasi Finansialku, kamu enggak cuma bisa mengatur anggaran bulanan saja, tapi juga melakukan pencatatan keuangan setiap harinya.

Tidak perlu meng-install aplikasi lain, kamu bisa melakukan di aplikasi yang sama, yaitu aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Catatan Keuangan - Uang Keluar

Catatan Keuangan – Uang Keluar

 

Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan bijak dalam mengelola keuangan dan tidak ingin menjadikan semua usaha menjadi sia-sia.

Karena bukan cuma memungkinkan kamu untuk mengatur anggaran dan mencatat keuangan, tapi juga membantu kamu untuk merencanakan keuangan, melakukan financial check up hingga konsultasi secara GRATIS!

Ini semua bisa kamu nikmati dengan berlangganan akun premium hanya dengan Rp 350 ribu untuk 365 hari penuh, dan Rp 300 ribu untuk kamu yang memasukkan kode CUAN50 saat berlangganan.

Ini tentu lebih murah dibandingkan kalau kamu melakukan konsultasi secara terpisah di luar aplikasi, ‘kan?

Belum percaya? Tenang, kamu bisa membuktikan semuanya dengan memanfaatkan free trial premium selama satu bulan penuh, kalau kamu mengunduh aplikasinya sekarang juga!

 

#3 Bebas Utang

Ciri-ciri keuangan sudah aman selanjutnya adalah, kamu sudah bebas dari utang dan cicilan.

Sejauh ini, banyak orang Indonesia yang beranggapan kalau utang menjadi salah satu yang bisa dimanfaatkan sebagai dana darurat atau menutupi lubang keamanan keuangan.

Padahal nyatanya tidak. Ini adalah jebakan! Hindari berpikir seperti ini, ya! Akan jauh lebih baik jika kamu perbaiki arus keuanganmu, sehingga kamu tidak perlu menyusahkan orang lain.

 

#4 Punya Dana Darurat

Dana darurat, adalah dana khusus yang hanya digunakan saat kita berada dalam keadaan darurat dan mengharuskan kita untuk mengeluarkan sejumlah uang.

Sebenarnya keadaan darurat sendiri tidak terbatas pada itu saja, tapi juga ketika kita harus memenuhi kebutuhan sehari-hari saat kita sama sekali tidak punya pemasukan dalam kurun waktu tertentu.

Adapun, besaran dana darurat sendiri berbeda-beda jumlahnya untuk setiap keadaan.

Bagi kamu yang belum punya tanggungan dan single, besaran dana darurat yang harus dikumpulkan adalah 6x dari pengeluaran bulanan.

Sementara untuk kamu yang sudah menikah tapi belum memiliki tanggungan anak, besaran dana darurat yang harus dikumpulkan adalah 9x dari pengeluaran bulanan.

Sedangkan kamu yang sudah menikah dan punya tanggungan anak, maka besaran dana darurat yang harus disiapkan adalah 12x dari pengeluaran bulanan.

 

#5 Punya Asuransi

Terakhir, untuk kamu yang sudah punya atau berencana untuk membeli polis asuransi, artinya kamu sudah memenuhi ciri-ciri keuangan sudah aman.

Karena asuransi ini berfungsi untuk membayar biaya rumah sakit ketika kamu sakit di keadaan apapun.

Bayangkan kalau kamu tidak punya asuransi, apakah kamu rela keuanganmu menjadi berantakan karena kamu tidak punya uang khusus yang bisa dibayarkan untuk biaya rumah sakit?

Lalu, bagaimana caranya memilih polis asuransi kesehatan yang benar dan maksimal?

Tenang, Finansialku sudah menyiapkan jawaban paling lengkap cuma buat kamu lewat audiobook Finansialku tentang Asuransi Kesehatan yang bisa kamu dengarkan di bawah ini!

Audiobook Asuransi Kesehatan - Finansialku

Dengarkan Di Sini

 

Itu dia lima ciri-ciri keuangan sudah aman. Apakah kamu sudah memenuhi beberapa di antaranya, atau bahkan belum sama sekali? Yuk, sampaikan lewat kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman-temanmu, agar kalian bisa bersama-sama berubah menjadi pribadi yang lebih baik lewat pilihan platform di bawah ini, ya!